Apa Itu Produktivitas Kerja Karyawan dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Apakah kamu belum mengetahui apa itu produktivitas kerja? Setiap perusahaan harus dapat meningkatkan produktivitas kerjanya demi mencapai tujuan dengan lebih efektif dan efisien. Produktivitas kerja perusahaan akan berpengaruh besar terhadap keberhasilannya.

Tanpa adanya produktivitas kerja yang baik, perusahaan akan kesulitan mendapatkan keuntungan secara maksimal. Selain itu, produktivitas kerja yang baik juga dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan di berbagai sektor. Lantas, apa itu produktivitas kerja?

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Kualitas Karyawan

Apa Itu Produktivitas Kerja?

Apa Itu Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja mengacu pada jumlah pekerjaan yang dapat diselesaikan oleh karyawan dalam periode waktu tertentu. Dengan kata lain, produktivitas kerja adalah ukuran dari total output (barang atau jasa) yang dihasilkan dengan total input (tenaga kerja dan biaya) yang dikeluarkan.

Ketika perusahaan dapat menghasilkan output yang banyak dengan input yang lebih sedikit, artinya produktivitas kerja perusahaan tersebut sudah baik. Sebaliknya, jika output yang dihasilkan tidak sebanding atau bahkan kurang dari input yang dikeluarkan, artinya produktivitas kerja perusahaan tersebut sangat buruk.

Setiap perusahaan memiliki pendekatan yang berbeda-beda untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. Selain itu, setiap perusahaan juga memiliki pandangan dan penilaian yang berbeda mengenai produktivitas kerja yang baik. Biasanya, hal tersebut akan bergantung pada misi, visi, dan nilai-nilai yang dipegang oleh setiap perusahaan.

Baca juga: 8 Tips Meningkatkan Engagement Karyawan Anda

Banner Blog

7 Faktor yang Memengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan

Ada banyak faktor yang memengaruhi produktivitas kerja karyawan, baik itu yang secara langsung maupun tidak langsung. Perusahaan memiliki pengaruh yang besar terhadap produktivitas kerja karyawan ini. Berikut ini adalah beberapa faktor yang memengaruhi produktivitas kerja karyawan.

1. Lingkungan Kerja

Lingkungan Kerja

Tidak akan ada orang yang senang ketika bekerja di lingkungan kerja yang negatif dan toxic. Seorang karyawan tidak akan dapat mengeluarkan kemampuannya secara maksimal jika berada dalam lingkungan kerja yang buruk.

Lingkungan kerja memang memiliki pengaruh yang sangat signifikan dari kinerja karyawan. Makin nyaman dan aman lingkungan tempat mereka bekerja, maka akan makin baik pula kinerja yang dihasilkan oleh karyawan. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat memastikan bahwa lingkungan kerja dari karyawan harus nyaman dan aman.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam operasional bisnis sehari-hari. Setiap elemen perusahaan akan melakukan komunikasi untuk memberikan tugas, menyampaikan pendapat, memberikan laporan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, komunikasi merupakan salah satu faktor yang paling memengaruhi produktivitas kerja karyawan.

Ketika setiap karyawan tidak memiliki komunikasi yang baik, mereka akan kesulitan untuk memahami satu sama lain. Ketika ada miskomunikasi antara karyawan, banyak sekali masalah yang dapat terjadi di dalam perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat memberikan sistem komunikasi yang baik, efektif, dan efisien bagi setiap karyawannya.

Baca juga: Mengenal Performance Management Agar Kinerja Karyawan Dapat Ditingkatkan

3. Manajemen Waktu

Manajemen waktu berbanding lurus dengan produktivitas. Ketika seorang karyawan memiliki manajemen waktu yang baik, maka produktivitas kerja karyawan tersebut sudah pasti akan baik pula. Manajemen waktu yang baik ini harus dimiliki oleh setiap karyawan sehingga produktivitas kerja yang dihasilkan bisa maksimal.

Perusahaan dapat melakukan pelatihan manajemen waktu yang wajib dihadiri oleh setiap karyawan. Selain dapat meningkatkan produktivitas kerjanya, pelatihan ini juga akan sangat berguna bagi karyawan secara pribadi. Lebih lanjut lagi, karyawan juga akan merasa bahwa perusahaan peduli terhadap mereka, dan meningkatkan loyalitas mereka.

4. Kepemimpinan

Seorang pemimpin memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kinerja dan produktivitas karyawannya. Untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan, seorang pemimpin yang memiliki pemahaman yang baik tentang operasional bisnis dan yang dapat menilai kemampuan karyawan akan sangat dibutuhkan.

Tanpa adanya pemimpin yang kompeten, karyawan akan kesulitan untuk menjalankan tugasnya karena tidak ada yang mengarahkan mereka. Walaupun ada karyawan yang memang memiliki kemampuan mumpuni, tetapi mereka tetap membutuhkan sosok pemimpin untuk mengawasi dan memandu mereka dalam melaksanakan pekerjaannya.

5. Pelatihan

Pelatihan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawannya. Tanpa adanya pelatihan, karyawan akan kesulitan untuk berkembang, dan akhirnya akan memengaruhi produktivitas kerja mereka. Makin unggul karyawan yang dimiliki, maka akan makin baik pula produktivitas kerja yang dihasilkan.

Perusahaan harus dapat memberikan pelatihan yang berguna bagi karyawan dan perusahaan itu sendiri. Beberapa contoh pelatihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja adalah manajemen waktu serta pelatihan kemampuan sesuai posisinya seperti penulisan untuk content writer, desain untuk graphic design, dan lain sebagainya.

Baca juga: 15 Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan

6. Gaji

Tidak dapat dimungkiri bahwa gaji merupakan salah satu motivasi utama seseorang ketika bekerja. Banyak sekali karyawan yang bekerja hanya untuk mendapatkan gajinya agar bisa mencukupi semua kebutuhannya.

Perusahaan harus dapat memberikan gaji yang memang sesuai dan dapat membuat karyawan senang. Ketika karyawan merasa mereka memang dihargai sesuai dengan kemampuan, mereka akan merasa sedang dan hasilnya adalah produktivitas kerja mereka akan meningkat.

7. Teknologi

Di era dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, perusahaan akan kesulitan untuk bersaing di pasar tanpa memanfaatkan teknologi. Walaupun perusahaan sudah memiliki produktivitas kerja yang baik tanpa menggunakan teknologi, tetapi perusahaan pesaing yang memanfaatkan teknologi akan memiliki produktivitas kerja yang jauh lebih baik.

Ada banyak sekali teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas kerja, salah satunya adalah aplikasi absen karyawan gratis seperti StaffAny. Selain absensi karyawan, StaffAny juga menyediakan banyak fitur lainnya yang dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja, seperti penjadwalan dan timesheet. Yuk, gunakan aplikasi StaffAny sekarang juga!

apa itu produktivitas kerja, Apa Itu Produktivitas Kerja Karyawan dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment