Inilah Struktur Organisasi F&B Service Beserta Tugas Masing-Masing

Table of Contents

Apabila kamu ingin bekerja di bidang Food and Beverage service (F&B), maka wajib sekali untuk mengetahui struktur organisasi F&B service. Biasanya, setiap bisnis yang bergerak di bidang pelayanan makanan dan minuman, bar, cafe, maupun perhotelan memiliki departemen F&B service.

Agar dapat memahami seperti apa struktur organisasi F&B service beserta tugas pokok dan fungsinya masing-masing, silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Food and Beverage Service?

Food and Beverage Service atau sering disingkat F&B merupakan salah satu departemen yang biasanya ada di industri makanan dan minuman, perhotelan, dan rumah makan yang berorientasi pada pelayanan.

F&B service sendiri memang biasanya menjadi bagian dari bisnis seperti hotel, tempat pariwisata besar, dan bisnis sejenis lainnya, tetapi dapat juga dijalankan sebagai bisnis mandiri seperti restoran, kafe, dan bisnis sejenis lainnya.

Apa Itu F&B Service
Pramusaji menyiapkan minuman bagi para tamu

Anggota tim F&B service diharuskan melakukan berbagai macam tugas dan tanggung jawab yang sesuai SOP meliputi persiapan layanan, menyapa para tamu, menerima pesanan mereka, menyelesaikan tagihan, dan melakukan berbagai tugas lainnya setelah para tamu pergi.

Maka dari itu, setiap anggota tim F&B service harus melalui pelatihan khusus terlebih dahulu sebelum bergabung ke dalam tim departemen Food and Beverage Service.

Baca juga: Mengenal SOP Kerja: Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Tips Menyusunnya

Apa Saja Bidang Pelayanan F&B Service?

Food Beverage Department memiliki beberapa bidang pelayanan yang mereka layani. Biasanya, setiap hotel atau tempat wisata akan memiliki bidang pelayanan F&B service yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa bidang pelayanan F&B service yang paling umum.

1. Restoran

Hampir semua hotel dan tempat pariwisata, terutama yang besar, sudah pasti memiliki restoran di dalamnya. Restoran ini merupakan bagian dari F&B service yang dikelola secara komersial untuk melayani kebutuhan makanan dan minuman dari setiap konsumen yang datang.

2. Bar

Selain restoran, setiap hotel besar, terutama yang bintang lima, sudah pasti memiliki bar. Biasanya, bar ini akan berupa sebuah konter minuman. Bar sendiri menyajikan minuman beralkohol seperti wine, beer, hingga cocktails untuk diminum langsung di tempat.

3. Coffee Shop atau Kafe

Walau jarang ditemui, tetapi biasanya hotel atau tempat pariwisata yang cukup besar akan menyediakan coffee shop atau kafe di dalamnya. Seperti namanya, coffee shop ini menyediakan kopi, atau terkadang ada teh juga, dan makanan. Berbeda dengan restoran yang menyajikan makanan berat, biasanya coffee shop atau kafe ini menyajikan makanan ringan dan camilan.

Barista di sebuah Coffee Shop
Barista di sebuah Coffee Shop

4. Banquet

Banquet adalah tempat perjamuan mewah yang biasanya berada di ruangan yang cukup besar. Setiap hotel bintang lima sudah pasti memiliki banquet ini untuk keperluan acara formal seperti pesta pernikahan hingga pesta perjamuan. Ketika kamu hendak menyewa banquet, biasanya anggota tim F&B service lah yang akan mengurus segalanya, mulai dari makanan hingga dekorasinya.

5. Steward

Steward merupakan salah satu divisi dari F&B service yang bertugas untuk mengurus segala peralatan bagian F&B, mulai dari restoran, bar, kafe, hingga banquet. Selain itu, steward juga bertugas untuk menjaga kebersihan dapur.

6. Room Service

Room service merupakan bagian F&B service yang menyediakan layanan makanan dan minuman untuk tamu di ruangannya. Jadi, jika tamu ingin memesan makanan atau minuman tetapi tidak ingin keluar kamar, tamu tersebut dapat menghubungi room service dan pesanannya akan diantar langsung ke ruangannya.

Baca juga: Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan Startup bidang F&B

StaffAny

Struktur Organisasi Food and Beverage

Anggota departemen F&B service bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman yang tepat seperti yang diinginkan oleh para tamu. Departemen ini terdiri dari posisi-posisi berikut ini:

  1. F&B Manager
  2. Assistant F&B Manager
  3. Manajer Bidang Pelayanan
  4. Assistant Manager Bidang Pelayanan
  5. Supervisor
  6. Head Waiter/Captain/Sommelier/Hostess
  7. Waiter/Waitress
  8. Steward

Berikut ini adalah gambaran mengenai struktur organisasi F&B service.

Struktur Organisasi F&B Service dan Tugas Setiap Posisi
Struktur Organisasi F&B Service dan Tugas Setiap Posisi

Setiap posisi yang ada di dalam struktur organisasi F&B service di atas memiliki tugas yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tugas-tugas dari setiap posisi.

1. F&B Manager

F&B Manager adalah pimpinan dari departemen F&B service. Berikut ini adalah tugas-tugas dari F&B Manager:

  1. Memastikan tercapainya profit margin pada setiap periode keuangan dari masing-masing divisi yang ada di dalam departemen F&B service.
  2. Merencanakan menu untuk berbagai area layanan yang berhubungan dengan dapur.
  3. Membeli bahan dan peralatan untuk departemen F&B service.
  4. Menyiapkan rincian anggaran untuk semua divisi yang berada di bawah naungannya.
  5. Merumuskan peraturan yang dapat membuat semua pekerjaan berjalan lancar, menjamin kesejahteraan karyawan, serta tidak merugikan perusahaan.
  6. Menjadi jembatan untuk berkomunikasi antara karyawan di level bawah dan pimpinan tertinggi, seperti manajemen hotel sehingga dapat menyampaikan aspirasi tenaga kerja.

Pada dasarnya, F&B Manager mengurus segala urusan dari departemen F&B service dalam gambaran besar.

Baca juga: Pentingnya Standar Operasional Prosedur F&B Service

2. Assistant Food Beverage Manager

Assistant F&B Manager dapat disebut sebagai tangan kanan langsung dari F&B Manager. Artinya, ketika F&B Manager sedang berhalangan, maka Assistant F&B Manager adalah orang yang memimpin departemen F&B service ini.

Jadi, tugas-tugas dari Assistant F&B Manager sama seperti F&B Manager. Bedanya adalah Assistant F&B Manager lebih mengurus ke urusan harian, bukan urusan dalam gambaran besar.

3. Manajer Bidang Layanan

Manajer bidang layanan bertugas untuk menjaga keseluruhan fungsi divisi yang dipimpinnya. Berikut ini adalah tugas-tugas manajer bidang layanan:

  1. Mengelola fungsi divisi bidang layanannya.
  2. Memesan bahan atau peralatan yang dibutuhkan bidang layanannya.
  3. Mengecek persediaan.
  4. Mengawasi, melatih, merawat, dan mengevaluasi bawahannya.
  5. Menyiapkan laporan staf dan penjualan.
  6. Mengelola anggaran bidang layanannya.
  7. Menangani penjualan harian dan berkoordinasi dengan kasir.
  8. Menindaklanjuti tugas setiap bawahannya dengan menerima umpan balik tamu dan mengirimkannya ke F&B Manager.
  9. Berpartisipasi dalam rapat departemen.
  10. Merencanakan menu dan harganya.
  11. Menangani dekorasi.
  12. Menangani keluhan tamu.
  13. Menyediakan permintaan khusus tamu.

Kurang lebih, setiap manajer bidang layanan akan memiliki tugas-tugas di atas. Sesuaikan saja dengan bidang layanan yang dipimpinnya.

4. Assistant Manager Bidang Layanan

Asisten manajer bidang layanan memiliki tugas yang sama seperti Assistant F&B Manager, yaitu untuk mengurus segala urusan bidang layanan ketika manajer sedang berhalangan.

5. Anggota Tim Bawahan

Anggota lain seperti Supervisor, Captain, Sommelier, Hostess, Waiter, Waitress, dan Steward memiliki fungsi yang sama seperti manajer bidang layanannya. Bedanya, mereka hanya menangani bagian yang bukan administrasi saja, seperti mengantar makanan, menghadapi keluhan tamu, dan lain sebagainya.

Untuk membantu agar seluruh anggota yang ada di dalam struktur organisasi F&B service dapat bekerja dengan lebih baik, perusahaan dapat coba menggunakan aplikasi pengatur jadwal karyawan dari StaffAny.

Sistem penjadwalan karyawan yang modern dari StaffAny ini dapat membantu perusahaan merencanakan jadwal kerja dengan cepat serta membantu mengatur biaya operasional perusahaan dari mana pun dan kapan pun. Yuk gunakan StaffAny sekarang juga!

Beberapa Pertanyaan Umum Terkait Food and Beverage Service

Berikut ini beberapa pertanyaan terkait Food and Beverage Service, di antaranya:

Apa Saja Bagian F&B service?

  1. F&B Manager
  2. Assistant F&B Manager
  3. Manajer Bidang Pelayanan
  4. Assistant Manager Bidang Pelayanan
  5. Supervisor
  6. Head Waiter/Captain/Sommelier/Hostess
  7. Waiter/Waitress
  8. Steward

Apa Tugas F&B service?

Food & Beverage Service mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu dan dikelola secara komersial serta profesional.

Apa Saja Langkah-Langkah F&B Service?

1. Memastikan Kebersihan Pelayan

2. Menyambut Tamu

3. Memberikan Menu

4. Mencatat Pesanan

5. Menyajikan Makanan

6. Memberikan Tagihan

7. Membersihkan Meja

8. Melayani Keluhan Tamu

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment