10 Tips Memulai Bisnis Cafe Buat Pemula

Table of Contents

Banyak orang yang ingin membangun kafe karena melihat peluang yang menjanjikan dari bisnis ini. Namun, tidak sedikit orang yang mundur sebelum mulai berbisnis karena tidak tahu mengenai tips memulai bisnis cafe yang harus dilakukan.

Ada juga yang berpikir bahwa bisnis kafe memerlukan langkah yang rumit sehingga tidak cocok dijalankan untuk pebisnis pemula, apalagi tingkat persaingannya kian ketat pada saat ini.

Sebagai pemula, kamu seharusnya tidak perlu khawatir. Kamu hanya perlu mulai dari langkah sederhana dan perlahan bisnis kafemu akan berkembang dengan sendirinya. Lantas, apa saja yang harus dilakukan pemula dalam memulai bisnis cafe? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel ini!

Tips Memulai Bisnis Cafe yang Perlu Kamu Lakukan

tips memulai bisnis cafe

Mulailah membangun bisnis kafe idaman kamu dengan melakukan 10 langkah di bawah ini! Yuk bahas satu per satu.

1. Mulai dari Menentukan Konsep Kafe

Kunci keberhasilan sebuah bisnis kafe adalah konsep unik yang diusungnya. Carilah konsep kafe yang tidak hanya menarik, tetapi juga unik dan belum pernah ada di area operasional kafe kamu supaya pelanggan tertarik untuk mengunjunginya.

Contohnya, kafe bertema alam atau kafe bertema musik. Kamu bisa bebas memilih konsep apa pun, asalkan sesuai dengan target konsumen.

2. Cari Lokasi yang Strategis

Pelanggan lebih menyukai lokasi kafe yang strategis dan mudah diakses dengan moda kendaraan apa pun, termasuk transportasi umum. Sediakan juga lahan parkir yang cukup agar pelanggan bisa memarkirkan kendaraannya selama menongkrong di kafe kamu.

Pastikan juga kafe kamu memiliki fasilitas yang memadai, seperti tempat duduk yang nyaman, ruang yang luas, dan sebagainya. Pelanggan akan merasa nyaman berlama-lama di kafe kamu dengan melakukan tips ini.

3. Desain Interior dan Eksterior Kafe yang Sesuai Konsep

Sudah menentukan konsep dan lokasi kafe? Sekarang saatnya untuk mendesain interior dan eksteriornya. Gunakan desain dan warna yang menarik dan nyaman dilihat oleh pelanggan. Pilih juga furnitur dan peralatan kafe yang sesuai dengan konsep kafe yang ingin diusung.

Pastikan furnitur dan peralatan tersebut berkualitas tinggi dan bisa meningkatkan pengalaman pelanggan. Jangan lupa untuk memilih dekorasi yang sesuai dengan konsep kafe kamu untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan.

Baca juga: 10 Permasalahan UMKM beserta Solusinya 

4. Pilih Menu Kafe yang Orisinil

Langkah inilah yang menjadi ‘jebakan’ bagi pebisnis kafe pemula. Pasalnya, kafe menyediakan kopi sebagai menu utamanya sehingga pebisnis mau tidak mau harus menciptakan minuman yang sama dengan kafe lainnya.

Solusinya, kamu bisa membuat menu kafe yang orisinil dengan cara meracik minuman kopinya dengan varian rasa dan tekstur yang berbeda. Selain itu, tambahkan juga menu makanan pendamping khusus yang hanya tersedia di kafe kamu.

5. Cari Supplier Bahan Makanan dan Minuman Terbaik

Tips ini tidak boleh dilewatkan karena menu kafe yang berkualitas pun berasal dari bahan makanan dan minuman yang bermutu tinggi. Jadi, carilah supplier terbaik yang menyediakan bahan baku berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Lakukan quality checking dari bahan baku yang diterima agar sesuai dengan standar kualitas yang kamu inginkan. Buatlah kesepakatan dengan supplier mengenai harga, jangka waktu pengiriman, dan kebijakan pengembalian kalau kamu tidak puas dengan kualitas bahan baku yang diterima.

6. Libatkan Dirimu dalam Operasional Kafe

Sebagai pemilik bisnis kafe, kamu perlu terlibat dalam kegiatan operasionalnya. Malahan kamu perlu melibatkan diri agar karyawanmu bisa mengetahui standar atau ekspektasi yang diharapkan dalam menjalani bisnis kafemu. Pastikan kamu memahami seluruh proses operasional kafe, mulai dari persiapan menu hingga pelayanan pelanggan.

Baca juga: Concentrated Marketing: Arti dan Manfaat

7. Gunakan Strategi Pemasaran dan Branding

Strategi pemasaran dan branding yang tepat diperlukan untuk mempromosikan bisnis kafe kamu. Gunakan media sosial dan ajaklah influencer atau komunitas lokal untuk bekerja sama untuk mempromosikan kafe kamu. Pastikan juga branding kafe kamu konsisten dan mudah diingat oleh pelanggan.

Selain strategi pemasaran, kamu juga perlu mengadakan promo menarik. Contohnya, diskon atau penawaran khusus untuk pelanggan yang mengikuti akun media sosial kamu. Kamu juga bisa berpartisipasi dalam acara lokal untuk mempromosikan kafe lebih luas kepada masyarakat di sekitarmu.

8. Siapkan Surat untuk Perizinan Usaha

Perizinan usaha merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan dalam membangun kafe. Carilah informasi mengenai persyaratan dan alur pengajuan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) agar kafe kamu berjalan dengan lancar dan mengikuti regulasi yang berlaku.

Ketahui juga peraturan mengenai food hygiene dan sanitation agar kebersihan makanan dan minuman dari kafe kamu tetap terjaga sehingga aman dikonsumsi oleh pelangganmu.

StaffAny

9. Layani Pelanggan Sepenuh Hati

Pastikan pelanggan merasa nyaman dan senang saat berkunjung ke kafe kamu. Langkah ini bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat mereka ingin kembali lagi ke kafe kamu.

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, kamu juga dapat menawarkan program loyalty agar pelanggan merasa dihargai dan lebih sering berkunjung ke kafe kamu.

Kamu juga bisa menyediakan berbagai macam layanan tambahan, seperti layanan antar jemput, layanan makanan cepat saji, dan lainnya untuk meningkatkan kepuasan mereka.

Baca juga: Simak 7 Cara Mengembangkan Usaha Kuliner Online 

10. Gunakan Aplikasi HRD untuk Manajemen Karyawan

Menjalankan bisnis kafe tentunya melibatkan beberapa karyawan yang sesuai dengan keahliannya. Karyawan tersebut bisa berupa barista, kasir, koki khusus untuk memasak makanan, dan petugas kebersihan jika diperlukan. Tentunya kamu membutuhkan manajemen karyawan yang baik agar kualitas pelayanan kafe kamu tetap terjaga.

Nah, agar manajemen karyawan kamu berjalan dengan lancar, gunakanlah aplikasi HRD dari StaffAny! Aplikasi ini akan membantu kamu dalam membuat jadwal kerja karyawan serta memantau jam kerja mereka melalui fitur timesheet dan laporan real-time.

Karyawan pun bisa merasakan kemudahan kalau kamu menggunakan StaffAny karena mereka bisa clock-in dan clock-out serta mengajukan cuti hanya melalui smartphone di genggaman mereka.

Masih ragu menggunakan aplikasi HRD? Kamu bisa mulai dengan mencoba Startup Plan yang cocok dengan bisnis kafe yang baru dirintis. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkapnya serta mencoba versi free trial StaffAny!

Tips memulai bisnis cafe di atas sangat membantu kamu dalam membangun kafe, bukan? Lakukan semua langkah di atas dengan konsisten agar kafe kamu makin sukses dan meraih keuntungan pada masa depan!

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment