Memahami 3 Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Kamu pasti sudah tahu kalau stres akibat bekerja mengganggu kesehatan fisik ataupun mental karyawan. Namun, dampak stres kerja tidak berhenti sampai di situ. Ada pula pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan sehingga mereka tidak bisa bekerja secara maksimal. Kalau sudah begini, lebih baik kamu mencari langkah pencegahannya.

StaffAny akan mengulas segala hal tentang stres kerja, mulai dari pemicu, dampak, hingga langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak ulasannya sampai selesai.

Pengertian Stres Kerja

Stres kerja adalah perasaan tertekan yang dialami oleh karyawan selama menyelesaikan pekerjaannya. Kondisi ini bisa memengaruhi emosi, proses berpikir, bahkan kondisi fisik karyawan. Sesuai istilahnya, tekanan yang dirasakan karyawan dalam stres kerja berasal dari lingkungan kerja mereka, baik pekerjaan, tempat kerja yang tidak nyaman, bahkan rekan kerja dan atasan.

Karyawan maupun pemilik bisnis sangat wajar mengalami stres kerja. Mereka juga menunjukkan beberapa gejala fisik, psikologis, dan perilaku ketika merasakan stres kerja. Gejala fisik biasanya berupa perubahan pada metabolisme tubuh hingga serangan jantung, gejala psikologi berhubungan dengan jiwa, pikiran, dan emosi karyawan, sedangkan gejala perilaku ditandai dengan perubahan produktivitas dan gaya hidup karyawan.

Baca juga: Memahami Lingkungan Kerja Fisik dan Non-Fisik serta Pengaruhnya pada Pekerja

Pemicu Stres Kerja yang Harus Diwaspadai

Ada tiga hal yang bisa menjadi penyebab karyawan merasa stres akibat bekerja, yaitu:

1. Beban Kerja yang Tinggi

Wajar saja jika perusahaan memberikan beban kerja yang lebih banyak dari biasanya kepada karyawan. Namun, beban kerja yang tinggi dan berkelanjutan bisa menjadi pemicu stres kerja. Karyawan tidak akan mampu berpikir jernih sehingga mereka merasa jenuh dan stres selama bekerja.

2. Alur Komunikasi yang Buruk

Komunikasi yang kurang jelas juga menjadi penyebab stres kerja yang jarang disadari. Karyawan akan merasa bingung karena mereka tidak mendapatkan arahan yang jelas dalam bekerja. Masalah ini bisa pula menyebabkan frustrasi, apalagi jika karyawan memiliki hubungan kurang baik dengan atasan atau rekan kerjanya.

fitur

3. Rasa Takut Kehilangan Pekerjaan

Karyawan mana pun pasti memerlukan apresiasi sebagai penyuntik semangat saat bekerja. Ketika mereka mendapat teguran yang kurang membangun, mereka langsung kehilangan rasa percaya diri. Mereka juga berpikir kemungkinan akan kehilangan pekerjaan sehingga bisa memicu stres dalam bekerja.

Baca juga: 15 Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan

Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Stres kerja bisa membawa dampak terhadap kinerja karyawan saat menghadapi pekerjaannya. Apa saja dampak tersebut?

1. Pekerjaan Tidak Selesai Tepat Waktu

Stres kerja dapat menghambat karyawan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Akibatnya, pekerjaan menjadi terbengkalai dan tidak selesai sesuai tenggat waktu yang telah ditetapkan. Hal ini bisa berdampak pula pada performa perusahaan dalam mencapai targetnya.

2. Hasil Pekerjaan Tidak Maksimal

Kualitas hasil pekerjaan pun bisa menurun apabila karyawan mengalami stres. Dampak ini perlu diperhatikan oleh karyawan, terutama yang bekerja di bidang kreatif. Stres membuat karyawan tidak mampu berpikir kreatif dan kritis dalam bekerja sehingga hasil pekerjaannya tidak sesuai harapan.

3. Kehilangan Motivasi Kerja

Karyawan mana pun pasti memiliki motivasi dan semangat yang besar ketika mulai bekerja. Sayangnya, faktor lingkungan kerja yang stressful bisa menurunkan motivasi tersebut. Mereka pun tidak akan bersemangat lagi dalam bekerja karena kehilangan motivasi.

Baca juga: Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Tips Mencegah Terbentuknya Lingkungan Kerja yang Stressful

Sebagai pemberi kerja, kamu pun perlu bertanggung jawab terhadap kesejahteraan karyawan. Caranya, kamu bisa mencegah terbentuknya lingkungan kerja yang stressful supaya karyawan merasa nyaman dalam bekerja. Bagaimana caranya?

1. Sediakan Opsi WFH

Work From Home (WFH) dan jam kerja yang fleksibel bisa menjadi cara agar karyawan tidak merasa stres selama bekerja. Kamu bisa menawarkan opsi ini sewaktu-waktu supaya karyawan mampu bekerja dengan baik. Fleksibilitas ini juga membantu karyawan agar tidak burnout saat bekerja.

2. Tingkatkan Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan karyawan berkaitan erat dengan kondisi fisik dan mentalnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, yaitu mengadakan acara senam bersama, menyediakan snack sehat di kantor, atau menyelenggarakan acara yang seru bersama karyawan lainnya.

3. Jadwalkan Acara Rekreasi

Stres kerja perlahan bisa berkurang kalau kamu mengadakan acara rekreasi karyawan. Acara ini bisa diadakan setiap bulan ketika rapat atau pada akhir tahun di tempat yang berbeda. Buat acara yang menarik dan menyenangkan supaya karyawan lebih semangat ketika kembali bekerja.

4. Buat Jadwal Shift Kerja yang Teratur

Lingkungan kerja yang stressful diakibatkan pula oleh jadwal shift yang berantakan. Normalnya, karyawan hanya bekerja selama 40 jam per minggu, baik itu 8 jam selama 5 hari kerja maupun 7 jam dalam 6 hari kerja. Namun, ada pula karyawan yang harus lembur atau bekerja long shift sehingga mereka merasa stres selama bekerja.

Kamu bisa menggunakan StaffAny yang memiliki fitur timesheet harian kerja. Karyawan bisa mengecek jumlah jam kerja mereka dalam sehari sehingga tidak merasa stres akibat overworked. StaffAny juga akan membantumu membuat jadwal shift kerja karyawan yang teratur dan pastinya sesuai regulasi ketenagakerjaan yang berlaku dengan fitur penjadwalan.

Tinggalkan cara lama dan mulailah cara baru yang lebih modern dalam dalam manajemen karyawan. Ayo, hubungi kami melalui WhatsApp supaya kamu bisa merasakan free trial StaffAny dan berbagai manfaat yang dimilikinya. Tingkatkan semangat kerja karyawanmu hanya dengan software unggulan ini.

Kesimpulannya, kamu harus memahami bahwa pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan cukup besar dan bisa berdampak pada penurunan performa perusahaan secara keseluruhan. Solusinya, jaga lingkungan kerjamu agar tetap menjadi tempat yang nyaman dengan menerapkan tips di atas.

pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan, Memahami 3 Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment