10 Strategi Pemasaran Coffee Shop, Pemula Wajib Paham!

Table of Contents

Menjalankan coffee shop tentu tidak berhenti hanya di mendirikan outlet dan memilih menu yang lezat. Kamu juga perlu mempromosikan bisnismu supaya banyak konsumen datang ke coffee shop-mu. Langkah inilah yang menjadi tantangan besar karena kamu memerlukan strategi pemasaran coffee shop yang tidak hanya menarik, tetapi juga mendatangkan keberhasilan bagi bisnismu.

Pilihan Strategi Pemasaran Coffee Shop yang Menarik untuk Dicoba

strategi pemasaran coffee shop

Temukan beragam strategi menarik dalam memasarkan coffee shop melalui daftar di bawah ini!

1. Mendesain Kafe dengan Konsep Unik dan Fotogenik

Rahasia keberhasilan coffee shop kekinian adalah mereka selalu mendesain outlet dengan konsep yang unik. Tidak hanya itu, desain interior maupun eksterior coffee shop mereka juga terlihat fotogenik.

Alasannya, tidak sedikit orang yang mengunjungi coffee shop sekaligus membagikan momen tersebut di media sosial.

Buatlah suasana outlet yang nyaman dan menarik, contohnya memadukan dekorasi vintage dengan sentuhan modern. Pastikan juga kamu memiliki space yang cocok sebagai sarana berfoto oleh konsumen.

Secara tidak langsung, kamu bisa memperluas jangkauan pemasaran tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

2. Menciptakan Menu dengan Cita Rasa Unik

Alasan utama orang datang ke coffee shop adalah mencicipi kopi dengan cita rasa yang unik dan istimewa. Menu yang istimewa membuat konsumen tertarik untuk mencoba dan mengunjungi coffee shop secara terus-menerus. 

Kembangkan menu kopi dengan menciptakan variasi rasa yang berbeda, seperti kopi dengan campuran rempah-rempah atau minuman kopi dingin yang segar. Buatlah minuman dengan karakteristik khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. 

Baca juga: 9 Tips Market Penetration Strategy untuk Bisnismu

3. Memanfaatkan Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran

Media sosial bisa menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif. Kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas serta membangun komunitas penggemar coffee shop-mu melalui media sosial.

Mulai dengan membuat akun bisnis di platform media sosial populer. Bagikan foto dan informasi menarik tentang kopi serta suasana coffee shop-mu.

Ajak juga pengunjung untuk membagikan pengalaman mereka di media sosial mereka sendiri. Kamu juga bisa memasang hashtag yang relevan untuk meningkatkan jangkauan dan eksposur kontenmu.

4. Memberikan Tawaran dan Promo Menarik

Konsumen mana yang menghindari mendapatkan tawaran atau promo menarik? Gunakan strategi ini untuk menarik perhatian dan mendorong konsumen untuk datang ke coffee shop-mu, bahkan mengajak teman-teman mereka.

Kamu bisa memberikan diskon khusus pada hari-hari tertentu, membuat loyalty program, atau mengadakan promo ‘buy 1 get 1’. Pastikan tawaran dan promo yang kamu pilih memberikan nilai tambah bagi konsumen.

5. Mempertahankan Kualitas Produk dan Pelayanan

Kualitas produk dan pelayanan yang baik adalah kunci kesuksesan coffee shop. Jika kamu bisa menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan, konsumen pasti kembali lagi, bahkan merekomendasikan coffee shop-mu kepada orang lain.

Pastikan kopi yang kamu sajikan memiliki kualitas terbaik. Gunakan biji kopi yang segar dan berkualitas tinggi, dan latih barista untuk menghasilkan minuman kopi yang sempurna.

Selain itu, berikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada setiap konsumen agar mereka puas tidak hanya dengan makanan, tetapi juga suasana bersahabat dari kamu dan para staf.

Baca juga: Marketing Mix: Arti, Variable, dan Contohnya

6. Memasang Harga Bersahabat

Untuk menarik konsumen, pertimbangkan untuk menawarkan harga yang bersahabat. Tetaplah menjaga kualitas produkmu, tetapi buatlah harga yang terjangkau bagi konsumen.

Kamu juga bisa menawarkan pilihan ukuran minuman yang berbeda sehingga konsumen bisa memilih yang sesuai dengan anggaran mereka.

7. Membuat Desain Kemasan Minuman yang Estetik

Kemasan minuman tidak hanya berfungsi sebagai wadah, tetapi juga sebagai sarana pemasaran. Membuat desain kemasan yang estetik dapat meningkatkan daya tarik produkmu. 

Gunakan logo yang khas, warna yang menarik, dan layout yang kreatif. Pastikan kemasanmu mudah dikenali supaya bisa memperkuat brand identity coffee shop-mu.

Desain kemasan yang seperti ini membuat konsumen lebih cenderung membeli produkmu, bahkan menggunakannya sebagai hadiah untuk orang lain.

8. Menggunakan Strategi Promosi Mulut ke Mulut

Promosi mulut ke mulut selalu menjadi strategi pemasaran yang kuat. Cara ini juga dapat memperluas jangkauan pemasaran secara organik melalui rekomendasi dari konsumen yang setia mengunjungi coffee shop kamu.

Mintalah konsumen untuk merekomendasikan coffee shop-mu kepada teman, keluarga, atau rekan kerja mereka. Kamu juga bisa memberikan insentif kepada konsumen yang berhasil membawa konsumen baru, seperti, diskon pada kunjungan berikutnya atau kopi gratis sebagai hadiah. 

StaffAny

9. Berpartisipasi dalam Acara Lokal

Strategi pemasaran coffee shop ini merupakan cara terbaik untuk membangun hubungan dengan komunitas sekitar serta meningkatkan awareness tentang coffee shop-mu.

Kamu pun berkesempatan untuk memperluas jaringan, mendapatkan konsumen baru, serta mempromosikan brand coffee shop kepada khalayak yang lebih luas.

Ikuti festival, bazar, atau event komunitas yang relevan dengan industri kuliner. Sediakan stan khusus untuk memperkenalkan kopi dan minuman khas coffee shop-mu kepada pengunjung.

Untuk langkah yang lebih unik, kamu bisa menggunakan konsep food truck sehingga pengunjung tertarik untuk mengabadikan momen coffee shop kamu.

Baca juga: Experiential Marketing: Arti dan Cara Menerapkan 

10. Buat Profil di Google My Business (GMB)

Google My Business (GMB) merupakan platform bermanfaat untuk mengelola informasi bisnismu di Google. Kamu pun bisa memasang pin lokasi di Google Maps sehingga lebih mudah dicari oleh pengunjung kalau sudah memiliki akun GMB.

Coffee shop-mu akan muncul di hasil pencarian lokal ketika orang mencari coffee shop di sekitar mereka sehingga lebih mudah ditemukan.

Dalam profil bisnis di GMB, cantumkan alamat, jam operasional, nomor telepon, dan foto coffee shop-mu. Ajak juga pengunjung untuk memberikan rating dan testimoni positif serta membagikan foto yang diambil di coffee shop kamu di Google Maps.

Bagaimana? Sudahkah kamu menemukan inspirasi strategi pemasaran coffee shop yang ingin dicoba? Apa pun pilihan strategi pemasarannya, tetaplah menjaga kualitas pelayanan dengan meningkatkan manajemen staf di outlet-mu menggunakan aplikasi HRD StaffAny. 

Ya, kamu tidak perlu lagi menggunakan spreadsheet untuk mencatat jam kerja dan kehadiran karyawan coffee shop-mu. Justru dengan StaffAny, kamu bisa memantau seluruh jam kerja dan kehadiran mereka dengan fitur timesheet harian kerja. Hubungi kami melalui WhatsApp untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai aplikasi kami!

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment