Promo bulan ini, free trial untuk 6 bulan pertama* Klaim Sekarang!​​ Looks like you're visiting from Malaysia! Click here to view the Malaysian page Looks like you're visiting from Singapore! Click here to see Singapore page

Cara Rekrutmen Karyawan yang Berkualitas

Table of Contents

Wajar saja kalau kamu berekspektasi untuk mendapatkan karyawan yang kompeten melalui proses rekrutmen. Lagi pula, kamu ingin mendapatkan karyawan yang cocok dengan budaya bisnis agar mereka bekerja dalam jangka waktu panjang, bukan? Maka dari itu, kamu perlu mengetahui tips dan cara rekrutmen karyawan yang berkualitas untuk mendapatkan karyawan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. 

Setiap tahap dalam proses rekrutmen, mulai dari seleksi berkas, wawancara dan psikotes, hingga seleksi akhir harus dilakukan dengan ketat untuk mendapatkan karyawan terbaik. Lantas, bagaimana cara untuk memaksimalkan semua tahap tersebut? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Mengenal Fungsi Rekrutmen Bagi Bisnis

Tentunya kamu sudah paham kalau rekrutmen berfungsi untuk mendapatkan karyawan. Namun, kamu perlu menjalankan proses rekrutmen yang efektif dan berkualitas jika ingin menemukan karyawan sesuai kebutuhan dan kualifikasi yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, rekrutmen pun dapat meningkatkan produktivitas bisnis karena kamu akan mendapatkan karyawan yang lebih fokus dan efisien dalam bekerja.

Rekrutmen yang efektif bisa meningkatkan moral dan komitmen karyawan dalam bekerja. Alasannya, karyawan akan merasa bahwa posisi atau jabatan mereka sudah sesuai dengan keinginan. Mereka pun akan lebih termotivasi dalam bekerja sehingga bisa meningkatkan kinerja bisnismu.

Rekrutmen bisa digunakan sebagai parameter untuk mengukur kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bisnismu. Melalui proses rekrutmen, kamu dapat mengetahui kualifikasi dan kemampuan karyawan yang ada sehingga bisa memutuskan solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas mereka.

Baca juga: 5 Langkah-langkah Perencanaan SDM dalam Bisnis

Cara Rekrutmen Karyawan yang Berkualitas

Karyawan yang kompeten tentu dihasilkan melalui proses rekrutmen yang berkualitas. Ada enam cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas proses rekrutmen di bisnismu. Apa saja?

1. Buat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Jelas

Iklan lowongan pekerjaan menjadi sumber informasi utama bagi para pencari kerja. Oleh karena itu, kamu perlu membuat iklan lowongan kerja yang jelas. Tidak masalah jika ingin membuat dalam bentuk poster atau tulisan, yang penting kamu harus menuliskan deskripsi kualifikasi dan tanggung jawab serinci mungkin. Usahakan agar deskripsi pekerjaan ini sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan dalam bisnismu agar bisa mendapatkan kandidat terbaik.

2. Gunakan Media yang Potensial

Ada banyak media yang bisa digunakan untuk membagikan iklan lowongan kerja, seperti media sosial, grup messenger, atau website portal pencari kerja. Kamu pun bisa meminta bantuan teman atau rekan bisnis untuk membantu menyebarluaskan informasi lowongan kerja. Apa pun medianya, pilihlah platform yang potensial dan sering digunakan oleh kandidat yang cocok dengan kualifikasi kamu.

Kini, kamu bisa membagikan lowongan kerja lebih mudah dengan fitur kode QR dan tautan link dari StaffAny. Pelamar pun akan lebih mudah mengirimkan lamarannya melalui platform ini.

3. Lakukan Screening untuk Mencari Kandidat Terbaik

Jangan buru-buru mengadakan wawancara setelah mendapatkan lamaran kerja. Justru kamu perlu melakukan screening melalui proses seleksi berkas terlebih dahulu untuk menyaring kandidat yang layak ke tahap berikutnya. Proses screening dilakukan dengan meninjau pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, atau keterampilan yang dimiliki oleh kandidat.

4. Susun Pertanyaan Wawancara yang Efektif

Langkah paling krusial dalam proses rekrutmen adalah mempersiapkan pertanyaan wawancara. Kamu bisa bekerja sama dengan para user yang terdiri dari kepala cabang atau kepala departemen untuk membuat sejumlah pertanyaan wawancara yang efektif. Perlu diingat bahwa pertanyaan wawancara ini bertujuan untuk mengenal kandidat lebih dalam agar bisa bekerja dengan efektif nantinya.

5. Gunakan Alat Tes yang Telah Terbukti

Tidak salah jika kamu ingin mengadakan psikotes atau tes kepribadian untuk mengenal kandidat. Namun, pilihlah alat tes yang telah terbukti dan sering digunakan dalam proses rekrutmen. Pastikan hasil tes kandidatnya sesuai dengan kriteria kualifikasi yang dibutuhkan oleh bisnismu.

6. Buat Penawaran Kerja Menarik

Setelah melalui tahap seleksi, kini kamu sudah mendapatkan kandidat terbaik yang siap bekerja. Pastikan kamu memberikan penawaran kerja yang menarik seperti paket gaji dan kompensasi dalam jumlah kompetitif. Langkah ini sangat penting agar kandidat terbaik bersedia untuk bekerja di tempatmu.

Baca juga: Pengertian Budaya Kerja, Jenis, & Tips Membangunnya

Tahap Proses Rekrutmen yang Baik

Perlu kamu pahami bahwa proses rekrutmen terdiri dari berbagai tahapan yang dilakukan secara sistematis. Berikut merupakan tahapan lengkap dalam proses rekrutmen karyawan.

1. Tahap Perencanaan

Pada tahap ini, kamu melakukan analisis terhadap jumlah karyawan yang diperlukan serta kualifikasinya. Hasil analisis ini berguna sebagai tolak ukur untuk proses rekrutmen agar lebih efektif.

2. Tahap Pembuatan Lowongan Kerja

Berikutnya, kamu akan membuat informasi lowongan kerja sesuai posisi, kualifikasi, dan keahlian yang dibutuhkan. Setelahnya, kamu akan menyebarluaskan lowongan kerja melalui berbagai saluran, salah satunya portal pencari kerja.

3. Tahap Seleksi Administrasi

Setelah ada lamaran yang masuk, kamu harus menyeleksi kandidat melalui berkas yang telah dikirimkan. Ada pun berkasnya mencakup curriculum vitae (CV), ijazah, dan surat lamaran.

4. Tahap Wawancara dan Tes Kompetensi

Pada tahap inilah seleksi kandidat dimulai. Kamu akan mengetahui lebih jauh tentang kualifikasi dan kemampuan kandidat melalui wawancara. Selain itu, tes kompetensi juga perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat keterampilan kandidat.

5. Tahap Seleksi Akhir

Seleksi akhir akan menentukan kandidat karyawan yang akan diterima bekerja di tempatmu atau tidak. Kamu akan memberikan pemberitahuan kepada kandidat yang telah diterima dan menandatangani surat perjanjian kerja.

6. Tahap Pelatihan dan Integrasi

Tahap terakhirnya adalah melakukan pelatihan dan integrasi terhadap karyawan baru yang telah diterima. Tahap ini penting sehingga tidak boleh dilewatkan agar karyawan bisa bekerja dengan baik dan sesuai dengan standar perusahaan.

Banyaknya tahap yang harus dilakukan  tentu membuatmu kewalahan dalam menangani proses rekrutmen bisnismu, apalagi jika jumlah pelamarnya bisa mencapai ratusan. Namun kamu tidak perlu khawatir jika ada lamaran yang terlewat karena ada fitur Applicant Tracking System (ATS) dari StaffAny yang siap membantumu. Kamu bisa menyaring kandidat pelamar kerja secara instan dan melacak setiap status lamaran yang masuk hanya dalam satu aplikasi. 

Tidak hanya itu, kamu pun bisa memasukkan daftar pertanyaan dan formulir lamaran sesuai kebutuhan untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kriteria. Tertarik untuk mencobanya? Hubungi kami sekarang juga via WhatsApp dan rasakan cara rekrutmen karyawan yang praktis dengan StaffAny!

cara rekrutmen karyawan, Cara Rekrutmen Karyawan yang Berkualitas

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Leave a comment

Cara Rekrutmen Karyawan

Percepat proses bisnis anda dengan digitalisasi