Regulasi dan Rumus Membuat Jadwal Shift Kerja

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Sedang bingung merencanakan pembagian shift kerja karyawan? Kamu bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui rumus membuat jadwal shift kerja yang teratur. Ada beberapa jenis shift kerja yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan perusahaanmu.

Pasti kamu sudah mengetahui bahwa Indonesia memiliki regulasi terkait penentuan shift kerja karyawan. Kamu perlu memahami regulasinya terlebih dahulu sebelum menjadwalkan shift kerja di perusahaan. Regulasi mengenai shift kerja tersebut tentu bermanfaat untuk menjaga kesejahteraan karyawan selama bekerja. 

Yuk, simak artikel ini agar kamu bisa membuat jadwal shift kerja yang benar.

Pengertian Shift Kerja

Istilah shift dalam bahasa Inggris berarti ‘berpindah’. Dalam hal ini, shift kerja merupakan sistem kerja dengan jadwal dan personil yang saling bergantian satu sama lain. Sistem shift kerja ini telah banyak dilakukan oleh perusahaan di bidang manufaktur, tekstil, retail, hospitality, dan food and beverages.

Ada banyak alasan perusahaan memberlakukan sistem shift kerja karyawannya. Alasan tersebut mencakup produktivitas, keamanan aset, dan memaksimalkan pelayanan pelanggan. Selain itu, shift kerja dilakukan untuk menjaga mesin agar tidak bermasalah karena harus dimatikan di luar jam kerja.

Baca juga: Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Regulasi Penentuan Shift Kerja di Indonesia

Indonesia memiliki peraturan perundang-undangan terkait penetapan shift kerja karyawan dalam perusahaan. Regulasi tersebut dibuat agar kesejahteraan karyawan tetap terjamin dan mereka tidak bekerja di luar jam kerja yang ditentukan.

Peraturan terbaru mengenai shift kerja karyawan tercantum dalam Pasal 77 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020. Regulasi ini merupakan penyesuaian dari Pasal 77 sampai 85 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Berikut peraturan mengenai shift kerja yang dijelaskan dalam UU Cipta Kerja:

  • 7 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 minggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu; atau
  • 8 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu.

Dari peraturan tersebut, perusahaan harus menerapkan sistem shift yang terdiri dari 7 atau 8 jam kerja. Contohnya, perusahaan yang menerapkan sistem 8 jam kerja harus membagi jadwal karyawan menjadi 3 shift.

Peraturan mengenai jam kerja shift tidak berlaku di segala industri. Pemerintah hanya memberlakukan sistem kerja shift untuk pekerjaan yang bergerak di bidang medis, customer service, pemadam kebakaran, pelayan di bidang hospitality (resepsionis, pelayan restoran), dan pelayan masyarakat (tentara, polisi).

download

Rumus Membuat Jadwal Shift Kerja

Berdasarkan regulasi di atas, seorang karyawan bisa bekerja selama 7 jam untuk 6 hari kerja atau 8 jam untuk 5 hari kerja. Bagaimana cara membaginya dalam jadwal shift kerja? Lihat penjelasannya dalam beberapa rumus di bawah ini.

1. 3 Shift Kerja 4 Grup

Pertama, ada model 3 shift kerja 4 grup yang lazim digunakan oleh bisnis yang beroperasi selama 24 jam. Contohnya customer service, restoran 24 jam, dan sebagainya. Karyawan bekerja selama 5 hari dan memiliki waktu 7 jam kerja dan 1 jam istirahat. Namun, karyawan akan mendapatkan hari libur yang tidak pasti. Berikut contoh tabelnya:

Nama21-27 November 2022
SeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
Era32222
Dito22111
Ani32211

Keterangan:

  • Shift 1: 08.00 – 16.00
  • Shift 2: 16.00 – 00.00
  • Shift 3: 00.00 – 08.00
  • Karyawan akan mendapatkan libur 2 hari sebelum kembali masuk ke jadwal shift 1 apabila telah bekerja selama 3 shift secara bergantian.

Baca juga: 15 Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan

2. 3 Shift Kerja 3 Grup

Rumus shift kerja ini membagi jadwal kerja karyawan selama 6 hari kerja. Mereka akan mendapatkan jadwal kerja dan hari libur yang teratur. Rumus ini biasa digunakan dalam UMKM yang masih memiliki sedikit karyawan. Karyawan akan bekerja selama 7 jam dan mendapatkan 1 jam istirahat, serta hari Minggu karyawan bekerja selama 5 jam. Begini contohnya:

Nama21-27 November 2022
SeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
Era222222
Dito333333
Ani11111

3. 2 Shift Kerja 3 Grup

Terakhir, ada rumus 2 shift kerja 3 grup yang bisa kamu gunakan untuk mengatur jadwal kerja bidang keamanan di perusahaan. Rumus ini menggunakan pola 2-2-2, yaitu 2 hari shift 1, 2 hari shift 2, dan 2 hari shift libur. Kamu bisa melihat contohnya dalam tabel di bawah ini.

Nama21-27 November 2022
SeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
Era11221
Dito21122
Ani21122

Kamu bisa memilih salah satu dari tiga rumus membuat jadwal shift kerja di atas. Namun, pembagian jadwal shift kerja akan lebih mudah kalau kamu menggunakan StaffAny. Aplikasi pengatur jadwal karyawan akan bekerja secara otomatis sehingga memudahkan pekerjaanmu dalam mengatur shift kerja mereka menjadi lebih singkat dan juga akurat.. Jadwal kerja yang dibuat nantinya juga bisa disesuaikan dengan aturan yang berlaku di perusahaanmu dan juga standar dari pemerintah Indonesia terkait pembagian shift kerja.


Tidak perlu lagi menghafal rumus di spreadsheet karena StaffAny akan membuat pekerjaanmu lebih mudah. Tertarik menggunakan StaffAny? Hubungi kami melalui WhatsApp dan dapatkan free trial aplikasinya sekarang juga! Tinggalkan rumus membuat jadwal shift kerja karyawan yang ribet dan pilihlah cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan StaffAny!

rumus membuat jadwal shift kerja, Regulasi dan Rumus Membuat Jadwal Shift Kerja

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Human Capital Development adalah

Apa itu Human Capital Development?

Human capital development adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Tanpa adanya human capital development yang baik, perusahaan akan kesulitan untuk melakukan

Read More »

Leave a comment