16 Peralatan Cafe yang Wajib Ada, Beserta Fungsinya

Table of Contents

Kedai kopi atau kafe merupakan peluang bisnis yang menjanjikan untuk dijalani. Buktinya, anak muda zaman sekarang banyak yang suka mengunjungi kafe untuk bersantai, bertemu dengan teman, bahkan menyelesaikan pekerjaannya. Nah, sebelum memulai bisnis kafe, kamu perlu mengetahui dahulu peralatan cafe yang biasanya dibutuhkan dalam menjalankan usaha bergengsi ini.

Deretan Peralatan Cafe dan Fungsinya

Peralatan cafe yang dibutuhkan bukan sekadar alat pembuat kopi saja. Kamu juga memerlukan peralatan lainnya, seperti peralatan keamanan, kebersihan, dan sebagainya agar bisnis kafe bisa berjalan dengan maksimal. Cek daftar peralatan cafe di bawah ini!

1. Coffee Grinder

Bisnis kafe yang autentik selalu menyajikan kopi dari bijinya. Untuk menggiling biji kopi, kamu memerlukan coffee grinder. Peralatan ini tidak boleh dilewatkan agar kamu bisa menyajikan kopi dengan cita rasa yang segar dan kualitas yang lebih terjaga untuk pelanggan kafe.

2. Drip Coffee Maker

Sudah banyak bisnis kafe yang menggunakan drip coffee maker dalam membuat kopi. Keistimewaan drip coffee maker adalah mesin ini bisa menyeduh sampai 12 cangkir kopi dalam waktu bersamaan.

Tidak hanya itu, drip coffee maker juga bisa diprogram sehingga bekerja secara otomatis dalam menyajikan kopi. Peralatan cafe ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang baru merintis bisnis kafe sehingga tidak perlu memakan waktu lama dalam melayani pelanggan.

3. Mesin Kopi Espreso

Kopi espreso sering menjadi bahan dasar atau base untuk menu minuman kopi lainnya, seperti cappuccino, mocha, bahkan frappuccino. Untuk membuat kopinya, kamu bisa menggunakan mesin espreso yang menjadi idaman bagi setiap barista.

Namun, kamu perlu memahami cara mengoperasikannya agar bisa menghasilkan kopi dengan aroma yang khas. Mesin espreso bisa menjadi pertimbangan kalau kamu mempunyai modal yang cukup untuk bisnis kafe berskala menengah atau besar.

Baca juga: Mengenal UMKM Go Digital dan Contoh Prospek Bisnisnya

4. Moka Pot

Alat Moka pot bisa menjadi alternatif dari mesin espreso untuk bisnis kafe kamu. Moka pot digunakan untuk membuat kopi espreso yang kental dan kaya rasa sehingga mampu memikat pelangganmu.

Cara menggunakannya juga mudah, kamu perlu memasak kopi dengan cara menyeduhnya di atas kompor seperti menggunakan teko air panas.

5. Gelas atau Kemasan Minuman

Peralatan cafe ini tentu tidak boleh dilewatkan. Kamu bisa menyajikan kopi di dalam gelas untuk pelanggan yang ingin dine in di kafe atau kemasan minuman bagi pelanggan yang ingin menikmati kopi di luar kafe.

Buatlah kemasan minuman yang unik dan mencerminkan brand kedai kopi kamu agar brand awareness-nya meningkat.

6. Blender dan Juicer

Apakah kamu juga ingin menyajikan minuman segar lainnya seperti smoothie atau jus buah? Maka blender dan juicer adalah peralatan wajib yang harus ada di kafe kamu. Kamu tetap bisa menyediakan menu minuman segar yang menyegarkan dan sehat bagi pelanggan dengan memiliki dua peralatan ini.

Baca juga: 5 Manfaat Business Plan dalam Bisnis

7. Peralatan Menyimpan Air Minum

Siapkan juga peralatan penyimpanan air minum seperti dispenser atau galon di dalam kafe. Pilihlah dispenser yang memiliki tiga opsi tombol, yaitu tombol air panas, tombol air dengan suhu biasa, dan tombol air dingin.

Kamu juga bisa menyediakan termos dan teko untuk penyimpanan air agar tetap bersih dan steril jika ingin digunakan sebagai air minum.

8. Peralatan dan Wadah Memasak

Tidak lengkap rasanya menyajikan kopi tanpa makanan pendamping untuk pelangganmu. Oleh karena itu, kamu memerlukan peralatan memasak yang disesuaikan dengan menu makanan yang ingin disajikan dalam kafe.

Contohnya, kamu bisa memilih oven atau microwave jika hanya ingin menyajikan kue. Sebaliknya, kamu memerlukan panci, wajan, dan sejenisnya kalau ingin menyajikan hidangan yang cukup berat.

9. Peralatan Menyimpan Bahan Makanan

Kesegaran dan kebersihan bahan makanan perlu dijaga dengan alat penyimpanan yang tepat. Gunakan wadah penyimpanan bahan makanan yang tahan lama, kedap udara, dan mudah digunakan agar kamu bisa mengoptimalkan persediaan bahan makanan dan menghindari kemubaziran.

Baca juga: 4 Cara Menghitung Labor Cost

10. Silverware

Silverware, seperti sendok, garpu, pisau, dan piring, adalah peralatan cafe yang tidak boleh diabaikan. Pastikan kamu memiliki persediaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pilih silverware yang berkualitas tinggi, tetapi sesuai dengan gaya dan konsep kafe kamu. Contohnya, piring berwarna biru pastel untuk kafe yang penuh dengan nuansa biru di dalamnya.

11. Pendingin Udara

Pasanglah pendingin udara untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyegarkan bagi pelanggan kafe. Suhu yang sejuk membuat pelanggan lebih nyaman saat menikmati waktunya di kafe kamu.

StaffAny

12. Peralatan Keamanan

Jagalah keamanan kafe kamu dengan menyediakan peralatan keamanan seperti pemadam api, detektor asap, atau CCTV. Bukan hanya kamu dan karyawan, pelanggan kafe kamu tetap terjaga keamanannya dengan peralatan keamanan yang lengkap.

13. Peralatan Kebersihan

Sediakan peralatan kebersihan seperti sapu, kain lap, sabun, dan bahan pembersih lainnya agar kebersihan kafe terjaga. Cari tahu informasi pembersihan khusus untuk area dapur yang menyimpan bahan makanan agar kualitas bahan makanannya tetap terjaga. Jagalah kebersihan kafe agar pelanggan merasa nyaman dan terhindar dari masalah kesehatan.

Baca juga: Concentrated Marketing: Arti dan Manfaat

14. Router WiFi

Budaya Work From Cafe (WFC) sudah menjamur pada era seperti sekarang ini. Untuk melengkapi fasilitas kafe, pasanglah router WiFi agar pelanggan bisa memiliki akses internet yang nyaman untuk bekerja. Utamakan keamanan WiFi dengan cara tidak mengubahnya menjadi WiFi publik agar tidak rentan diserang oleh penyadap atau hacker.

15. Aplikasi Kasir

Daripada menggunakan mesin kasir tradisional atau buku catatan, lebih baik kamu menggunakan aplikasi kasir. Aplikasi kasir tidak hanya dapat membantu kamu dalam memproses transaksi, tetapi juga memantau stok barang dan laporan keuangan selama periode berjalan. Selain itu, kamu pun bisa menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola bisnis kafe.

16. Aplikasi HRD

Tentunya kamu akan mempekerjakan beberapa karyawan di kafe, bukan? Nah, agar manajemen karyawan berjalan dengan teratur, gunakanlah aplikasi HRD dari StaffAny. 

Aplikasi ini bisa membantu kamu dalam membuat jadwal kerja karyawan secara otomatis sehingga lebih unggul daripada menggunakan spreadsheet yang rawan akan human error. Kamu juga bisa memantau kinerja karyawan lewat fitur timesheet. Bukan hanya kamu, karyawan pun dimudahkan karena mereka bisa absen secara online hanya dari smartphone mereka.

Bisnis kafe yang baru merintis bukanlah alasan untuk tidak menggunakan aplikasi HRD. Justru kamu memerlukan peralatan kafe yang satu ini agar manajemen karyawan tetap berjalan teratur ketika bisnisnya berkembang pada masa depan.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi kami via WhatsApp dan dapatkan kesempatan free trial StaffAny sekarang juga!

Itulah daftar peralatan cafe yang dibutuhkan dalam memulai usaha kafe. Selamat berbisnis dan semoga usaha kafe kamu tetap laris!

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment