Pentingnya Manajemen Waktu dalam Pekerjaan

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Masih banyak karyawan Indonesia yang belum memahami pentingnya manajemen waktu dalam pekerjaan. Budaya ‘jam karet’ bisa menjadi salah satu penyebabnya. Namun, kamu harus memiliki manajemen waktu yang baik dan menghindari budaya ‘jam karet’ jika ingin berhasil dalam dunia karier.

StaffAny akan mengulas lengkap tentang manajemen waktu serta membagikan tipsnya dalam artikel ini. Yuk, simak sampai selesai!

Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah keterampilan untuk menggunakan waktu secara efektif dan efisien serta merasakan manfaatnya dengan maksimal. Manajemen waktu juga merupakan strategi untuk membuat waktu agar tetap terkendali sehingga bisa menciptakan efektivitas dan produktivitas selama beraktivitas. 

Dari pengertian di atas, kamu dapat memahami bahwa manajemen waktu merupakan bentuk keterampilan atau kemampuan. Artinya, manajemen waktu bisa dilatih agar berkembang dalam dirimu sendiri. Tidak ada alasan kalau kamu tidak bisa mengembangkan kemampuan manajemen waktu yang baik.

Adapun karakteristik manajemen waktu yang baik mencakup beberapa hal di bawah ini:

  1. Evaluasi waktu yang telah digunakan
  2. Pembuatan rencana dan prioritas yang tepat
  3. Menghindari pencurian waktu yang bisa mengganggu produktivitas
  4. Beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas

Baca juga: Informasi Perhitungan Pesangon Mengundurkan Diri

Pentingnya Manajemen Waktu dalam Pekerjaan

Manajemen waktu sangat penting dalam dunia karier. Alasannya, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang menumpuk dengan tepat waktu. Manajemen waktu yang baik tentu diperlukan untuk membuat rencana atau jadwal agar semua pekerjaan tersebut bisa selesai sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan.

Manajemen waktu juga membantumu menjadi karyawan yang disiplin. Kamu tidak hanya membuat rencana atau jadwal kerja, tetapi mengerjakan pekerjaan tersebut sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Kamu pun memahami seluruh tugas yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu sehingga hasil pekerjaannya menjadi lebih memuaskan. Kesempatan untuk berkembang di dunia karier makin terbuka lebar dengan manfaat ini.

Secara tidak langsung, manajemen waktu juga berpengaruh pada kesehatan mentalmu selama bekerja. Oleh karena kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tidak ada perasaan stres atau cemas yang melanda hidupmu. Kamu pun merasa lebih tenang dan bersemangat menjalani hidup karena memiliki manajemen waktu yang baik.

fitur

Tips Manajemen Waktu selama Bekerja

Pasti kamu ingin merasakan manfaat manajemen waktu setelah membaca penjelasan di atas? Pertanyaannya, bagaimana cara menerapkan manajemen waktu selama bekerja? Terapkan delapan tipsnya di bawah ini.

1. Buat Jadwal Kerja Harian

Manajemen waktu yang baik dimulai dengan membuat jadwal kerja yang terencana. Catatlah setiap tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan dalam satu hari atau satu minggu. Buatlah timeline yang realistis dan pastikan durasi waktu setiap tugasnya sesuai dengan kapasitas dan kemampuanmu dalam melakukan pekerjaan.

Selain jadwal pekerjaan, jangan lupa untuk memasukkan jadwal istirahat di sela-sela pekerjaan. Istirahat sangat penting agar pikiran dan tubuhmu tetap segar sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan lancar.

Baca juga: Regulasi dan Rumus Membuat Jadwal Shift Kerja

2. Prioritaskan Tugas yang Penting

Dahulukan tugas yang penting atau mendesak untuk diselesaikan agar energimu tidak terkuras karena pekerjaan yang kurang penting. Kamu bisa menggunakan Matriks Eisenhower yang membagi tugas ke dalam empat golongan pekerjaan, yaitu:

  1. Do immediately: tugas penting yang memiliki tenggat waktu
  2. Decide for later: tugas penting yang tidak memiliki tenggat waktu
  3. Delegate: tugas yang bisa diberikan kepada orang lain.
  4. Delete: tugas yang tidak penting karena tidak sesuai dengan tujuan kerjamu

3. Fokus dengan Jadwal

Pernah merasa kalau tugas yang bisa diselesaikan lebih awal ternyata memakan waktu hampir seharian? Bisa jadi karena kamu tidak fokus dalam mengerjakannya. Walaupun kamu mendapatkan jumlah pekerjaan yang lebih sedikit, selesaikan semua pekerjaan tersebut tanpa harus mengulur waktunya lagi.

4. Hindari Multitasking

Mungkin kamu sempat berpikir kalau multitasking merupakan strategi manajemen waktu yang efektif. Anggapan tersebut tidak benar. Multitasking justru mengganggu produktivitas karena kamu harus mengerjakan dua atau lebih tugas dalam waktu yang bersamaan. Alhasil, manajemen waktumu menjadi kurang teratur karena melakukan multitasking.

5. Kelompokkan Tugas yang Mirip

Kamu pasti memiliki tugas yang terlihat mirip dan bisa dikerjakan dalam satu slot waktu. Contohnya, membalas e-mail pada jam 10-11 pagi, mengerjakan revisi desain pada jam 13.00, dan sebagainya. Tips ini sangat berguna supaya kamu bisa fokus pada pekerjaan yang lebih utama ketika pekerjaan tersebut selesai.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Lingkungan Kerja Toxic

6. Hindari Sumber Distraksi

Distraksi tentu menghambat proses pengerjaan tugas sehingga lebih lama selesai. Distraksi tersebut bisa berasal dari smartphone, TV, rekan kerja, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menghindari distraksi tersebut dengan cara bekerja di tempat yang sepi, tidak memutar film sebagai background suara, dan sebagainya.

7. Manfaatkan Tools Manajemen Waktu

Membentuk kebiasaan manajemen waktu menjadi lebih mudah dengan bantuan tools yang tersedia. Ada banyak tools yang bisa digunakan, seperti to-do-list, Pomodoro timer, kalender, dan sebagainya. Manfaatkan tools tersebut sebaik mungkin agar kamu bisa menerapkan strategi manajemen waktu dengan konsisten.

Manajemen waktu yang baik tidak hanya terbentuk dalam diri karyawan, tetapi bisa pula berasal dari faktor eksternal. Barangkali kamu merasakan manajemen waktu yang buruk karena perusahaanmu tidak memberikan jadwal shift kerja yang tidak teratur. Hal itu wajar terjadi kalau tim HRD di kantormu masih menggunakan cara manual dalam membuat jadwal kerja secara manual menggunakan spreadsheet.

Beralihlah ke StaffAny yang memiliki fitur penjadwalan shift kerja secara otomatis. Jadwal shift kerja yang dibuat cukup akurat dan pasti memberikan keadilan berupa jam kerja yang sesuai untuk karyawan di perusahaanmu. Tidak hanya itu, StaffAny juga memiliki fitur absensi dan cuti sehingga karyawan bisa menghemat waktu untuk menginput clock-in dan clock-out atau mengajukan cuti hanya dalam satu aplikasi. 

Aplikasi yang serbaguna, bukan? Hubungi kami melalui WhatsApp untuk mencoba free trial aplikasi ini dan rasakan kemudahan membuat jadwal shift kerja hanya dengan StaffAny.

Sudahkah kamu memahami pentingnya manajemen waktu setelah membaca artikel ini? Jangan lupa untuk menerapkan delapan tips di atas agar kamu makin lancar dalam bekerja, ya!

pentingnya manajemen waktu, Pentingnya Manajemen Waktu dalam Pekerjaan

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Human Capital Development adalah

Apa itu Human Capital Development?

Human capital development adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Tanpa adanya human capital development yang baik, perusahaan akan kesulitan untuk melakukan

Read More »

Leave a comment