12 Cara Mudah Menghilangkan Stres Kerja

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada banyak cara mudah menghilangkan stres yang dapat kamu coba lakukan. Mengalami stres ketika sedang memiliki banyak pekerjaan memang merupakan hal yang sangat wajar. Stres ketika memiliki banyak pekerjaan juga dapat dikatakan sebagai burnout.

Stres di tempat kerja dapat disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi faktor yang paling umum biasanya adalah beban kerja yang terlalu berat dan bisa juga karena lingkungan kerja yang tidak nyaman. Kamu harus tahu cara mengatasi stres di tempat kerja agar tetap sehat baik fisik maupun mental.

Lantas, bagaimana sih cara mudah menghilangkan stres di tempat kerja? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Penyebab Stres Kerja?

Terkadang tekanan di tempat kerja dapat menyebabkan stres kerja. Hal ini cukup mengganggu karena dapat memengaruhi kondisi fisik dan mental dari seorang karyawan. Timbulnya stres kerja dapat disebabkan oleh berbagai pemicu stres, seperti:

  1. Beban kerja yang terlalu berat
  2. Lingkungan kerja yang tidak nyaman
  3. Atasan atau rekan kerja yang kurang bisa memberikan dukungan
  4. Atasan atau rekan kerja sering merundung
  5. Ketidakmampuan mengelola aspek pekerjaan (beban kerja, pembagian tugas, dan jadwal) menyebabkan kelelahan
  6. Pekerjaan yang monoton
  7. Kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar
  8. Ketidakseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan
  9. Komunikasi dalam lingkungan kerja yang kurang terbuka
  10. Dan masih banyak lagi

Stres kerja seringkali justru dapat membawa seseorang ke dalam kehidupan yang tidak sehat. Mulai dari makan banyak atau ngemil yang tidak sehat untuk menghilangkan stres, melewatkan makan, kurang tidur, mengonsumsi minuman beralkohol, atau bahkan lebih sering merokok. Maka dari itu, kita harus tahu bagaimana cara mengatasi ketika mengalami stres kerja.

Organisasi Kesehatan Dunia, atau World Health Organization (WHO), mengklasifikasikan stres di tempat kerja, atau yang biasa disebut sebagai burnout, merupakan sebuah sindrom. Dalam International Classification of Diseases, WHO menjelaskan bahwa burnout adalah suatu sindrom yang dikonseptualisasikan sebagai akibat dari stres kronis di tempat kerja yang tidak dikelola dengan baik

Baca juga: 15 Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan.

penyebab stres kerja

Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Fisik, Mental, dan Kehidupan

Seseorang terkadang tidak sadar bahwa mereka sedang mengalami stres kerja atau burnout. Mereka akan tetap mencoba melakukan pekerjaannya tetapi pekerjaan yang mereka lakukan biasanya tidak akan sebaik yang biasanya. Untuk memahami apakah kamu mengalami burnout atau tidak, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang perlu kamu perhatikan:

  1. Penurunan performa kerja
  2. Berkurangnya inisiatif dan kreativitas
  3. Suasana hati yang sering berubah (naik dan turun)
  4. Muncul masalah interpersonal
  5. Menjadi tidak sabaran
  6. Cepat marah
  7. Kehilangan minat
  8. Sering sakit
  9. Tekanan darah tinggi
  10. Jantung berdebar-debar
  11. Turunnya nafsu makan atau justru selalu merasa lapar
  12. Gangguan kesehatan fisik, seperti gangguan pencernaan dan sakit kepala
  13. Munculnya masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan berlebihan

Jika kamu merasa sedang mengalami berbagai hal yang disebutkan di atas, ada kemungkinan besar bahwa kamu sedang mengalami stres di tempat kerja atau burnout. Hal ini memang pasti akan dirasakan oleh setiap orang yang bekerja, jadi jangan panik ketika kamu sedang mengalaminya. Jika kamu panik, hal tersebut hanya akan memperparah kondisi burnout kamu saja.

12 Cara Mudah Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Jika kamu sudah mengalami stres di tempat kerja atau burnout, tidak baik membiarkan hal tersebut sampai berlarut-larut. Kamu harus segera mengatasi hal tersebut agar gejala yang terjadi tidak semakin parah.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah menghilangkan stres di tempat kerja yang dapat kamu coba:

mengatasi stres kerja

1. Lupakan Pekerjaan Sejenak

Beban kerja dan target kerja yang berlebihan seringkali membuat orang stres dalam pekerjaannya. Jadi, tidak apa-apa kok kalau kamu ingin melupakan pekerjaan dan segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan untuk sementara waktu.

Kamu dapat menemukan hiburan yang dapat memulihkan pikiran dan energi seperti menonton film, karaoke, berkebun, bermain dengan hewan peliharaan, dan masih banyak lagi. Jika dirasa hal tersebut masih belum cukup, kamu dapat meminta cuti dan pergi liburan ke luar kota untuk menenangkan suasana hati.

Baca juga: Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

2. Menenangkan Pikiran dengan Mindfulness

Mindfulness atau perhatian penuh adalah posisi ketika kamu sadar dan fokus pada saat bersamaan tanpa adanya gangguan dan interpretasi apa pun. Secara garis besar, hal yang perlu kamu lakukan selama mindfulness adalah sebagai berikut:

  • Duduk di posisi paling nyaman yang bisa kamu dapatkan
  • Bernapaslah seperti biasa
  • Cobalah untuk fokus merasakan setiap tarikan dan embusan nafas

Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa teknik mindfulness dapat membantu meredakan stres tingkat tinggi sekalipun. Teknik ini dapat membantu kamu mengambil keputusan dengan lebih baik karena biasanya setelahnya kamu akan lebih tenang dan bisa berpikir lebih jernih.

3. Bicara dengan Atasan dan HRD

Kamu berhak mengatakan tidak atau menolak apa yang diminta atasan jika merasa beban kerja yang diberikan sudah melebihi batas kemampuan, apalagi jika beban kerja yang diberikan berada di luar tanggung jawab pekerjaan kamu. Jika atasan kamu masih mengabaikan apa yang kamu katakan, kamu dapat mencoba melaporkannya ke HR.

Bagi sebagian orang, berbicara dengan HR atau melakukan sesi konsultasi mengenai pekerjaan akan terasa agak canggung. Namun, cobalah untuk bicarakan stres yang sedang kamu alami di tempat kerja dengan HR. Tujuannya bukan untuk mengeluh, tetapi untuk membuat rencana yang efektif untuk mengelola stres kerja yang sedang dialami.

4. Berbagi dengan Rekan Kerja

Stres di tempat kerja sudah jelas penyebabnya adalah karena pekerjaan itu sendiri. Inilah mengapa rekan kerja kamu menjadi orang yang paling dapat mengerti apa yang sedang kamu alami.

Membuka obrolan dan berbagi dengan rekan kerja dapat menciptakan suasana kerja yang lebih positif dan dapat membuat kamu merasa lega karena kemungkinan rekan kerja kamu mengerti apa yang sedang kamu rasakan. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa rileks sejenak dan suasana kerja akan terasa lebih nyaman kembali.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Stres Ringan yang Wajib Diketahui

5. Ketahui Kemampuan Diri Sendiri

Menyadari batas kemampuan diri sendiri di dalam pekerjaan penting untuk dilakukan. Jika sudah mengenal diri sendiri dengan baik, maka kamu bisa mengoptimalkan waktu yang dibutuhkan dan strategi yang harus diterapkan agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan terhindar dari kelelahan yang berlebihan. Selain itu, dengan mengetahui kemampuan diri sendiri juga dapat membantu kamu mencegah mengalami stres ketika bekerja.

6. Pertahankan Gaya Hidup Sehat

Tahukah kamu bahwa salah satu cara menghilangkan stres yang efektif adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat? Sayangnya, kesibukan pekerjaan seringkali membuat kita lupa untuk menjalani pola hidup yang normal dan sehat. Istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu melindungi kesehatan fisik dan mental kamu dari stres kerja. Melakukan pola hidup sehat juga dapat mengurangi stres kerja yang sedang dialami.

7. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur juga merupakan bagian dari pola hidup yang sehat. Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, yoga, bersepeda, dan senam secara rutin juga bisa membantu meringankan beban pikiran. Tidak hanya demikian, aktivitas fisik juga bisa membantu melepaskan hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood. Jadi, jangan lupa untuk berolahraga secara rutin, minimal 30 menit sebanyak tiga kali seminggu, untuk melindungi kesehatan mental dan fisikmu dari stres kerja.

8. Tidur yang Cukup

Jangan biarkan pekerjaan mengganggu waktu tidurmu! Istirahat yang kurang akan memicu stres, menurunkan mood, merusak kemampuan regulasi emosi, dan mempengaruhi kinerjamu. Orang dewasa butuh tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Bila perlu, cobalah menggunakan white noise machine, gorden block-out, dan aromaterapi untuk meningkatkan kualitas tidurmu juga.

9. Ekspresikan Diri Melalui Seni

Stres kerja seringkali mmebuat kita lupa untuk mengekspresikan perasaan kita. Padahal, berekspresi dengan bebas dapat membuat hati terasa lebih lega serta meredakan tingkat stres mental. Sempatkan setidaknya 10 menit setiap harinya untuk mengekspresikan dirimu. Cobalah ekspresikan dirimu melalui media seni, contohnya dengan menyanyi, menari, melukis, menulis puisi, dan lain-lain.

10. Jalani Hidup di Masa Sekarang

Pernahkah kamu merasa menyesal akan suatu kegiatan yang kamu lakukan di masa lalu? Atau mungkin kamu mengkhawatirkan apa yang akan terjadi di masa depan. Terlalu banyak memikirkan masa depan dan masa lalu hanya akan memperparah tingkat stres yang kamu alami. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengubah cara pikirmu menjadi lebih positif dan cukup fokuskan pikiran pada kegiatan yang sedang kamu jalankan di masa sekarang.

Baca juga: Mengenal Pengertian Outsourcing dalam Dunia Bisnis

11. Cari Dukungan dari Orang Terdekat

Berdiskusi dan berbagi cerita dengan orang terdekat merupakan salah satu cara terbaik untuk meredakan stres. Cobalah luangkan waktu untuk bercengkrama dan mencurahkan isi hati dengan orang-orang terdekat di sekitarmu, seperti teman dan keluarga. Dengan dukungan dari orang terdekat, kamu pasti bisa melewati segala kesulitan yang kamu hadapi saat bekerja.

12. Dapatkan Pendampingan Profesional

Bila kamu merasa bahwa masalahmu sudah terlalu sulit untuk dihadapi, jangan menyerah! Tidak ada salahnya untuk mencoba mencari pendampingan psikolgi dari tenaga medis profesional. Mereka dapat membantumu mengelola stres dan kesulitan mental lainnya yang kamu hadapi dengan efektif.

Untuk mengurangi stres dalam bekerja, kamu dapat mencoba mempermudah pekerjaan kamu dengan menggunakan aplikasi HRD pembantu pekerjaan seperti StaffAny yang dapat memberikan fitur absensi otomatis.

Fitur absensi otomatis sangat penting dibandingkan secara manual karena mampu memberikan kemudahan dari berbagai aspek. Beberapa fitur unggulan dari aplikasi HRD StaffAny, seperti penjadwalan otomatis, analisis data absensi, hingga pengajuan cuti yang memudahkan kinerja manajemen.

Selain absensi atau penjadwalan otomatis, StaffAny juga memiliki fitur unggulan lainnya yang dapat meringankan pekerjaan kamu. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini sekarang juga. Semoga informasi mengenai cara mudah menghilangkan stres yang kami sampaikan dapat membantu kamu, ya!

cara mudah menghilangkan stres, 12 Cara Mudah Menghilangkan Stres Kerja

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment