19 Peralatan Restoran yang Wajib Ada dan Fungsinya

Table of Contents

Berencana membuka restoran di dekat tempat tinggalmu? Maka kamu perlu mempersiapkan serangkaian peralatan restoran yang lengkap. Peralatan restoran yang dipersiapkan tidak hanya untuk dapur, tetapi juga peralatan di area makan dan perlengkapan penunjang lainnya. Nah, sudahkah kamu mengetahui deretan peralatan restoran dan fungsinya yang wajib ada untuk bisnismu?

Deretan Peralatan Restoran dan Fungsinya

peralatan restoran

Simak daftar peralatan restoran dan fungsinya di bawah ini, serta catatlah agar kamu tidak lupa dalam mempersiapkannya.

1. Kompor

Restoran tidak akan pernah lengkap tanpa kehadiran kompor. Kompor digunakan untuk memasak hidangan dengan berbagai metode, mulai dari merebus, menggoreng, atau mengukus. Miliki kompor dengan banyak tungku agar kamu bisa memasak beberapa hidangan sekaligus. Pastikan juga kompor yang digunakan bisa diatur suhunya sesuai dengan kebutuhan masakanmu.

2. Oven

Untuk menyajikan hidangan panggangan seperti roti atau kue, kamu memerlukan oven. Pilihlah oven yang dilengkapi dengan pengatur suhu yang akurat supaya makananmu bisa matang sempurna.

3. Panci

Panci adalah sahabat terbaik ketika kamu ingin menghidangkan makanan berkuah, seperti sup, pasta, atau saus. Pilihlah panci dengan bahan berkualitas yang tahan panas. Pastikan ukuran pancinya cukup besar untuk memasak dalam jumlah yang banyak untuk pelangganmu. Panci yang baik adalah kunci untuk mendapatkan hidangan yang gurih dan lezat.

Baca juga: 10 Permasalahan UMKM beserta Solusinya 

4. Wajan Penggorengan

Wajan penggorengan adalah senjata utama dalam menghasilkan makanan gorengan. Gunakan wajan penggorengan yang dilapisi bahan anti lengket dan memiliki pegangan yang nyaman agar kamu bisa menggoreng dengan mudah dan tidak perlu khawatir jika makanannya lengket di wajan.

5. Wajan Pemanggang

Hindari menggunakan wajan penggorengan untuk memanggang. Sebaliknya, gunakan wajan pemanggan (grill pan) yang khas dengan garis-garis pada permukaannya.

Wajan pemanggang seperti ini akan menghasilkan garis-garis panggangan yang menggugah selera pada daging, ayam, atau sayuran sehingga bisa memberikan sentuhan khusus pada hidanganmu. Pelanggan mana yang bisa menolak hidangan dengan tampilan panggangan yang menarik?

6. Tilting Pan

Hidangan seperti nasi goreng atau mi goreng sebaiknya dimasak dengan tilting pan. Wajan ini memiliki mekanisme miring yang memudahkan kamu dalam mengaduk hidangan secara terus-menerus. Keuntungannya adalah kamu bisa menuangkan hidangan langsung ke piring sajian setelah matang. Praktis, bukan?

Baca juga: Mengenal Marketing Mix dan Contohnya dalam Bisnis

7. Tilting Boiling Pan

Tilting boiling pan adalah peralatan berfungsi untuk merebus makanan dalam jumlah besar, seperti sup atau kaldu. Kamu pun bisa menuangkan cairan tanpa ribet menggunakan alat tambahan dengan tilting boiling pan. Praktis, efisien, dan tentunya menghemat waktu!

8. Spatula

Spatula atau sendok masak adalah sahabat setia di dapur. Gunakan spatula untuk membalik atau mengaduk makanan di dalam wajan. Pastikan spatula yang dipilih terbuat dari bahan tahan panas dan tidak merusak permukaan wajan.

9. Pisau dan Tempat Pisau

Pisau adalah senjata utama para koki. Sediakan variasi pisau yang sesuai dengan peruntukan hidangannya, seperti pisau dapur, pisau daging, atau pisau roti. Sediakan juga tempat pisau yang aman dan terorganisasi agar pisau tetap terjaga kebersihannya. Tempat pisau juga berguna agar area dapur tetap aman dan tidak sengaja mengenai orang yang di sekitarnya.

Baca juga: Simak 7 Cara Mengembangkan Usaha Kuliner Online 

10. Saringan atau Alat Peniris

Saringan atau alat peniris berguna untuk menghilangkan air atau minyak berlebih dari makanan. Pastikan saringan yang digunakan terbuat dari bahan yang kuat dan memiliki lubang yang sesuai dengan kebutuhan memasakmu. Hidanganmu akan terbebas dari kelebihan cairan atau yang tidak diinginkan dengan menggunakan saringan.

11. Meat Grinder

Meat grinder berguna untuk menggiling daging secara praktis dan cepat. Kamu bisa membuat sosis, burger, atau hidangan olahan daging lainnya dengan meat grinder. Jadilah kreatif dalam membuat hidangan yang lezat dengan bahan daging segar hasil gilinganmu sendiri menggunakan meat grinder.

12. Potato Peeler

Pengupas kentang atau potato peeler membuat aktivitas mengupas kentang dalam jumlah banyak menjadi lebih efisien. Carilah pengupas kentang yang baik dan ergonomis agar proses persiapan hidangan menjadi lebih cepat dan mudah.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Concentrated Marketing

13. Bain-Marie

Bain-Marie adalah peralatan yang digunakan untuk menjaga hidangan tetap hangat. Gunakan bain-marie untuk menyajikan dessert seperti cokelat leleh atau saus karamel. Hidanganmu akan tetap hangat dan nikmat di setiap suapan dengan bain-marie.

14. Kitchen Trolley

Kitchen trolley adalah teman setia dalam memindahkan peralatan atau bahan makanan di dapur. Kamu bisa dengan mudah mengatur dapur agar tetap terorganisasi dan bersih menggunakan kitchen trolley.

Pilihlah kitchen trolley yang kokoh dan dilengkapi dengan roda yang bisa dikunci agar penggunaannya tetap aman dan nyaman.

15. Working Table

Working table adalah meja kerja yang luas dan tahan panas. Meja ini menjadi tempat mempersiapkan bahan makanan dan melakukan proses memasak. Pilihlah working table yang mudah dibersihkan dan memiliki permukaan tahan gores agar kegiatan memasakmu berjalan lancar.

Kamu bisa bekerja sama dengan desainer interior atau arsitek untuk merancang working table yang sesuai dengan konsep restoranmu.

StaffAny

16. Sink

Sediakan juga sink atau wastafel untuk mencuci peralatan makan dan dapur. Pilihlah sink yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti ukuran yang besar dan dilengkapi dengan keran air panas dan dingin. Sink yang fungsional membuat proses pencucian peralatan masak menjadi lebih efisien.

17. Tableware

Tableware meliputi piring, sendok, garpu, gelas, dan mangkuk. Kamu bisa memilih tableware dengan desain material yang sesuai dengan konsep restoranmu. Contohnya, restoran Tiongkok bisa memilih chinaware alias tableware berbahan keramik, sedangkan restoran Jepang bisa menggunakan tableware dengan sentuhan kayu.

Apa pun pilihannya, tetaplah mengutamakan kualitasnya agar pelanggan merasa nyaman saat menikmati hidangan di restoranmu.

18. Aksesoris Meja

Hiasi meja di area makan dengan aksesoris meja seperti penyedap rasa, tisu, pot bunga, atau benda apa pun yang sesuai dengan konsep restoranmu.  Aksesoris adalah detail kecil yang tidak boleh terlewatkan. Pilihlah aksesoris meja yang praktis dan berkualitas untuk meningkatkan pengalaman makan pelanggan. Sentuhan kecil pada meja restoran dapat membuat perbedaan yang besar untuk pelangganmu.

19. Aplikasi HRD

Tentunya kamu perlu mempekerjakan staf dalam menjalankan restoranmu. Kini, mengelola staf dan jadwal kerja menjadi lebih mudah dengan aplikasi HRD dari StaffAny. StaffAny memiliki fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan bisnis restoranmu, seperti absen di tempat, pengajuan cuti, timesheet, jadwal kerja, dan Applicant Tracking System (ATS).

Kami juga memahami bahwa staf di restoran kamu juga membutuhkan apresiasi agar lebih semangat dalam bekerja. Maka dari itu, StaffAny juga mempunyai fitur EngageAny yang berguna untuk tracking achievement yang dilakukan oleh karyawanmu.

Hubungi kami melalui WhatsApp untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan cara menggunakan StaffAny yang efisien untuk bisnis restoranmu!

Sudahkah kamu mencatat semua peralatan restoran dan fungsinya yang telah disebutkan di artikel ini? Selamat menjalankan bisnis restoran dan semoga sukses!

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment