Inilah Struktur Organisasi F&B Service Beserta Tugas Masing-Masing

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apabila bekerja di bidang F&B service, maka kamu wajib sekali untuk mengetahui struktur organisasi F&B service. Biasanya, setiap bisnis yang bergerak di bidang makanan, perhotelan, dan leisure memiliki departemen F&B service di dalamnya.

Agar dapat memahami struktur organisasi F&B service dengan lebih dalam lagi. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu F&B Service?

F&B service merupakan salah satu departemen yang biasanya ada di industri makanan, perhotelan, dan leisure yang berorientasi pada pelayanan. F&B service sendiri memang biasanya menjadi bagian dari bisnis seperti hotel, tempat pariwisata besar, dan bisnis sejenis lainnya, tetapi dapat juga dijalankan sebagai bisnis mandiri seperti restoran, kafe, dan bisnis sejenis lainnya.

Apa Itu F&B Service

Anggota tim F&B service diharuskan untuk melakukan berbagai macam tugas yang meliputi persiapan layanan, menyapa para tamu, menerima pesanan mereka, menyelesaikan tagihan, dan melakukan berbagai tugas lainnya setelah para tamu pergi. Maka dari itu, setiap anggota tim F&B service harus melalui pelatihan khusus terlebih dahulu sebelum bergabung.

Baca juga: 8 Permasalahan UMKM yang Sering Ditemui dan Solusinya

Bidang Pelayanan F&B Service

Departemen F&B service memiliki beberapa bidang pelayanan yang mereka layani. Biasanya, setiap hotel atau tempat wisata akan memiliki bidang pelayanan F&B service yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa bidang pelayanan F&B service yang paling umum.

  1. Restoran

Hampir semua hotel dan tempat pariwisata, terutama yang besar, sudah pasti memiliki restoran di dalamnya. Restoran ini merupakan bagian dari F&B service yang dikelola secara komersial untuk melayani kebutuhan makanan dan minuman dari setiap konsumen yang datang.

  1. Bar

Selain restoran, setiap hotel besar, terutama yang bintang lima, sudah pasti memiliki bar. Biasanya, bar ini akan berupa sebuah tempat maupun konter minuman. Bar sendiri menyajikan minuman beralkohol seperti wine, beer, hingga cocktails untuk diminum langsung di tempat.

  1. Coffee Shop atau Kafe

Walau jarang ditemui, tetapi biasanya hotel atau tempat pariwisata yang cukup besar akan menyediakan coffee shop atau kafe di dalamnya. Seperti namanya, coffee shop atau kafe ini menyediakan kopi, atau terkadang ada teh juga, dan makanan. Berbeda dengan restoran yang menyajikan makanan berat, biasanya coffee shop atau kafe ini menyajikan makanan ringan dan camilan.

Coffee Shop atau Kafe
  1. Banquet

Banquet adalah tempat perjamuan mewah yang biasanya berada di ruangan yang cukup besar. Setiap hotel bintang lima sudah pasti memiliki banquet ini untuk keperluan acara formal seperti pesta pernikahan hingga pesta perjamuan. Ketika kamu hendak menyewa banquet, biasanya anggota tim F&B service lah yang akan mengurus segalanya, mulai dari makanan hingga dekorasinya.

  1. Steward

Steward merupakan salah satu divisi dari F&B service yang bertugas untuk mengurus segala peralatan bagian F&B, mulai dari restoran, bar, kafe, hingga banquet. Selain itu, steward juga bertugas untuk menjaga kebersihan dapur.

  1. Room Service

Room service merupakan bagian F&B service yang menyediakan layanan makanan dan minuman untuk tamu di ruangannya. Jadi, jika tamu ingin memesan makanan atau minuman tetapi tidak ingin keluar kamar, tamu tersebut dapat menghubungi room service dan pesanannya akan diantar langsung ke ruangannya.

Baca juga: 5 Perbedaan Bos dan Leader, Mana yang Baik untuk Perusahaan?

Struktur Organisasi F&B Service dan Tugas Setiap Posisi

Anggota departemen F&B service bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman yang tepat seperti yang diinginkan oleh para tamu. Departemen ini terdiri dari posisi-posisi berikut ini:

  1. F&B Manager
  2. Assistant F&B Manager
  3. (Bidang Pelayanan, contoh: Restoran atau Bar) Manager
  4. Assistant Manager (Bidang Pelayanan)
  5. Supervisor
  6. Head Waiter/Captain/Sommelier/Hostess
  7. Waiter/Waitress
  8. Steward

Berikut ini adalah gambaran mengenai struktur organisasi F&B service.

Struktur Organisasi F&B Service dan Tugas Setiap Posisi

Setiap posisi yang ada di dalam struktur organisasi F&B service di atas memiliki tugas yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tugas-tugas dari setiap posisi.

  1. F&B Manager

F&B Manager adalah pimpinan dari departemen F&B service. Berikut ini adalah tugas-tugas dari F&B Manager:

  1. Memastikan tercapainya profit margin pada setiap periode keuangan dari masing-masing divisi yang ada di dalam departemen F&B service.
  2. Merencanakan menu untuk berbagai area layanan yang berhubungan dengan dapur.
  3. Membeli bahan dan peralatan untuk departemen F&B service.
  4. Menyiapkan rincian anggaran untuk semua divisi yang berada di bawah naungannya.
  5. Merumuskan peraturan yang dapat membuat semua pekerjaan berjalan lancar, menjamin kesejahteraan karyawan, serta tidak merugikan perusahaan.
  6. Menjadi jembatan untuk berkomunikasi antara karyawan di level bawah dan pimpinan tertinggi, seperti manajemen hotel sehingga dapat menyampaikan aspirasi tenaga kerja.

Pada dasarnya, F&B Manager mengurus segala urusan dari departemen F&B service dalam gambaran besar.

Baca juga: Memahami Pengertian dan Tujuan Utama Lean Startup

  1. Assistant F&B Manager

Assistant F&B Manager dapat disebut sebagai tangan kanan langsung dari F&B Manager. Artinya, ketika F&B Manager sedang berhalangan, maka Assistant F&B Manager adalah orang yang memimpin departemen F&B service ini. Jadi, tugas-tugas dari Assistant F&B Manager sama seperti F&B Manager. Bedanya adalah Assistant F&B Manager lebih mengurus ke urusan harian, bukan urusan dalam gambaran besar.

  1. (Bidang Layanan) Manager

Manager bidang layanan bertugas untuk menjaga keseluruhan fungsi divisi yang dipimpinnya. Berikut ini adalah tugas-tugas manajer bidang layanan:

  1. Mengelola fungsi di divisi bidang layanannya.
  2. Memesan bahan atau peralatan yang dibutuhkan bidang layanannya.
  3. Mengecek persediaan.
  4. Mengawasi, melatih, merawat, dan mengevaluasi bawahannya.
  5. Menyiapkan laporan staf dan penjualan.
  6. Mengelola anggaran bidang layanannya.
  7. Menangani penjualan harian dan berkoordinasi dengan kasir.
  8. Menindaklanjuti tugas setiap bawahannya dengan menerima umpan balik tamu dan mengirimkannya ke F&B Manager.
  9. Berpartisipasi dalam rapat departemen.
  10. Merencanakan menu dan harganya.
  11. Menangani dekorasi.
  12. Menangani keluhan tamu.
  13. Menyediakan permintaan khusus tamu.

Kurang lebih, setiap manajer bidang layanan akan memiliki tugas-tugas di atas. Sesuaikan saja dengan bidang layanan yang dipimpinnya.

  1. Assistant (Bidang Layanan) Manager

Asisten manajer bidang layanan memiliki tugas yang sama seperti Assistant F&B Manager, yaitu untuk mengurus segala urusan bidang layanan ketika manajer sedang berhalangan.

  1. Anggota Tim Bawahan

Anggota lain seperti Supervisor, Captain, Sommelier, Hostess, Waiter, Waitress, dan Steward memiliki fungsi yang sama seperti manajer bidang layanannya. Bedanya, mereka hanya menangani bagian yang bukan administrasi saja, seperti mengantar makanan, menghadapi keluhan tamu, dan lain sebagainya.

Baca juga: 3 Cara Membuat Slip Gaji dengan Rapi

Untuk membantu agar seluruh anggota yang ada di dalam struktur organisasi F&B service dapat bekerja dengan lebih baik, perusahaan dapat coba menggunakan aplikasi pengatur jadwal karyawan seperti StaffAny. Sistem penjadwalan karyawan yang modern dari StaffAny dapat membantu perusahaan merencanakan jadwal kerja dengan cepat serta membantu mengatur biaya operasional perusahaan dari mana pun dan kapan pun. Yuk gunakan StaffAny sekarang juga!

struktur organisasi f&b service, Inilah Struktur Organisasi F&B Service Beserta Tugas Masing-Masing

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment