Mengenal Apa Itu F&B Product beserta Tanggung Jawabnya

Table of Contents

Bagi kamu yang pernah bekerja di industri food and beverage seperti restoran, atau kafe pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah F&B product yang memiliki tanggung jawab besar terhadap kualitas hidangan. Dalam artikel ini, StaffAny akan menjelaskan lebih jauh lagi tentang apa itu F&B product dan apa saja tanggung jawab utama yang diemban oleh unit bisnis ini.

Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu F&B Product?

F&B product atau biasa dikenal sebagai Food and Beverage product merupakan salah satu bagian bisnis yang bertugas untuk mengolah makanan atau minuman dari bahan mentah menjadi produk siap saji.

Umumnya, layanan ini dibagi dalam dua jenis produk hidangan makanan, yaitu hot kitchen dan pastry & bakery. Hot kitchen atau biasa disebut dengan main kitchen merujuk pada dapur utama untuk membuat produk seperti main course, soup, atau salad. Sedangkan, untuk pastry & bakery adalah produk kue dan roti sekaligus makanan penutup atau makanan manis.

Untuk lebih jelasnya, mari kita telaah secara singkat peranan F&B product pada contoh usaha warung sate kambing; Ketika kamu memiliki bisnis F&B warung sate kambing, tentunya ada tim khusus yang bertugas di belakang layar, bukan?

Mulai dari kegiatan memotong daging, membuat lontong atau nasi, membakar sate, hingga meracik bumbu kecap atau bumbu kacang yang siap dihidangkan di meja pelanggan. Mereka yang melakukan semua kegiatan tersebut disebut sebagai unit F&B product.

Baca juga: Standar Operasional Prosedur F&B Service Wajib Dipelajari!

Food and Beverage Product adalah bagian yang cukup esensial dalam bidang bisnis F&B. Hal ini dikarenakan, kamu harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam terkait tugas dan tanggung jawab F&B product.

Pada contoh bisnis F&B warung sate kambing sebelumnya, kamu dapat memperhatikan bahwa banyak hal yang harus dikuasai sebagai unit dari F&B roduct.

Selain memiliki keahlian untuk mengolah minuman atau makanan yang disajikan, unit dari F&B product bertanggung jawab terhadap cita rasa makanan tersebut. Kamu juga wajib memiliki sifat kedisiplinan, kerapian, kejujuran, yang disertai dengan kecepatan, ketepatan, penampilan yang baik, dan sikap profesional dalam bertugas.

Itulah alasan mengapa orang-orang yang termasuk di dalam unit ini adalah karyawan-karyawan yang sangat berkompeten.

Baca juga: 5 Dampak Inflasi bagi Pengusaha F&B

Tujuan F&B Product

Tujuan F&B Product

Food & Beverage product memiliki tujuan yang bersifat komersial untuk usaha seperti katering, perhotelan, restoran, atau kafe. Namun, F&B product dapat hadir untuk khalayak umum dengan tujuan non-komersial seperti layanan Food & Beverage rumah sakit, penjara, atau asrama.

Terlepas dari perbedaan tersebut, F&B product pada intinya memiliki empat tujuan esensial, yaitu:

1. Menyediakan makanan dan minuman dengan kualitas tinggi.

2. Menghadirkan suasana ramah dan bersahabat

3. Memberikan layanan penyajian makanan profesional, higienis, dan penuh perhatian

4. Meningkatkan pendapatan melalui layanan F&B Product

Baca juga: Struktur Organisasi F&B Service dan Tugasnya

Tugas dan Tanggung Jawab F&B Product

F&B product memiliki beberapa tanggung jawab utama langsung berkaitan dengan proses menyajikan makanan atau minuman. Tugas dan tanggung jawab ini harus dilakukan sebaik mungkin demi menjaga kualitas dan mutu bisnis dalam melayani pelanggannya. Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai tanggung jawab F&B product.

1. Mengolah Bahan Makanan

Sebagai seorang profesional F&B, tanggung jawab utama adalah mengolah bahan makanan dengan tepat dan aman. Ini meliputi pemilihan bahan berkualitas tinggi, pemrosesan yang benar, dan penggunaan teknik memasak yang tepat. Selain itu, menjaga kebersihan dan keamanan selama proses pengolahan juga merupakan tanggung jawab penting.

2. Menciptakan Ciri Khas Makanan

Profesional F&B bertanggung jawab untuk menciptakan ciri khas unik pada makanan yang dihasilkan. Ini melibatkan pemilihan kombinasi rasa, presentasi yang menarik, dan penggunaan teknik kreatif dalam penyajian. Tujuan utamanya adalah menciptakan pengalaman gastronomi yang memuaskan bagi para pelanggan.

StaffAny

3. Bertanggung Jawab atas Standar Kesehatan Makanan

Seorang profesional F&B harus memastikan bahwa makanan yang dihasilkan memenuhi standar kesehatan dan keamanan pangan. Ini termasuk menjaga kebersihan dan sanitasi di area kerja, mengikuti pedoman keamanan pangan yang ditetapkan, serta mengawasi dan memastikan semua langkah pengolahan makanan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

4. Menciptakan Banyak Menu Kreasi Makanan dan Minuman

Salah satu tanggung jawab penting seorang profesional F&B adalah menciptakan beragam menu makanan dan minuman yang menarik dan inovatif. Ini melibatkan pemilihan bahan, pengembangan resep, dan penyesuaian menu sesuai dengan preferensi pelanggan dan tren pasar.

Selain itu, mempertimbangkan nilai gizi dan kebutuhan diet khusus juga menjadi bagian dari tanggung jawab ini.

Baca juga: 7 Food Startup Indonesia Terbaik 2023

Tanggung jawab dan peran yang harus dilakukan oleh unit F&B product dengan cepat dan tepat, harus disertai dengan peran administrasi karyawan yang fleksibel dan terintegrasi.

Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan, karena jika peran administrasi karyawanmu tidak terintegrasi dengan baik, ditakutkan akan terjadi fraud atau kecurangan karyawan mengenai absensi, maupun pemberian upah yang tidak sesuai dengan haknya. 

Pada era digital saat ini, integrasi data dan fleksibilitas menjadi dua hal yang sangat penting untuk keberlangsungan suatu bisnis. Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki pengelolaan data sumber daya manusia yang efektif dan efisien, maka bisnis tersebut perlu menggunakan timesheet harian kerja seperti StaffAny. 

Ada banyak fitur StaffAny yang memudahkan karyawan selama bekerja. Pertama, ada fitur absen di tempat sangat berguna agar karyawan bisa mencatat absensi masuk dan keluar hanya melalui smartphone. Tidak hanya itu, karyawan pun bisa mengajukan cuti melalui fitur pengajuan cuti di aplikasi ini.

Bukan hanya karyawan yang diuntungkan dengan StaffAny, tetapi juga tim HRD bisnismu. Mereka bisa memantau kinerja karyawan melalui fitur timesheet dan real-time reports yang tersedia.

StaffAny juga menyediakan Start Up Plan bagi kamu yang baru merintis bisnis F&B dengan jumlah karyawan kurang dari 25 orang. Start Up Plan ini akan membantumu untuk menerapkan penggunaan sistem manajemen SDM sejak awal, sehingga bisnis akan berjalan lebih efektif dalam menangani karyawan yang lebih banyak nantinya. Tunggu apa lagi? Hubungi kami, dan dapatkan berbagai manfaat dari StaffAny untuk bisnismu sekarang juga!

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment