Apa saja Hambatan Komunikasi Dalam Organisasi?

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada beberapa hambatan komunikasi dalam organisasi yang bisa memengaruhi pekerjaan dari setiap anggotanya. Hambatan komunikasi ini harus dianalisis dan diatasi secepat mungkin agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merugikan organisasi secara keseluruhan.

Lantas, apa saja sih hambatan komunikasi dalam organisasi ini? Mari simak ulasan lengkap dan cara mengatasinya di bawah ini!

4 Jenis Hambatan Komunikasi dalam Organisasi

jenis hambatan komunikasi

Hambatan komunikasi dalam organisasi dapat menimbulkan kesalahpahaman yang bisa mempengaruhi kinerja karyawan dan juga mengurangi efektivitas kerja. Berikut ini adalah empat jenis hambatan komunikasi dalam organisasi yang biasa ditemui:

  1. Hambatan Manusia

Hambatan manusia ini merupakan hambatan komunikasi dalam organisasi yang paling sering terjadi. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kepribadian, pengalaman, dan kemampuan menyerap informasi yang berbeda-beda. Jadi, pasti setiap orang akan menyerap satu hal yang disampaikan secara berbeda-beda.

Selain itu, kultur dan budaya juga dapat menjadi faktor terjadinya hambatan manusia dalam berkomunikasi. Kultur dan budaya yang membentuk seseorang akan tertanam dan sulit untuk dihilangkan, jadi sudah pasti setiap orang pasti akan mengalami satu atau dua masalah ketika harus berinteraksi dengan orang yang memiliki kultur dan budaya yang berbeda.

  1. Hambatan Teknis

Hambatan teknis merupakan hambatan komunikasi dalam organisasi yang biasanya terjadi karena media komunikasi yang digunakan. Hambatan teknis ini biasanya meliputi: prosedur penyampaian yang kurang jelas, informasi dan penjelasan yang disampaikan terlalu minim, ketidaktelitian ketika menjalankan atau menerjemahkan tugas, serta media komunikasi yang digunakan bermasalah.

  1. Hambatan Bahasa

Hambatan komunikasi dalam organisasi yang paling umum adalah hambatan bahasa. Hal ini sudah jelas akan terjadi bila orang-orang yang terlibat komunikasi menggunakan bahasa yang berbeda. Orang yang tidak mengerti bahasa Inggris tidak akan mengerti apa yang disampaikan kepada mereka menggunakan bahasa Inggris.

  1. Hambatan Situasional

Hambatan situasional merupakan hambatan komunikasi yang cukup unik. Hal ini dikarenakan faktor-faktor yang menyebabkannya juga tergantung dari situasi yang ada. Sebagai contoh, jika ada suara berisik ketika pemimpin menyampaikan suatu tugas kepada karyawannya, sudah jelas akan terjadi hambatan komunikasi karena apa yang disampaikan tertutup oleh suara berisik tersebut.

4 Cara Mengatasi Hambatan Komunikasi dalam Perusahaan

solusi hambatan komunikasi

Untuk mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi di dalam sebuah perusahaan, kamu harus menganalisa apa yang menyebabkan hambatan tersebut terjadi terlebih dahulu. Setelah itu, baru lah kamu bisa menentukan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut.

Berikut ini adalah empat cara mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi sesuai dengan jenis hambatannya:

  1. Mengatasi Hambatan Manusia

Untuk mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi karena manusia, pastikan perusahaan memiliki program seperti piknik atau program bonding lainnya. Hal tersebut dapat membuat karyawan lebih akrab satu sama lain, jadi karyawan bisa dapat memahami satu sama lain dengan lebih baik lagi.

  1. Mengatasi Hambatan Teknis

Hambatan komunikasi yang terjadi karena faktor teknis dapat diatasi dengan cukup mudah. Pertama pastikan media yang digunakan untuk menyampaikan informasi dapat selalu digunakan dengan kondisi maksimal. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan informasi yang disampaikan melalui media dan format yang lain.

  1. Mengatasi Hambatan Bahasa

Untuk mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi karena bahasa sudah jelas harus dengan menggunakan satu bahasa yang sama. Jadi, jika perusahaan kamu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, pastikan untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada karyawannya agar tidak terjadi hambatan komunikasi lagi.

  1. Mengatasi Hambatan Situasional

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi karena faktor situasi, tergantung dari apa yang kamu hadapi. Jika tempat kerja kamu memang berisik, maka kamu bisa memberikan informasi melalui teks agar dapat tersampaikan dengan baik. Sesuaikan saja dengan situasi apa yang menyebabkan hambatan tersebut terjadi.

Ada banyak cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hambatan komunikasi dalam organisasi, seperti dengan menggunakan teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan karyawan. Salah satu teknologi yang bisa digunakan adalah aplikasi HRIS (Human Resource Information System) seperti StaffAny.

StaffAny memiliki banyak fitur yang dapat mencegah terjadinya hambatan komunikasi dalam perusahaan seperti penjadwalan, absensi, timesheet, pengajuan cuti, dan lain-lain. Untuk mendapatkan informasi mengenai fitur StaffAny dengan lebih lengkap, kamu dapat klik di sini.

hambatan komunikasi dalam organisasi, Apa saja Hambatan Komunikasi Dalam Organisasi?

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment