Ketahui Cara Membuat Slip Gaji Online dengan Mudah

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Apakah kamu sudah mengetahui cara membuat slip gaji online? Jika belum, maka kamu harus mengetahui cara membuatnya. Pembuatan slip gaji secara online pun lebih cepat karena kamu bisa memasukkan datanya secara otomatis. Karyawan akan lebih mudah mengakses slip gaji dan langsung mengetahui rincian penghasilan yang diterima. Menarik sekali, bukan?

Yuk, cari tahu selengkapnya tentang langkah-langkah membuat slip gaji online di artikel ini.

Pentingnya Pembuatan Slip Gaji

Kegiatan penggajian tidak terbatas pada pembayaran upah melalui sistem pembayaran yang telah disepakati. Kamu perlu membuat slip gaji sebagai bukti penghasilan dan potongan yang diperoleh karyawan per bulannya.

Slip gaji merupakan bukti resmi penerimaan gaji karyawan dari perusahaan. Slip gaji ini sangat penting baik bagi karyawan sehingga perusahaan wajib menerbitkannya setiap bulan. Mengapa? Berikut ini beberapa alasannya.

Baca juga: 3 Cara Membuat Slip Gaji dengan Rapi

1. Mencatat Rincian Slip Gaji Karyawan

Mencatat Rincian Slip Gaji Karyawan

Slip gaji berisi rincian komponen dari nominal gaji per bulan, terutama gaji pokok. Selain gaji pokok, setiap perusahaan memiliki rincian komponen tunjangan dan potongan yang berbeda sesuai kebijakan yang telah ditetapkan. Karyawan dapat mengetahui detail penghasilan yang diterima, apakah mengalami penambahan atau pengurangan dari bulan sebelumnya.

Komponen tunjangan bisa berupa uang makan, uang transportasi, tunjangan internet bagi yang bekerja secara WFH, dan sebagainya. Ada pula komponen tunjangan hari raya (THR) yang diberikan sesuai peraturan yang berlaku. 

Sedangkan komponen potongan terdiri dari asuransi, zakat, iuran, dan lain-lain. Potongan gaji akibat pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan, seperti terlambat atau absen tanpa alasan jelas, juga termasuk dalam komponen ini.

2. Memudahkan saat Mengajukan Kredit atau KPR

Slip gaji merupakan salah satu persyaratan administratif yang wajib ada kalau kamu ingin mengajukan kredit apa pun, termasuk kredit kendaraan, rumah, atau pinjaman tanpa agunan. Kreditur akan mempertimbangkan kemampuan pembayaran kamu melalui slip gaji yang terlampir sekaligus menetapkan tenor atau jangka waktu pembayaran kredit.

Pembuatan kartu kredit juga mensyaratkan slip gaji sebagai syarat yang wajib dipenuhi. Pihak bank akan menetapkan limit kartu kredit sesuai nominal gaji yang telah dilampirkan agar tidak melebihi batas kemampuan pembayaranmu.

3. Referensi saat Mencari Pekerjaan Baru

Kamu membutuhkan slip gaji sebagai referensi untuk melakukan negosiasi gaji ketika melamar pekerjaan baru. Slip gaji juga berguna sebagai proses validasi bahwa kamu pernah atau sedang bekerja di perusahaan dan menerima upah sesuai yang tertera di dalamnya.

Baca juga: Mengetahui Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan

4. Pengajuan Visa

Pengajuan Visa

Slip gaji sangat diperlukan untuk membuat visa bagi kamu yang hendak ke luar negeri untuk pekerjaan atau liburan. Pihak negara tujuan akan memastikan bahwa kamu tidak akan kekurangan dana selama berkunjung dan tidak akan melakukan tindakan ilegal di negara tujuan.

5. Keperluan Pendidikan Anak

Informasi penghasilan orang tua dapat menjadi patokan untuk menetapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) anak saat mendaftar di perguruan tinggi. UKT dianggap sebagai sistem pembayaran yang adil karena didasarkan pada kesanggupan orang tua mahasiswa.  Pihak pemberi beasiswa juga melihat slip gaji untuk menyaring mahasiswa yang layak memperoleh bantuan. 

4 Cara Membuat Slip Gaji secara Online

Ada beberapa data yang harus dikumpulkan sebelum membuat slip gaji online. Data tersebut berupa beberapa komponen yang telah diatur sesuai kebijakan perusahaan. Simak cara di bawah ini agar lebih jelas. 

1. Hitung Nominal Upah per Karyawan

Hitung Nominal Upah Per Karyawan

Mulailah dengan memasukkan besaran gaji pokok karyawan setiap bulannya. Ubah data tersebut apabila terdapat kenaikan atau pengurangan gaji pokok sesuai kesepakatan antara perusahaan dan karyawan.

2. Tambahkan Rincian Tunjangan

Masukkan sejumlah komponen tunjangan yang telah ditetapkan sesuai kebijakan perusahaan. Input juga tunjangan gaji ke-13 apabila penggajian dilakukan mendekati tanggal pembagian THR. Total gaji pokok dan tunjangan disebut sebagai gaji kotor.

Baca juga: Mengenal SOP Kerja: Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Tips Menyusunnya

3. Hitung Potongan PPh 21 dan Potongan Lainnya

Masukkan beberapa komponen potongan yang diterima karyawan pada bulan tersebut. Hitung total potongan tersebut, kemudian kurangi dengan gaji kotor untuk memperoleh gaji bersih karyawan setiap bulannya.

4. Susun Slip Gaji

Susun Slip Gaji

Berikutnya, buatlah slip gaji dengan seluruh rincian yang telah dihitung pada langkah di atas. Selain nominal gaji, kamu juga harus memasukkan detail identitas karyawan seperti nama, nomor induk karyawan, jabatan, dan departemen.

Kamu dapat mencari format slip gaji yang sesuai dan mudah dibaca oleh karyawan. Masukkan pula identitas perusahaan berupa nama dan logo sebagai bukti bahwa perusahaan kamu yang menerbitkan slip gaji tersebut.

StaffAny, Solusi Pembuatan Slip Gaji Secara Mudah

Apakah kamu masih menghitung cara di atas dengan Microsoft Excel atau aplikasi spreadsheet lainnya? Tinggalkan cara tersebut karena kini ada StaffAny yang dapat membuat slip gaji lebih praktis dan mudah. Kamu tak perlu repot lagi karena data gaji yang disimpan di database bisa langsung dimasukkan secara otomatis ke slip gaji yang dibuat.
StaffAny juga memiliki fitur timesheet yang berisi jadwal dan waktu kerja karyawan. Aplikasi ini pasti cocok bagi kamu yang menerapkan sistem shift sehingga lebih mudah menghitung gaji berdasarkan jadwal kerja karyawan. Hubungi StaffAny segera untuk melihat template slip gaji atau bertanya informasi lainnya mengenai aplikasi ini. Rasakan cara membuat slip gaji online yang lebih praktis dan otomatis hanya dengan StaffAny.

cara membuat slip gaji online, Ketahui Cara Membuat Slip Gaji Online dengan Mudah

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment