4 Perbedaan Human Capital dan Human Resource

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Apakah kamu mengetahui apa saja perbedaan human capital dan Human Resource? Kedua istilah tersebut memang hampir mirip, tetapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Human capital dan Human Resource sendiri merupakan dua hal penting yang dapat memengaruhi keberhasilan sebuah perusahaan.

Melalui artikel ini, kamu akan mendapatkan penjelasan lengkap mengenai apa saja perbedaan human capital dan Human Resource. Namun sebelum itu, mari simak pengertian dari kedua istilah tersebut beserta fungsinya di bawah ini!

Baca juga: Mengenal Pemahaman Human Capital Management

Apa Itu Human Capital?

Istilah human capital mengacu pada nilai ekonomi yang berbentuk pengalaman dan keterampilan dari karyawan yang dimiliki sebuah perusahaan. Human capital sendiri dapat mencakup aset tidak berwujud seperti pendidikan, pelatihan, kecerdasan, keterampilan, kesehatan, dan hal-hal lain milik karyawan yang dapat berharga bagi perusahaan.

Pada dasarnya, human capital adalah aset atau kualitas tidak berwujud yang tidak terdaftar dan tidak dapat didaftarkan di neraca perusahaan. Walaupun begitu, human capital dapat meningkatkan produktivitas perusahaan; dan dengan demikian meningkatkan profitabilitas perusahaan. Makin banyak investasi yang dilakukan perusahaan pada karyawannya, peluang keberhasilannya pun akan menjadi lebih tinggi.

Fungsi Human Capital

Fungsi dari manajemen human capital adalah untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi yang dibutuhkan perusahaan melalui rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan karyawan. Departemen yang bertanggung jawab atas human capital seringkali mengelola tugas yang mencakup dukungan administratif, pelaporan dan analitik, pendidikan dan pelatihan, serta perekrutan.

Baca juga: Payroll: Definisi, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Apa Itu Human Resource?

Human Resource (HR), atau sumber daya manusia (SDM), adalah sekumpulan orang yang membentuk tenaga kerja dari suatu perusahaan, organisasi, sektor bisnis, industri, atau ekonomi. Pada dasarnya, Human Resource adalah seluruh karyawan atau elemen sejenis lainnya yang bekerja di dalam sebuah perusahaan..

Human Resource adalah elemen yang sangat penting dari sebuah bisnis. Seluruh operasional bisnis, mulai dari produksi hingga pemasaran, dilakukan oleh Human Resource yang dimiliki perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat memberdayakan Human Resource yang mereka miliki agar dapat mencapai tujuannya dengan lebih efektif dan efisien.

perbedaan human capital dan human resource, 4 Perbedaan Human Capital dan Human Resource

Fungsi Human Resource

Manajemen Human Resource (HR) adalah komponen penting dari setiap bisnis, baik itu perusahaan besar maupun bisnis kecil. Tugas utama dari manajemen HR adalah untuk memaksimalkan produktivitas karyawan dan melindungi perusahaan dari masalah apa pun yang mungkin timbul di dalam lingkungan kerja.

Fungsi dari manajemen HR mencakup:

  1. Menyusun komponen upah dan tunjangan karyawan.
  2. Proses rekrutmen karyawan.
  3. Pemecatan karyawan.
  4. Memastikan perusahaan dan karyawan bekerja semestinya dengan mengikuti seluruh aturan yang dapat memengaruhi perusahaan dan karyawannya.

Baca juga: Bagaimana Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan?

4 Perbedaan Human Capital dan Human Resource

Walaupun memang terlihat hampir mirip, tetapi nyatanya human capital dan Human Resource adalah dua istilah yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa perbedaan human capital dan Human Resource yang wajib diketahui.

1. Latar Belakang

Human capital adalah konsep yang masih relatif baru jika dibandingkan dengan Human Resource. Jika dilihat dari sejarahnya, human capital adalah istilah yang baru muncul sekitar tahun 1960-an ketika era otomatisasi sedang berlangsung, sedangkan Human Resource adalah istilah yang sudah digunakan lebih dari 100 tahun lalu.

Seperti namanya, konsep human capital melihat karyawan sebagai aset penting yang harus diberdayakan sebaik mungkin. Sementara itu, konsep Human Resource lebih melihat karyawan hanya sebagai sumber daya yang harus melakukan tugas yang telah diberikan secara efektif dan efisien saja.

2. Pandangan

Human capital dan Human Resource memandang karyawan sebagai dua hal yang berbeda. Pada dasarnya, human capital memandang karyawan sebagai sebuah aset, sedangkan Human Resource memandang karyawan sebagai sumber daya. Artinya, human capital lebih berfokus pada kemampuan yang dimiliki oleh karyawan dan Human Resource berfokus pada pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan.

Baca juga: Evaluasi Kinerja Karyawan: Definisi dan Metode Pengukurannya

3. Fokus

Ketika membandingkan fokus dari manajemen human capital dan manajemen Human Resource, Anda dapat melihat bahwa keduanya tumpang tindih, tetapi mereka memiliki fokus utama yang berbeda. Manajemen human capital berfokus memaksimalkan nilai ekonomi karyawan bagi perusahaan, sedangkan manajemen Human Resource berfokus untuk mengelola sistem dan proses yang memungkinkan karyawan menjalankan perannya secara efisien dan efektif.

Fokus utama dari human capital adalah untuk mengembangkan karyawan sebagai aset penting perusahaan. Sama seperti aset lainnya, perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari human capital. Oleh karena itu, manajemen human capital akan memastikan bahwa setiap karyawan mendapatkan pelatihan yang memadai untuk meningkatkan kemampuannya.

Di sisi lain, fokus dari Human Resource adalah untuk memaksimalkan sumber daya yang ada, alias karyawan yang ada di dalam perusahaan, untuk mengerjakan seluruh tugas yang diberikan secara efisien dan efektif. Manajemen Human Resource akan memberikan dukungan sebaik mungkin kepada karyawan agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik demi keberhasilan perusahaan.

4. Praktik

Human capital dan Human Resource adalah dua konsep yang sama-sama bertujuan untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan lebih efisien dan efektif. Namun, praktik yang dilakukan oleh kedua konsep tersebut berbeda.

Biasanya, ketika perusahaan membutuhkan kemampuan khusus dari seorang karyawan, human capital akan lebih fokus terhadap karyawan yang sudah ada dengan memberikan pelatihan atau program pengembangan lainnya. Sementara itu, Human Resource akan fokus mencari calon karyawan baru yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Walaupun begitu, nantinya Human Resources yang didapatkan akan menjadi human capital dari sebuah perusahaan.
Jadi, kamu sudah memahami perbedaan human capital dan Human Resource dengan lebih jelas, bukan? Untuk memaksimalkan keduanya, perusahaan dapat menggunakan software HRD StaffAny yang memiliki banyak fitur unggulan, seperti absensi online, penjadwalan, laporan real time, timesheet, dan sinkronisasi data. Yuk, gunakan aplikasi StaffAny sekarang juga!

perbedaan human capital dan human resource, 4 Perbedaan Human Capital dan Human Resource

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment