Apa itu F&B dan Bagaimana Peluangnya di Indonesia?

Table of Contents

Apa kamu pernah mendengar istilah F&B? Bagi para pebisnis yang bergerak di sektor kuliner barangkali sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. F&B service sering disebut-sebut sebagai bisnis yang menjanjikan karena bisa dibuat dengan berbagai cara, bentuk dan pengemasan.

Ingin tahu lebih banyak mengenai apa ituF&B? Seperti apa tugas dan tanggung jawab F&B service? Dan bagaimana peluang bisnis ini di Indonesia? Baca informasinya hingga akhir, ya! 

Apa itu F&B?

F&B atau Food and Beverage merupakan bisnis yang bergerak di bidang pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara profesional dan bersifat komersial.

Industri F&B service ini mencakup keseluruhan proses pelayanan mulai dari persiapan, pembuatan, pengemasan, hingga penjualan makanan atau minuman.

Tugas dan Tanggung Jawab F&B

Setelah mengetahui pengertian apa itu F&B, selanjutnya penting bagi kamu untuk mengetahui tugas serta tanggung jawab umum bisnis yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab terpenting dari orang-orang yang tergabung di dalam industri F&B:

  1. Mengolah bahan baku menjadi produk makanan dan minuman siap santap.
  2. Menyajikan makanan dan minuman berkualitas sesuai dengan SOP bisnis.
  3. Memberikan pelayanan yang ramah dan profesional.
  4. Mempertahankan dan selalu berupaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan bisnis.
  5. Meningkatkan pendapatan perusahaan dari segi penjualan makanan maupun minuman.

Bisnis satu ini bisa kita temukan di mana saja. Meskipun sudah banyak dibuka tetapi kamu masih bisa menekuni usaha F&B. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok umat manusia yang tidak boleh ditinggalkan. 

Semakin banyak bisnis makanan dan minuman justru akan semakin baik. Biasanya usaha F&B yang baru dibuka pasti disambut hangat karena masyarakat dapat memilih menu baru untuk makan siang dan malam.

Baca juga: Mengenal SOP Kerja: Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Tips Menyusunnya

Bagaimana Peluang F&B di Indonesia?

peluang bisnis F&B
Bar merupakan salah satu bentuk bisnis F&B

Peluang F&B di Indonesia tergolong besar. Hal ini dibuktikan dari data Kementerian Dalam Negeri yang menunjukkan penambahan jumlah penduduk hingga 2 juta orang per akhir 2021. Jumlah tersebut menjadikan total penduduk Indonesia sebesar 273.879.750 orang. 

Tidak hanya demikian, sektor industri F&B bahkan merupakan salah satu sektor industri yang mengalami pertumbuhan paling pesat di Indonesia. Perkembangan ini didukung dengan perubahan kecenderungan gaya hidup masyarakat yang mengutamakan kualitas, efisiensi, dan juga kecepatan penyajian makanan.

Banyaknya jumlah penduduk Indonesia juga memberikan peluang bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungannya di industri F&B. Dengan pertumbuhan penduduk yang pesat, maka semakin tinggi pula permintaan untuk produk makanan dan minuman serta pelayanan yang berkualitas.

3 Alasan Bisnis Food and Beverage Service Cocok untuk Kamu

Selain peluangnya yang besar, bisnis satu ini sangat cocok untuk kamu para pemula ketika ingin merintis usaha. Ada tiga alasan mengapa bisnis ini cocok bagi pemula di antarany:

1. Bisnis F&B Fleksibel

Bisnis F&B bisa dikatakan fleksibel karena dapat dilakukan oleh siapa saja dan dapat diatur sesuai keinginan. .Memiliki berbagai ide bisnis adalah kunci. Ide-ide tersebut akan menjadikan kamu berbeda dan autentik dari kompetitor lainnya. 

Kamu bisa berkreasi dengan bahan makanan apa pun untuk menciptakan menu baru yang diminati oleh masyarakat. Jangan lupa untuk terus mencari informasi terkait tren dan kesukaan konsumen. Keduanya akan menjadi alat bantu membawa bisnis kamu naik ke level lebih tinggi. 

2. Perkembangan Teknologi Tergolong Pesat

Perkembangan teknologi yang pesat membuka peluang F&B service untuk bisa menjadi semakin besar. Jika dahulu penjualan makanan dan minuman terbatas pada brosur serta cerita orang dari mulut ke mulut. Sekarang semuanya bisa dilakukan dengan mudah secara online. Kemajuan ini memperluas kesempatan bagi setiap orang untuk memasarkan produknya.  

Keberadaan teknologi canggih juga mampu mengurangi biaya operasional serta memudahkan pengiriman. Kini kamu tidak perlu pusing menyewa kurir atau mengantar makanan dan minuman sendiri. Sudah ada jasa pengiriman yang siap melakukan pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia. 

Cukup daftarkan bisnis ke berbagai jasa pengiriman dan voila! Semuanya akan selesai tanpa harus kamu pusingkan. Biaya pengiriman dan pemasaran jadi bisa dialokasikan untuk kebutuhan produksi atau sebagai simpanan modal pada masa depan. 

3. Peluangnya Selalu Terbuka

Tren dan perkembangan teknologi terus berjalan akan menciptakan pintu peluang yang selalu terbuka. Berbagai kesempatan untuk bisnis berkembang tentu perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

Namun bukan masalah jika kamu tidak bisa mengambil kesempatan tersebut karena berbagai alasan. Ingatlah bahwa pintu akan selalu terbuka bagi bisnis kamu. Jangan merasa puas saat bisnis F&B sudah mulai stabil. Terus cari menu baru yang inovatif dan kreatif supaya bisnis kamu semakin berkembang. 

Baca juga: 10 Permasalahan UMKM yang Sering Ditemui & Solusinya

5 Jenis-jenis F&B Services

Sebelum membahas tips untuk menjalankan bisnis F&B, ada baiknya kamu mengetahui dulu jenis-jenis pelayanan yang disediakan dalam bisnis Food and Beverage Service. Berikut ini penjelasannya.

1. Room Service

Jenis layanan pertama dalam bisnis F&B ini adalah room service. Bentuk service ini bertugas untuk melayani pelanggan terutama di dunia perhotelan dengan mengantarkan makan dan minum kedalam kamar tamu setelah pelanggan memesannya dengan menghubungi restoran yang berada di hotel.

2. Restoran

Jenis pelayanan selanjutnya dalam F&B service adalahrestoran. Para pramusaji (waiter/waitress) memiliki tugas untuk memberikan pelayanan makanan dan minuman bagi para pelanggan yang berkunjung. Para pelayan restoran juga bertugas untuk memenuhi kebutuhan restoran seperti membersihkan meja makan serta merapihkan susunan meja dan kursi makan.

3. Banquet

Salah satu jenis F&B service adalah banquet. Banquet merupakan bentuk pelayanan makanan dan minuman yang disajikan pada acara-acara tertentu. Layanan Banquet juga dapat menyediakan tempat atau ruang serba guna untuk dijadikan lokasi acara.

4. Bar

Bar juga merupakan bagian dari Food and Beverage Departement yang menyiapkan dan menyediakan berbagai minuman. Minum yang ada di bar bisa beralkohol dan non-alkohol. Semua jenis minuman bisa dikonsumsi secara langsung di bar itu sendiri atau tidak untuk takeaway. Bar ini sendiri memiliki bentuk spot kecil atau konter minuman.

5. Steward

Untuk steward ini tergolong sebagai sub-seksi food and beverage product. Tugas dari steward ini mengurus semua alat makan di restoran maupun alat masak yang ada di bagian dapur hotel.

Baca juga: Struktur Organisasi F&B Service Beserta Tugasnya Masing-Masing

3 Tips Memulai Bisnis F&B

Ingin berhasil dalam memulai bisnis F&B? Berikut beberapa tips praktis yang bisa kamu terapkan. 

tips memulai bisnis f b
Restoran Hotel merupakan bisnis F&B paling umum diketahui

1. Buat Rencana Cadangan

Buatlah rencana terkait produk yang akan dikeluarkan dan pemasarannya. Jangan hanya satu tetapi buatlah beberapa cadangan rencana supaya kamu memiliki banyak pilihan pada masa mendatang.

Membuat rencana cadangan akan sangat berguna dalam bisnis F&B. Masih ingat bahwa bisnis ini memiliki tren yang cepat berubah, bukan? Keberadaan rencana cadangan bisa membantu kamu beradaptasi dalam perubahan tren tersebut. 

Baca juga: 5 Manfaat Business Plan dalam Bisnis

2. Bangun Tim yang Solid

Mustahil membuat bisnis F&B berkembang dan bertahan tanpa adanya tim yang solid. Kamu tidak hanya membutuhkan orang-orang dengan komitmen tinggi tetapi juga perlu memiliki keterampilan mumpuni.

Jika aspek-aspek tersebut sudah terpenuhi maka bisnis kamu pasti dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan sekaligus meningkatkan reputasi.

3. Selalu Cari Ide Baru yang Kreatif

Selalu cari ide baru yang kreatif dan inovatif. Ide seperti ini harus kamu miliki supaya bisnis tidak stagnan. Jangan berhenti ketika bisnis mulai stabil. Mulailah mencari ide baru untuk mengembangkannya. Ide yang dikumpulkan tidak harus langsung dieksekusi. Kumpulkan saja semua ide yang bisa kamu dapatkan. 

Jika waktunya tepat dan modal untuk mengembangkan bisnis sudah tersedia, barulah kamu mulai mengeksekusinya. Ajak seluruh tim untuk berdiskusi dan berpendapat sehingga beban berat dapat menjadi ringan. Semakin banyak orang mengeluarkan ide maka semakin banyak juga pilihan yang bisa diambil.

Setelah membaca informasi di atas apakah kamu sudah memahami apa itu F&B? Sudah jelas bahwa F&B merupakan bisnis yang memiliki peluang besar. Kamu hanya perlu membuat perencanaan dan perhitungan yang matang sebagai permulaan.

Solusi StaffAny untuk Bisnis F&B

Sudah memiliki bisnis F&B dan ingin mengembangkannya? Kalau begitu ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan performa tim kamu dengan menggunakan aplikasi HRD dari StaffAny. 

Aplikasi HRD yang satu ini akan membuat seluruh urusan administrasi selesai dalam waktu singkat. Terdapat seluruh fitur untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti penjadwalan, absen, timesheet, hingga laporan real time.

Kamu dapat mengakses semuanya dari genggaman tangan. Kamu bahkan bisa mencoba aplikasi ini secara gratis dengan mendaftar Start Up Plan sekarang juga. Silakan kunjungi website StaffAny untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment