Mengenal Apa Itu Aplikasi Laporan Kerja Harian

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Sebagai pemilik bisnis di era yang sudah serba digital, kamu harus memanfaatkan aplikasi laporan kerja harian untuk memantau kinerja karyawan secara real-time. Hal ini dapat membantu kamu dalam mencegah terjadinya penurunan kinerja sehingga produktivitas karyawan di tempat kerja bisa berada di titik yang tinggi secara stabil.

Melalui artikel ini, kamu akan mendapatkan rekomendasi aplikasi laporan kerja harian yang mudah digunakan. Selain itu, kamu juga akan dapat mengetahui fitur-fitur apa saja di dalamnya yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengelola sumber daya manusia. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Aplikasi Laporan Kerja Harian

Aplikasi laporan kerja harian merupakan salah satu alat yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis untuk memantau kinerja dari seluruh karyawannya. Aplikasi laporan kerja harian sendiri adalah nama lain dari HRIS (Human Resource Information System), di mana salah satu fitur yang biasa ada di dalamnya adalah laporan kerja harian.

HRIS sendiri merupakan aplikasi atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengotomatisasi dan merampingkan proses SDM. Tujuan dari HRIS adalah untuk memberikan sistem SDM yang terpusat untuk menyimpan, mengelola, dan menganalisis data karyawan untuk sebuah organisasi. Data-data tersebut dapat mencakup informasi pribadi, seperti rincian kontak, jabatan, dan informasi gaji; laporan kinerja; jumlah kehadiran; dan tunjangan.

Solusi yang disediakan HRIS seringkali mencakup serangkaian fitur dan modul untuk membantu profesional SDM mengelola dan mengoptimalkan alur kerja mereka. Ini dapat mencakup alat untuk melacak absensi, kinerja, dan pengembangan keterampilan karyawan, serta alat untuk mengelola tunjangan, penggajian, dan kedisiplinan. Beberapa solusi HRIS juga menyertakan fitur untuk perekrutan dan orientasi.

Salah satu aplikasi atau perangkat lunak HRIS yang dapat kamu gunakan adalah StaffAny. Melalui aplikasi laporan kerja harian StaffAny, mengelola semua aspek manajemen sumber daya manusia, termasuk pengaturan shift, cuti, penjadwalan kerja, absensi karyawan, dan kalkulasi gaji secara otomatis. Tersedia tiga paket varian yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis:

  • Start Up Plan: yang tersedia secara GRATIS untuk bisnis start up yang sedang berkembang.
  • Growth: untuk bisnis dengan multi-outlet; dan
  • Scale: yang menyediakan semua fitur Growth dengan tambahan fitur lebih lanjut.

Untuk harga paketnya bisa langsung kamu cek di sini.

Selain itu, StaffAny telah bekerja sama dengan berbagai macam platform untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis. Aplikasi laporan kerja harian StaffAny dapat diakses melalui web browser, perangkat mobile, atau langsung melalui aplikasi App Store, Google Play Store, dan Huawei App Gallery.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Timesheet Karyawan dan Manfaatnya

8 Fitur Aplikasi Laporan Kerja Harian

Sistem Penjadwalan StaffAny

Tujuan utama dari aplikasi laporan kerja harian adalah memantau kinerja karyawan setiap harinya. Namun, ada berbagai macam fitur lain yang sangat berguna untuk membantu mengelola SDM perusahaan, antara lain:

1. Laporan Real-Time

Laporan real-time StaffAny tidak hanya dapat memantau kinerja karyawan setiap harianya. Namun, kamu juga dapat memantau perkembangan kinerja dari setiap karyawan secara terkini. Selain itu, teknologi dari StaffAny menyediakan komunikasi langsung kepada karyawan di lapangan yang dapat diekspor kapan saja sesuai dengan keinginan kamu. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami keterlambatan dalam mendapatkan informasi untuk perhitungan gaji.

2. Absensi Online

Aplikasi absen karyawan online dari StaffAny dapat membantu kamu melacak waktu dan kehadiran karyawan hanya melalui smartphone saja. Selain itu, aplikasi kami telah dilengkapi dengan teknologi cloud yang canggih, jadi kamu tidak perlu lagi menggunakan perangkat keras yang mahal ataupun metode absensi manual yang harus dilakukan secara langsung di tempatnya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi absen karyawan online kami juga dapat melacak lokasi karyawan secara real-time. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk mengkonsolidasi jam kerja untuk karyawan yang bekerja di berbagai outlet menjadi lebih mudah dan simpel. Untuk toko fisik, kami menyarankan penggunaan Geofence dan QR atau WiFi untuk metode pelacakan yang aman. Untuk tim lapangan yang memiliki jadwal dan lokasi yang tidak tepat, kamu dapat menggunakan GPS sebagai metode pelacakan.

Baca juga: 10 Pelatihan dan Pengembangan SDM untuk Karyawan

3. Penjadwalan

Melalui fitur penjadwalan dari StaffAny, kamu dapat mengetahui siapa saja yang sedang cuti atau pekerja part-time yang tersedia sebelum merencanakan jadwal untuk tim. Selain itu, kamu juga dapat memvisualisasikan jadwal karyawan di beberapa outlet dalam satu aplikasi untuk mengatur jadwal kerja shift karyawan. Jadi, kamu dapat mengelola karyawan di berbagai outlet dengan mudah karena StaffAny fokus terhadap kinerja operasional SDM kamu.

fitur

4. Timesheet

Seorang manajer pasti akan sangat kesulitan mengatur jadwal kerja karyawannya, apalagi hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap gaji yang didapatkan karyawan. Namun, pemilik bisnis dapat mempermudah pekerjaan tersebut dengan menggunakan bantuan fitur timesheet dari StaffAny. Ada berbagai jenis timesheet karyawan yang kami sediakan dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kamu dapat memilih timesheet mana yang paling cocok untuk bisnis kamu saat ini.

5. Pengajuan Cuti

Aplikasi pengajuan cuti online StaffAny dapat mengisi saldo cuti karyawan secara bertahap. Setiap off-day dan cuti yang didapat oleh setiap karyawan dapat di-carry forward secara otomatis setelah karyawan bekerja lebih dari satu tahun. Selain itu, kamu juga dapat mengatur cuti karyawan seperti yang telah direkomendasikan oleh Departemen Ketenagakerjaan di Indonesia.

Untuk bisnis dengan sistem pelaporan cuti yang berlapis, kamu dapat menyalakan opsi pengajuan cuti yang harus disetujui hingga dua tingkat ke atas (manajer dan SDM atau manajer dan supervisor). Opsi ini dapat menghindari miskomunikasi antara SDM dan karyawan karena keduanya dapat mengakses dan melihat status persetujuan cuti secara langsung melalui aplikasi maupun sistem berbasis web kami.

Baca juga: 5 Langkah-langkah Perencanaan SDM dalam Bisnis

6. Sinkronisasi Data

Melalui fitur sinkronisasi data, kamu dapat memberdayakan seluruh karyawan yang ada untuk mengendalikan pekerjaan dan kinerja mereka menggunakan aplikasi yang sudah terintegrasi penuh secara cloud. Tidak seperti sistem fingerprint, sistem berbasis cloud dapat secara proaktif mengingatkan karyawan sebelum giliran jam kerja mereka.

7. Sistem Pelacakan Pelamar (ATS)

Sistem pelacakan pelamar kerja dari Staffany dapat merampingkan menyaring kandidat secara instan, terutama pada saat pengajuan lamaran kerja. Selain itu, kamu juga dapat membagikan lowongan kerja ke berbagai macam saluran yang digunakan melalui QR code atau tautan URL untuk mempermudah kandidat menemukan informasi lengkapnya. Hal ini tentu saja dapat merampingkan proses perekrutan sehingga kamu bisa mendapatkan kandidat terbaik yang dibutuhkan secepatnya.

8. EngageAny

EngageAny dapat mengotomasi pemberian insentif kepada seluruh karyawan secara akurat berdasarkan data-data yang sudah dikumpulkan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepuasan karyawan di perusahaan dan tingkat retensi di perusahaan pun akan makin tinggi serta kinerja karyawan makin meningkat.Apabila kamu tertarik untuk menggunakan laporan kinerja karyawan dan ingin merasakan fitur-fiturnya di atas, yuk langsung saja gunakan StaffAny sekarang juga. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau mencoba aplikasi StaffAny, silakan langsung hubungi kami di sini!

aplikasi laporan kerja harian, Mengenal Apa Itu Aplikasi Laporan Kerja Harian

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Human Capital Development adalah

Apa itu Human Capital Development?

Human capital development adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Tanpa adanya human capital development yang baik, perusahaan akan kesulitan untuk melakukan

Read More »

Leave a comment