Apa itu F&B Bisnis yang Menjanjikan?

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa itu F&B? Istilah ini sudah tidak asing di telinga pebisnis khususnya yang bergerak di bidang kuliner. F&B sendiri merupakan kepanjangan dari Food & Beverage mengacu kepada bisnis makanan atau minuman. F&B sering disebut-sebut sebagai bisnis menjanjikan karena bisa dibuat dengan berbagai cara, bentuk dan pengemasan. Ingin tahu lebih banyak mengenai bisnis yang satu ini? Baca informasinya hingga akhir, ya! 

Apa itu Food and Beverage Service (F&B)?

F&B atau Food & Beverage Service merupakan suatu bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Industri F&B mencakup seluruh proses mulai dari persiapan, pembuatan, pengemasan, hingga penjualan makanan maupun minuman untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Tugas dan Tanggung Jawab F&B

Setelah mengetahui pengertian F&B, penting bagi Anda untuk mengetahui tugas serta tanggung jawab umum bisnis yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab terpenting dari orang-orang yang tergabung di dalam industri F&B:

  1. Mengolah bahan baku menjadi produk makanan dan minuman siap santap.
  2. Menyediakan makanan dan minuman berkualitas sesuai dengan SOP bisnis.
  3. Memberikan pelayanan yang ramah dan profesional.
  4. Mempertahankan dan selalu berupaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan bisnis.
  5. Meningkatkan pendapatan perusahaan dari segi penjualan makanan maupun minuman.

Bisnis satu ini bisa kita temukan di mana saja. Meskipun sudah banyak dibuka tetapi kamu masih bisa menekuni bisnis F&B. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok umat manusia yang tidak boleh ditinggalkan. 

Semakin banyak bisnis makanan dan minuman justru akan semakin baik. Bisnis F&B yang baru dibuka pasti disambut hangat karena masyarakat dapat memilih menu baru untuk makan siang dan malam. Memang benar bahwa kompetitor dalam bisnis F&B sangat banyak tetapi bukan hal yang mustahil untuk dapat bertahan di dalamnya. Jadi jangan takut gagal karena banyaknya pesaing. Lakukan saja semua yang bisa dilakukan dengan baik.

Bagaimana Peluang F&B di Indonesia?

peluang f b

Peluang F&B di Indonesia tergolong besar. Hal ini dibuktikan dari data Kementerian Dalam Negeri yang menunjukkan penambahan jumlah penduduk hingga 2 juta orang per akhir 2021. Jumlah tersebut menjadikan total penduduk Indonesia sebesar 273.879.750 orang. 

Tidak hanya demikian, sektor industri F&B bahkan merupakan salah satu sektor industri yang mengalami pertumbuhan paling pesat di Indonesia. Perkembangan ini didukung dengan perubahan kecenderungan gaya hidup masyarakat yang mengutamakan kualitas, efisiensi, dan juga kecepatan penyajian makanan.

Banyaknya jumlah penduduk Indonesia juga memberikan peluang bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungannya di industri F&B. Dengan pertumbuhan penduduk yang pesat, maka semakin tinggi pula permintaan untuk produk makanan dan minuman serta pelayanan yang berkualitas.

3 Alasan Bisnis Food and Beverage Service Cocok untuk Anda

Selain peluangnya yang besar, bisnis satu ini sangat cocok untuk kamu para pemula ketika ingin merintis usaha. Ada tiga alasan mengapa bisnis ini cocok bagi pemula yaitu karena:

1. Bisnisnya Fleksibel

Bisnis F&B dikatakan fleksibel karena bisa dilakukan oleh siapa saja dan dapat diatur sesuai keinginan. Punya banyak ide untuk membuat bisnis F&B tetapi takut kalah bersaing? Tentu kamu tidak harus merasa demikian. Memiliki berbagai ide bisnis justru sangat bagus. Ide-ide tersebut akan menjadikan kamu berbeda dan autentik dari kompetitor lainnya. 

Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai tren yang selalu berubah karena nyatanya perubahan ini akan membuka pintu-pintu kesempatan. Adanya perubahan tren yang sangat cepat menuntut kamu untuk siap beradaptasi dalam segala keadaan. Selalu berpikir kreatif serta membuat perencanaan untuk masa depan menjadi kunci pertahanan. 

Kamu bisa berkreasi dengan bahan makanan apa pun untuk menciptakan menu baru yang diminati oleh masyarakat. Jangan lupa untuk terus mencari informasi terkait tren dan kesukaan pelanggan. Keduanya akan menjadi alat bantu membawa bisnis kamu naik ke level lebih tinggi. 

2. Perkembangan Teknologi Tergolong Pesat

Perkembangan teknologi yang pesat membuka peluang bisnis F&B untuk bisa menjadi semakin besar. Jika dahulu penjualan makanan dan minuman terbatas pada brosur serta cerita orang dari mulut ke mulut. Sekarang semuanya bisa dilakukan dengan mudah secara online. Kemajuan ini memperluas kesempatan bagi setiap orang untuk memasarkan produknya. 

Wilayah tempat tinggal tidak lagi menjadi batasan. Kamu bahkan bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Coba bayangkan jika bisnis F&B kamu berhasil menjangkau 273.879.750 orang, berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan? Sangat banyak, bukan? 

Keberadaan teknologi canggih juga mampu mengurangi biaya operasional serta memudahkan pengiriman. Kini kamu tidak perlu pusing menyewa kurir atau mengantar makanan dan minuman sendiri. Sudah ada jasa pengiriman yang siap melakukan pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia. 

Cukup daftarkan bisnis ke berbagai jasa pengiriman dan voila! Semuanya akan selesai tanpa harus kamu pusingkan. Biaya pengiriman dan pemasaran jadi bisa dialokasikan untuk kebutuhan produksi atau sebagai simpanan modal pada masa depan. 

3. Peluangnya Selalu Terbuka

Tren dan perkembangan teknologi terus berjalan akan menciptakan pintu peluang yang selalu terbuka. Berbagai kesempatan untuk bisnis berkembang tentu perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

Namun bukan masalah jika kamu tidak bisa mengambil kesempatan tersebut karena berbagai alasan. Ingatlah bahwa pintu akan selalu terbuka bagi bisnis kamu. Jangan merasa puas saat bisnis F&B sudah mulai stabil. Terus cari menu baru yang inovatif dan kreatif supaya bisnis kamu semakin berkembang. 

3 Tips Memulai Bisnis F&B

Ingin berhasil dalam memulai bisnis F&B? Berikut beberapa tips praktis yang bisa kamu terapkan. 

tips memulai bisnis f b

1. Buat Rencana Cadangan

Buatlah rencana terkait produk yang akan dikeluarkan dan pemasarannya. Jangan hanya satu tetapi buatlah beberapa cadangan rencana supaya kamu memiliki banyak pilihan pada masa mendatang.

Membuat rencana cadangan akan sangat berguna dalam bisnis F&B. Masih ingat bahwa bisnis ini memiliki tren yang cepat berubah, bukan? Keberadaan rencana cadangan bisa membantu kamu beradaptasi dalam perubahan tren tersebut. 

2. Bangun Tim yang Solid

Mustahil membuat bisnis F&B berkembang dan bertahan tanpa adanya tim yang solid. Kamu tidak hanya membutuhkan orang-orang dengan komitmen tinggi tetapi juga perlu memiliki keterampilan mumpuni. Jika aspek-aspek tersebut sudah terpenuhi maka bisnis kamu pasti dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan. 

3. Selalu Cari Ide Baru yang Kreatif

Selalu cari ide baru yang kreatif dan inovatif. Ide seperti ini harus kamu miliki supaya bisnis tidak stagnan. Jangan berhenti ketika bisnis mulai stabil. Mulailah mencari ide baru untuk mengembangkannya. Ide yang dikumpulkan tidak harus langsung dieksekusi. Kumpulkan saja semua ide yang bisa kamu dapatkan. 

Jika waktunya tepat dan modal untuk mengembangkan bisnis sudah tersedia, barulah kamu mulai mengeksekusinya. Ajak seluruh tim untuk berdiskusi dan berpendapat sehingga beban berat dapat menjadi ringan. Siapa tahu tim di bawah kamu memiliki ide brilian yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Semakin banyak orang mengeluarkan ide maka semakin banyak juga pilihan yang bisa diambil.

Setelah membaca informasi di atas apakah kamu sudah memahami apa itu F&B? Sudah jelas bahwa F&B merupakan bisnis yang memiliki peluang besar. Kamu hanya perlu membuat perencanaan dan perhitungan yang matang sebagai permulaan. Sudah memiliki bisnis F&B dan ingin mengembangkannya? Kalau begitu ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan performa dengan menggunakan aplikasi HRD dari StaffAny. 

Aplikasi HRD yang satu ini akan membuat seluruh urusan administrasi selesai dalam waktu singkat. Terdapat seluruh fitur untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti penjadwalan, absen, timesheet, hingga laporan real time. Kamu dapat mengakses semuanya dari genggaman tangan. Kamu bahkan bisa mencoba aplikasi ini secara gratis dengan mendaftar Start Up Plan sekarang juga. Silakan kunjungi website StaffAny untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. 

apa itu f b, Apa itu F&B Bisnis yang Menjanjikan?

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment