9 Manfaat Pengembangan Karir dalam Bisnis

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Karyawanmu tidak hanya bekerja untuk mendapatkan gaji setiap bulannya. Mereka ingin mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kariernya pula. Kamu harus menyadari keinginan tersebut dengan menyediakan program pengembangan karier untuk para karyawanmu. Lagi pula, bisnismu bisa merasakan manfaat pengembangan karier apabila program ini diterapkan.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan program pengembangan karier? Apa saja manfaat yang didapatkan dari program ini? Langsung simak saja penjelasannya di bawah ini sampai selesai.

Sekilas tentang Pengembangan Karier

Pengembangan karier adalah program perusahaan untuk mengembangkan kemampuan (skill), pengetahuan yang dimiliki oleh karyawannya. Program ini juga bertujuan untuk memotivasi karyawan untuk mengejar posisi, jabatan, atau jenjang karier yang lebih tinggi agar mereka bisa mencapainya.

Pengembangan karier merupakan program yang sifatnya berkelanjutan dan selalu ada dalam kehidupan karyawan. Ketika karyawan baru memulai kariernya, mereka akan mempelajari tanggung jawab dan tugas yang dibutuhkan. Kemampuan mereka bertambah sehingga karyawan memiliki kualifikasi yang lebih tinggi untuk pekerjaannya. 

Karyawan juga akan menduduki tampuk kepemimpinan dan mendapatkan pengalaman berharga selama menjalani kariernya. Proses tersebut akan terus berjalan hingga karyawan pensiun dari karier yang telah dijalaninya.

Ada tiga pihak yang berperan dalam pengembangan karier, yaitu karyawan, manajer atau atasan, dan perusahaan. Karyawan harus mengembangkan karier dan dirinya sendiri jika ingin mencapai posisi tertentu selama bekerja. 

Manajer bertugas untuk memberikan dukungan dan feedback kepada karyawan. Sementara itu, perusahaan berperan sebagai penggerak pengembangan karier dengan menyediakan pelatihan, jenjang karier, dan sejumlah kebijakan lainnya.

Baca juga: Mengenal 8 Cara Pengembangan Kompetensi Karyawan

Manfaat Pengembangan Karir dalam Bisnis

Manfaat Pengembangan Karir dalam Bisnis

Bukan hanya karyawan yang merasa diuntungkan dengan program pengembangan karier. Perusahaan juga akan merasakan manfaat pengembangan karier yang cukup signifikan terhadap perkembangan bisnis. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan Motivasi Karyawan

Karyawan mana pun pasti akan termotivasi apabila mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karier. Mereka akan memberikan performa kerja yang lebih baik setelah mengetahui tujuan kariernya. Motivasi tersebut makin meningkat karena perusahaan membantu mereka untuk mencapai tujuan tersebut dengan aksi nyata. Sebaliknya, karyawan akan merasa burnout dan tidak puas bekerja apabila perusahaan tidak menyediakan pengembangan karier.

2. Meningkatkan Produktivitas

Karyawan akan mempelajari skill dan keterampilan yang relevan dengan tujuan kariernya. Hal tersebut sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas karyawan selama bekerja. Mereka bisa mengaplikasikan keterampilan yang sudah dipelajari dalam setiap pekerjaannya sehingga hasil pekerjaannya pun memuaskan. Tidak hanya itu, mereka juga akan membagikan ilmu yang dimiliki kepada rekan kerjanya.

download

3. Mempertahankan Karyawan Berkualitas

Pengembangan karier bisa menjadi strategi terbaik untuk mempertahankan karyawan yang berkualitas. Pasalnya, tidak sedikit karyawan yang resign karena perusahaannya tidak memberikan kesempatan untuk mengembangkan kariernya. Program pengembangan karier memungkinkan karyawan tetap bekerja di perusahaan, tetapi memiliki jabatan dan tanggung jawab yang lebih besar.

4. Menarik Kandidat dengan Kualifikasi Terbaik

Tidak hanya karyawan, program pengembangan karier juga terlihat menarik di mata kandidat. Mereka tertarik untuk melamar di perusahaan karena mendengar tentang kemudahan dalam mengejar jenjang karier yang lebih tinggi. Kandidat pun berusaha meningkatkan skill-nya agar bisa mendapatkan posisi di perusahaan tersebut. Secara tidak langsung, reputasi perusahaan di kalangan masyarakat pun bertambah karena program pengembangan karier.

5. Karyawan Lebih Terbuka Mengenai Rencana Kariernya

Program pengembangan karier bisa menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk membina hubungan yang baik dengan karyawan. Karyawan akan lebih terbuka dan membagikan rencana dan harapan karier yang diinginkannya. Perusahaan juga bisa menjelaskan kesempatan karier yang tersedia dan memotivasi karyawan untuk mencapai posisi tersebut. Selain itu, perusahaan juga bisa mengetahui seberapa besar keinginan karyawan dalam memberikan kontribusinya.

Baca juga: Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

6. Tujuan Perusahaan dan Karyawan Selaras

Program pengembangan karier bisa menjadi cara untuk menyelaraskan tujuan perusahaan dan karyawan. Karyawan dapat mengembangkan kemampuannya serta mendapatkan jabatan atau gaji yang lebih tinggi. Mereka juga memiliki tanggung jawab yang lebih banyak sehingga harus memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perusahaan. Di sisi lain, perusahaan bisa mencapai tujuan atau visinya lebih cepat karena kontribusi karyawan tersebut.

7. Meningkatkan Partisipasi Karyawan

Pengembangan karier dapat meningkatkan tingkat partisipasi karyawan dalam perusahaan. Mereka akan memberikan kontribusi yang lebih besar melalui pekerjaan, ide, dan gagasan lainnya yang bermanfaat untuk kemajuan perusahaan. Tingkat partisipasi yang bertambah ini tentu akan memengaruhi keterlibatan karyawan. Perusahaan pun akan merasa diuntungkan karena memiliki karyawan yang mau terlibat aktif dalam setiap pekerjaannya.

8. Budaya Perusahaan Lebih Sehat

Peningkatan motivasi kerja karyawan akibat pengembangan karier tentu berpengaruh pula pada budaya perusahaan. Iklim kerja di perusahaan menjadi lebih sehat karena karyawannya bersemangat dan memiliki sikap yang positif selama bekerja. Lingkungan perusahaan pun menjadi lebih kondusif sehingga tidak ada persaingan akibat perebutan posisi. Manfaat ini tentu berpengaruh pada kesejahteraan karyawan selama bekerja di suatu perusahaan.

9. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Pada akhirnya, program pengembangan karier ini dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Bagaimana tidak, perusahaan memiliki karyawan yang produktif dan selalu memberikan hasil kerja terbaiknya. Hasil kerja tersebut tentu akan berpengaruh pada performa perusahaan secara keseluruhan. Kualitas perusahaan juga bertambah sehingga mampu menghasilkan laba yang cukup besar serta mampu menarik investor untuk berinvestasi di perusahaannya.

Banyak sekali manfaat pengembangan karier untuk sebuah bisnis, bukan? Pengembangan karier termasuk dalam pekerjaan tim HRD di perusahaanmu. Selain pengembangan karier, masih banyak tugas yang harus dikerjakan oleh tim HRD, mulai dari membuat jadwal kerja karyawan, mengatur penggajian, memantau absensi dan jadwal cuti, dan sebagainya. Cobalah mendukung pekerjaan tim HRD di perusahaanmu dengan menggunakan software HRD StaffAny. 

StaffAny akan memudahkan karyawanmu dalam membuat jadwal kerja secara otomatis. Proses pemeriksaan absensi pun lebih lancar karena kamu bisa memantaunya hanya di aplikasi ini. Tampilan aplikasi yang estetik pasti membuat StaffAny lebih menarik untuk digunakan oleh generasi milenial. Tunggu apalagi? Hubungi kami melalui WhatsApp dan dapatkan free trial aplikasinya. Rasakan kemudahan mengerjakan tugas HRD hanya dengan StaffAny.

Semoga artikel mengenai manfaat pengembangan karier ini bisa menjadi inspirasi kamu dan karyawanmu, ya!

manfaat pengembangan karir, 9 Manfaat Pengembangan Karir dalam Bisnis

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Human Capital Development adalah

Apa itu Human Capital Development?

Human capital development adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Tanpa adanya human capital development yang baik, perusahaan akan kesulitan untuk melakukan

Read More »

Leave a comment