5 Fungsi Human Resource Management yang Paling Penting

Table of Contents

Penting sekali kamu memahami fungsi Human Resource Management (HRM) jika ingin berhasil dalam mengelola sumber daya manusia dalam perusahaanmu. Kehadiran HRM sangat penting karena fungsinya berhubungan langsung dengan produktivitas karyawan dalam perusahaan.

Melalui artikel ini, StaffAny akan mengupas tuntas tentang fungsi human resource management dalam perusahaan. Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari cara penerapan HRM yang efektif agar SDM perusahaan makin berkembang. Langsung simak saja pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Human Resource Management (HRM)

SDM merupakan salah satu sumber daya yang signifikan bagi perusahaan. Alasannya, SDM memiliki kemampuan untuk mengelola, merencanakan, dan mengendalikan sumber daya lainnya yang diperlukan dalam perusahaan.

Dalam konteks ini, divisi human resource akan bertugas untuk mengelola SDM dalam perusahaan agar tetap bekerja sesuai visi dan misi perusahaan yang telah ditetapkan.

Human Resource Management adalah pendekatan atau sistem untuk mengelola SDM dan lingkungan kerja suatu perusahaan. Pengelolaan tersebut mencakup proses rekrutmen dan seleksi, pembinaan, pelatihan, penilaian, hingga penilaian karyawan selama bekerja.

HRM memiliki fokus utama, yaitu mengembangkan karyawan dalam perusahaan menjadi SDM yang unggul dan berkontribusi besar terhadap keberhasilan strategi perusahaan.

Mengapa Human Resource Management Penting?

fungsi human resource management, 5 Fungsi Human Resource Management yang Paling Penting

Kehadiran Human Resource Management (HRM) sangat penting karena melibatkan manajemen sumber daya manusia yang merupakan faktor kunci dalam kesuksesan sebuah organisasi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Human Resource Management sangat penting:

1. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Alasan pertama yakni HRM bertanggung jawab untuk mengembangkan program pelatihan dan pengembangan karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, serta meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja. Dengan meningkatkan kinerja karyawan, organisasi dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

2. Menjaga Kepatuhan Hukum

Berikutnya adalah HRM memastikan bahwa perusahaan mematuhi undang-undang ketenagakerjaan dan peraturan terkait lainnya. Ini termasuk memastikan bahwa organisasi tidak melakukan diskriminasi dalam perekrutan dan pemilihan karyawan, serta memastikan bahwa mereka membayar upah dan tunjangan yang sesuai dengan hukum.

3. Meningkatkan Hubungan Kerja

Alasan ketiga adalah HRM bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hubungan antara karyawan dan manajemen tetap positif. Ini dapat mencakup mengembangkan program penghargaan dan insentif, serta mengatasi konflik dan masalah yang muncul di tempat kerja.

4. Meningkatkan Budaya Perusahaan

HRM membantu menciptakan budaya perusahaan yang positif dan mendukung, yang dapat meningkatkan kepuasan kerja dan retensi karyawan. Ini termasuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, mempromosikan nilai-nilai perusahaan, dan mengembangkan program kesejahteraan karyawan.

5. Meningkatkan Strategi Bisnis

HRM bekerja sama dengan manajemen senior untuk mengembangkan dan menerapkan strategi bisnis yang efektif. Dalam banyak organisasi, HRM juga bertanggung jawab untuk memimpin perencanaan sumber daya manusia dan mengidentifikasi kebutuhan karyawan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis.

Baca juga: Mengenal Pemahaman Human Capital Management

Fungsi Human Resource Management

Ada lima fungsi dasar HRM dalam perusahaan yang harus dipenuhi, mulai dari rekrutmen hingga perencanaan karyawan. Lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Mengadakan Rekrutmen dan Seleksi

Bagaimana perusahaan mendapatkan karyawan? Tentu saja melalui proses rekrutmen dan seleksi. Salah satu fungsi HRM yang utama yaitu merekrut dan menyeleksi kandidat karyawan yang ingin bergabung dalam perusahaan. HRM harus melakukan seleksi secara ketat untuk mendapatkan tenaga kerja terbaik yang memenuhi kriteria perusahaan.

Fungsi ini dimulai ketika ada yang membutuhkan seorang karyawan untuk mengisi kekosongan posisi. Kepala divisi akan memberikan kriteria dan deskripsi pekerjaan kepada HRM, lalu HRM membuat iklan lowongan pekerjaan dan menyebarkannya secara offline ataupun online. Kandidat yang melamar harus melalui beberapa tahap seleksi seperti wawancara dan tes kompetensi sebelum akhirnya diterima menjadi karyawan perusahaan.

Proses perekrutan calon karyawan di atas tentu menjadi lebih mudah kalau kamu menggunakan Applicant Tracking System (ATS) dari StaffAny. Kamu bisa mengelola lamaran karyawan, proses seleksi, hingga tahap penerimaan karyawan hanya dalam satu platform.

fungsi human resource management, 5 Fungsi Human Resource Management yang Paling Penting

2. Melakukan Manajemen Performa

Manajemen performa atau kinerja karyawan merupakan proses menilai dan memberikan feedback kepada karyawan. Fungsi ini diperlukan agar karyawan bisa menunjukkan kualitas dan performa terbaik mereka dalam melakukan pekerjaan. Performa perusahaan pun meningkat apabila karyawan menunjukkan kualitas terbaik selama bekerja.

Manajemen performa mencakup perencanaan, pemantauan, peninjauan, dan pemberian penghargaan terhadap kinerja karyawan. Sistem rewards dan punishment berlaku dalam fungsi ini dan diberikan sesuai dengan hasil kinerja karyawan. 

Agar tugas ini lebih menarik, kamu bisa menggunakan EngageAny untuk menantang karyawanmu. Mereka akan mendapatkan poin apabila berhasil menyelesaikan tantangan dari perusahaan. Di sisi lain, EngageAny bermanfaat untuk meningkatkan tingkat retensi karyawan.

3. Memberikan Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Pelatihan dan pengembangan sangat diperlukan agar karyawan dapat meningkatkan keterampilan mereka selama bekerja. Peningkatan keterampilan ini sangat dibutuhkan agar perusahaan tidak tertinggal dalam perkembangan bisnis serta bisa mencapai tujuan jangka panjang.

Ada banyak bentuk pelatihan dan pengembangan yang bisa diberikan kepada karyawan. Namun, kamu perlu menyesuaikan topik dan bentuk pelatihan dengan kebutuhan dan gaya belajar mereka agar fungsinya lebih efektif.

Baca juga: Kenali 10 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM

4. Memberi Kompensasi dan Tunjangan

Tidak hanya gaji pokok, perusahaan juga harus memberikan tunjangan dan kompensasi yang adil agar bisa mempertahankan karyawan. Selain itu, kompensasi dan tunjangan bisa menjadi cara untuk memotivasi karyawan. Pemberian kompensasi tersebut tentunya harus disesuaikan pula dengan anggaran perusahaan.

Kompensasi bisa berupa imbalan materiel atau non-materiel yang diberikan kepada karyawan. Kompensasi materiel biasanya berupa gaji pokok, uang makan, asuransi kesehatan, insentif, dan sebagainya. Sedangkan kompensasi non-materiel mencakup waktu kerja yang fleksibel, kesempatan bekerja di rumah, hak cuti, fasilitas perusahaan, dan sebagainya.

5. Merencanakan Jenjang Karier Karyawan

HRM juga berfungsi merencanakan jenjang karier karyawan dalam perusahaan. Fungsi ini mencakup promosi dan suksesi karyawan agar keberlangsungan perusahaan tetap terjaga. Contohnya, seorang manajer berencana pensiun dari pekerjaannya. HRM harus bisa mencari karyawan yang cocok untuk menggantikan manajer tersebut agar tidak perlu melakukan rekrutmen ulang.

Proses perencanaan jenjang karier juga melibatkan pelatihan dan pengembangan. Dua hal tersebut diperlukan agar karyawan lebih siap menduduki jenjang karier yang lebih tinggi.

Baca juga: 4 Perbedaan Human Capital dan Human Resource

4 Cara Menerapkan Human Resource Management yang Baik

Menjalankan fungsi HRM di atas tentu membutuhkan tips dan langkah yang tepat agar tujuannya tercapai. Berikut tips menerapkan HRM yang baik dalam perusahaan.

1. Membangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik sangat diperlukan agar tidak terjadi konflik atau permasalahan selama bekerja. Oleh karena itu, kamu dapat memberikan pelatihan mengenai komunikasi organisasi secara efektif agar tercipta kerja sama yang baik antar karyawan.

2. Menempatkan Karyawan sesuai Kemampuan

Karyawan dapat memberikan kinerja dan ide secara maksimal apabila ditempatkan pada posisi yang sesuai kemampuan dan kapasitasnya. Langkah ini bisa dilakukan melalui rekrutmen, seleksi, jenjang karier, dan sebagainya.

3. Memantau Kedisiplinan Karyawan

HRM juga harus memastikan agar karyawan tetap disiplin dan memberikan kontribusi terbaiknya dalam bekerja. Disiplin tidak berbicara tentang datang ke kantor tepat waktu saja. Kamu juga bisa menilai kedisiplinan mereka berdasarkan tugas yang diselesaikan tepat waktu, kerajinan, jumlah ketidakhadiran tanpa alasan, dan sebagainya.

4. Menyediakan Fasilitas dan Kebutuhan Karyawan

Tim HRM juga bertanggung jawab memastikan bahwa fasilitas dan kebutuhan karyawan terpenuhi selama bekerja di perusahaan. Faktanya, kesejahteraan karyawan juga ditentukan oleh fasilitas yang diberikan di tempat kerjanya. Selain itu, penyediaan fasilitas dan pemenuhan kebutuhan karyawan juga merupakan tanggung jawab perusahaan sebagai pemberi kerja.

Kebutuhan karyawan yang harus dipenuhi oleh perusahaan terdiri dari hak cuti, gaji sesuai kesepakatan, tunjangan, dan jaminan sosial seperti BPJS Ketenagakerjaan. Tim HRM harus memastikan bahwa setiap karyawan harus menerima hak tersebut sesuai porsi yang telah ditetapkan. Pekerjaan tersebut akan lebih mudah diselesaikan kalau kamu menggunakan aplikasi StaffAny yang memiliki fitur lengkap.

Ya, kami menyediakan fitur Leave Management, Time Management, Scheduling, dan sebagainya yang paling dibutuhkan dalam HRM. Selain itu, kami juga mempunyai fitur slip gaji online gratis untuk memudahkanmu menghitung gaji karyawan. Cobalah free trial StaffAny terlebih dahulu agar kamu bisa merasakan manfaatnya. Hubungi kami segera melalui WhatsApp dan rasakan kemudahan saat menjalankan fungsi Human Resources Management hanya dengan StaffAny.

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment