Mengulas Lengkap 7 Market Penetration Strategy

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Semua aspek bisnis memerlukan penghitungan dan analisis matang sebelum dieksekusi supaya tidak mengalami kegagalan. Perusahaan melakukan analisis pasar dahulu sebelum menentukan strategi pemasaran (marketing). Market penetration strategy adalah serangkaian strategi analisis pasar yang wajib dilakukan oleh pebisnis ketika memilih strategi pemasaran.

Pengusaha harus memahami seluk-beluk tentang penetrasi pasar jika ingin usahanya berhasil. Mereka juga harus mengetahui strategi dan cara mengukurnya agar bisa menentukan strategi pemasaran yang akurat. Yuk, baca artikel StaffAny ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang penetrasi pasar.

Mengenal Penetrasi Pasar

mengenal market penetration strategy

Penetrasi pasar atau market penetration yakni cara mengukur perbandingan antara jumlah produk barang atau jasa digunakan oleh konsumen dan jumlah komoditas atau produk yang mampu dihasilkan oleh suatu bisnis. Analisis ini berguna untuk memperkirakan cakupan pangsa pasar terhadap produk atau jasa sebuah bisnis. 

Bisnis baru dalam suatu industri memiliki peluang mendapatkan sejumlah pelanggan apabila nilai total produknya cukup besar. Hasil penghitungan penetrasi pasar juga bermanfaat untuk memperkirakan potensi pertumbuhan industri sehingga bisnis mampu terus beroperasi dan mencari peluang baru di dalamnya. Pemantauan penetrasi pasar harus dilakukan setiap kali meluncurkan strategi pemasaran supaya kamu bisa mengetahui adanya perkembangan atau penurunan bisnismu secara teratur.

Kamu dapat memahami konsep penetrasi pasar melalui ilustrasi ini. Seorang pengusaha ingin mendirikan bisnis thrift shop dan mempromosikan produknya di media sosial lewat fitur live streaming. Pengusaha tersebut telah melakukan riset dan memperoleh hasilnya, yaitu 1.000 orang tertarik membeli baju tersebut. Namun, dia hanya mampu menjual 500 baju per minggu sesuai jumlah stoknya karena modalnya masih terbatas.

Penetrasi pasar dihitung dengan cara membandingkan jumlah produk yang dihasilkan dan tingginya minat pasar terhadap produk tersebut. Rumus penghitungannya seperti ini: (500:1000) x 100%. Hasil perbandingan antara jumlah produk dan minat pasar tersebut adalah 50%.

4 Manfaat market Penetration

manfaat penetrasi pasar

Sebelum mengetahui manfaatnya, kamu perlu memahami pentingnya penetrasi pasar bagi bisnis dalam menghadapi persaingan dan memasarkan produknya. Bisnis thrift shop di atas, contohnya, sudah memiliki banyak kompetitor di dunia maya. Kompetitor bisa saja berasal dari daerah yang sama dengan bisnis tersebut. 

Peran penetrasi pasar sangat penting bagi bisnis thrift shop dalam menghadapi persaingan pasar. Bisnis tersebut bisa menentukan strategi yang tepat untuk memenangkan kompetisi tersebut. Selain itu, pengusaha dapat mengetahui potensi dan kapasitas bisnisnya sebelum terjun menghadapi persaingan tersebut.

Penetrasi pasar juga membawa manfaat besar bagi sebuah bisnis. Apa saja?

Baca juga: Apa Itu PKWT di Dunia Kerja dan Dasar Hukumnya?

1. Meningkatkan Angka Penjualan

Penetrasi pasar berguna agar produk atau jasamu lebih mudah ditemukan oleh target pasar bisnis. Kamu bisa menggunakan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan mampu menjangkau target pasar. Angka penjualan pun meningkat karena konsumen lebih mudah menemukan produk sesuai harga dan spesifikasinya. Manfaat ini sangat berguna bagi bisnis baru saat memperoleh keuntungan produknya.

2. Meningkatkan Brand Equity

Meningkatkan Brand Equity

Brand equity atau ekuitas merek merupakan nilai tambah sebuah bisnis karena lebih mudah dikenali pelanggan. Penetrasi pasar yang tepat dapat meningkatkan brand equity sebab kamu berusaha membuat produkmu lebih unik dan menarik daripada kompetitor. Manfaat ini bisa meningkatkan peluang ekspansi bisnis sekaligus menetapkan harga lebih kompetitif untuk produkmu.

market penetration strategy adalah, Mengulas Lengkap 7 Market Penetration Strategy

3. Melakukan Product Positioning secara Tepat

Product positioning merupakan strategi perusahaan agar produknya selalu diingat oleh konsumen. Penetrasi pasar dapat membantu bisnis melakukan product positioning secara tepat, mulai dari menentukan harga yang tepat, meningkatkan kualitas produk, dan strategi lainnya. Manfaat ini sangat berguna bagi bisnis baru dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat.

4. Meningkatkan Visibilitas Produk

Manfaat market penetration selanjutnya adalah dapat meningkatkan visibilitas produk atau layanan. Manfaat ini sangat berguna untuk bisnis kamu untuk memperoleh vibilitas di yang belum dijelajahi.

Baca juga: Pengertian Budaya Kerja, Jenis, & Tips Membangun

3 Keuntungan Strategi Market Penetration

Sebelumnya kamu sudah tahu apa saja manfaat strategi market penetration. Dalam pembahasan selanjutnya, StaffAny akan memberi tahu apa saja keuntungan dari menggunakan strategi ini berikut ini.

1. Membuat Pertumbuhan Lebih Cepat

Keuntungan yang akan kamu dapat dengan menggunakan strategi ini adalah kamu dapat meningkatkan basis pelanggan bisnis kamu. Strategi ini sering digunakan dengan menurunkan harga untuk meningkatkan konsumen serta meningkatkan penjualan.

Jika penjualan semakin meningkat, maka bisnis kamu dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen dan mendapatkan loyalitas dari konsumen kamu. Setelah itu, jika penjualan produk meningkat maka sebaiknya kamu menambahkan harga produk atau layanan yang bisnis kamu sediakan untuk menyeimbangi pasokan untuk mempertahankan pelanggan.

2. Bersaing dengan Kompetitor

Keuntungan market penetration juga dapat digunakan untuk bersaing dengan kompetitor. Dengan market penetration bisnis kamu dapat memberikan harga yang lebih murah ketika mengenalkan sebuah produk untuk menarik perhatian pelanggaan dari kompetitor yang sedang mencari produk yang sama tetapi memiliki perbedaan harga yang jauh lebih murah.

3. Efisiensi Biaya

Keuntungan terakhir yang kamu akan dapatkan adalah efisiensi biaya. Dengan menggunakan ini keuntungan kamu dapat adalah meningkatnya pangsa pasar bisnis kamu dengan menekan biaya pemasaran dan meningkatkan banyaknya penjulan produk atau layanan.

Jika kamu membuat harga produk dengan harga terendah di pasar, maka kamu dapat menjual produk dengan kuantitas yang lebih baik dan akan mendapatkan bahan untuk memenuhi pasokan bisnis. Dengan begitu, bisnis kamu bisa menurunkan biaya produksi untuk meningkatkan keuntungan.

Baca juga: Pengertian Evaluasi Kinerja Karyawan dan Metodenya

9 Strategi Penetrasi Pasar (Market Penetration Strategy)

strategi penetrasi pasar

Selain memahami pengertian dan manfaat penetrasi pasar, kamu juga perlu mengetahui strategi penerapannya. Ada tujuh strategi penetrasi pasar yang bisa diterapkan dalam bisnismu. Simak uraian di bawah ini supaya kamu bisa menjalankan strategi penetrasi pasar agar tujuan bisnismu tercapai.

1. Menyesuaikan Harga

Strategi market penetration yang dapat kamu lakukan yaitu kamu dapat penyesuaian harga produk atau layanan dengan cara menaikkan atau menurunkannya. Jika angka penetrasi pasarnya tinggi, artinya banyak konsumen bersedia membeli produkmu, jadi kamu bebas menaikkan harga produk asalkan masih dalam tahap wajar dan kualitasnya terjamin. Sebaliknya, rendahnya angka penetrasi pasar menandakan bahwa kamu perlu mematok harga produk sesuai yang berlaku di pasaran.

2. Meningkatkan Promosi

Meningkatkan Promosi

Apapun hasil penetrasi pasarnya, kamu tetap perlu melancarkan strategi promosi untuk memasarkan produkmu. Konsumen akan tertarik membeli produkmu jika kamu mempromosikannya secara menarik dan sesuai selera pasar. Penerapan strategi pemasaran yang tepat dapat membantu bisnismu lebih menonjol daripada kompetitor serta meningkatkan brand awareness.

3. Meningkatkan Kualitas Produk

Kemampuan penetrasi pasar bisnismu makin bertambah apabila kualitas produkmu meningkat. Pada dasarnya, konsumen lebih menyukai suatu produk karena manfaatnya, bukan fiturnya. Gunakan feedback dari konsumen untuk mengembangkan kualitas produkmu agar lebih manfaatnya lebih relevan dan dapat dirasakan.

4. Memahami Target dan Langkah Distribusi Produk

Penetrasi pasar mengalami peningkatan kalau kamu menerapkan strategi dan target distribusi produk agar tepat sasaran. Kamu perlu mengenali saluran pemasaran yang relevan untuk menjangkau target pasar, contohnya media sosial, internet marketing, e-mail marketing, dan sejenisnya. Selain itu, kamu perlu memetakan target pasar agar produkmu sampai kepada konsumen yang benar-benar membutuhkannya.

5. Melakukan Diversifikasi Produk

Diversifikasi produk merupakan salah satu strategi ampuh dalam meningkatkan penetrasi pasar. Ada dua pilihan diversifikasi, yaitu menciptakan produk baru atau menambah variasi produk yang sudah ada. Bisnismu mampu menjangkau lebih banyak segmentasi pasar apabila produk yang ditawarkan lebih bervariasi dan sesuai kebutuhan mereka.

Baca juga: Pengertian Budaya Kerja, Jenis, & Tips Membangun

6. Melakukan Kolaborasi Bersama Perusahaan Lain

Perusahaan lain juga bisa menjadi partner supaya bisnismu makin dikenal banyak orang. Contohnya, bisnismu dan perusahaan lain berkolaborasi menciptakan produk tas belanja ramah lingkungan. Penetrasi pasar bisnismu lebih besar karena perusahaan tersebut mempromosikan bisnismu lewat produk dan iklannya. Angka penjualan produkmu bertambah karena konsumen perusahaan tersebut juga tertarik menggunakan produkmu.

7. Menggunakan Ide-Ide Kreatif

Bisnis tidak hanya memerlukan skill dan pengetahuan, tetapi juga kreativitas dalam menjalankannya. Carilah berbagai ide serta langkah kreatif untuk diterapkan pada bisnismu agar hasil penetrasi pasarnya meningkat.

8. Meningkatkan Penggunaan

Salah satu strategi market penetration yang dapat dilakukan adalah meninggkatkan penggunaan produk atau jasa dengan menggunakan strategi kampanye. Apabila kampanye ini berhasil pada suatu tempat atau daerah, maka daerah tersebut akan banyak orang yang menggunakan produk kamu dan dapat meningkatkan penjualan.

9. Membuat Barriers To Entry

Strategi market penetration selajutnya adalah dengan cara membuat barriers to entry. Strategi tersebut digunakan untuk menghalangi atau membuat batas masuknya produk atau jasa kompetitor lain ke dalam pasar. Dengan menggunakan strategi ini kamu dapat meningkatkan penjualan dan memberi batas terhadap pesaing usaha kamu.

Tujuan penerapan market penetration strategy adalah meningkatkan peluang kesuksesan bisnismu dalam strategi pemasarannya. Kamu tidak perlu mengerjakannya sendiri sebagai pemilik usaha, tetapi bisa mencari karyawan yang ahli di bidang pemasaran. Mereka akan membantumu supaya penerapan strategi penetrasi pasar di atas berhasil dan mencapai tujuan bisnis.

Seiring majunya teknologi, telah tersedia aplikasi yang dapat memudahkan kerja dalam berbagai kondisi, seperti bekerja secara remote. Kalau kamu menerapkan sistem kerja remote, manfaatkan aplikasi HRD dari StaffAny untuk memantau kinerja karyawanmu. Kamu dapat melihat jadwal absensi, pengajuan cuti yang memudahkan manajemen, serta mengatur timesheet kerja mereka secara otomatis tanpa harus mengolah datanya dahulu. Yuk, hubungi StaffAny untuk mencoba free trial aplikasi serbaguna ini.

market penetration strategy adalah, Mengulas Lengkap 7 Market Penetration Strategy

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment