3 Cara Membuat Slip Gaji dengan Rapi

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai orang yang bekerja di bidang HR, kamu harus mengetahui bagaimana cara membuat slip gaji dengan benar dan rapi. Slip gaji ini perannya sangat penting lho, baik untuk perusahaan maupun untuk karyawannya. Maka dari itu, kamu harus dapat membuat slip gaji dengan benar dan rapi.

Lantas, bagaimana sih cara membuat slip gaji dengan benar dan rapi? Biar kamu bisa membuat serta memahami berbagai hal mengenai slip gaji, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Slip Gaji Karyawan?

Secara garis besar, slip gaji merupakan bukti resmi rincian gaji yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada karyawannya. Di dalamnya, terdapat rincian komponen upah yang diterima oleh setiap karyawan per bulannya.

Di dalam slip gaji biasanya berisi berbagai macam informasi yang berkaitan dengan rincian upah dari seorang karyawan. Misalnya, besaran gaji pokok karyawan tersebut, besaran potongan pajak, besaran potongan iuran BPJS, besaran tunjangan makan dan transportasi, serta tunjangan lainnya yang didapatkan karyawan tersebut.

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan UMR dan UMK? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Mengapa Slip Gaji Penting?

Bagi sebuah perusahaan, slip gaji ini merupakan dokumen penting agar perusahaan tidak salah dalam membayar gaji karyawannya. Selain itu, slip gaji juga berfungsi sebagai bentuk pendokumentasian nominal atau besaran gaji yang dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawannya.

Sedangkan bagi karyawan itu sendiri, slip gaji ini bukan hanya dokumen resmi yang merinci gaji mereka. Slip gaji ini dapat mereka gunakan untuk berbagai keperluan yang memang membutuhkan lampiran terkait dengan pendapatan mereka, seperti pengajuan KPR, pengajuan kredit atau pinjaman, dan bahkan ketika mereka ingin mengajukan permohonan visa.

Dengan berkembangnya teknologi, kini slip gaji tidak lagi diterbitkan dalam bentuk kertas, melainkan dalam format xlsx, word, atau bahkan dapat diakses secara online. Biasanya, HR akan mengirimkan slip gaji kepada seorang karyawan secara online setiap bulannya ke email mereka. Namun, dengan adanya sistem HRIS (Human Resources Information System), karyawan juga dapat mengakses slip gaji mereka sendiri melalui aplikasi.

Baca juga: Informasi Perhitungan Pesangon Mengundurkan Diri

Cara Membuat Slip Gaji Menggunakan Word atau Excel

Cara membuat slip gaji karyawan tidak terlalu sulit. Saat ini, Anda dapat menggunakan aplikasi khusus untuk membuat slip gaji karyawan atau Anda bahkan dapat membuatnya menggunakan Microsoft Excel atau Microsoft Word. Pastikan saja Anda memasukkan semua komponen slip gaji karyawan dan periksa kembali keakuratan data yang diinput.

pentingnya slip gaji

Komponen Slip Gaji

Dalam slip gaji karyawan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan, terutama yang bekerja di bagian HR. Salah satunya adalah informasi terkait bisnis yang Anda jalankan, seperti nama bisnis, alamat kantor, logo perusahaan, dan nomor telepon kantor Anda.

Selain itu, seorang HR juga harus memiliki data pribadi dari karyawan tersebut yang meliputi nama lengkap, NIK, jabatan atau posisi, status kontrak pekerja, nomor NPWP, serta informasi rekening bank karyawan tersebut. Selanjutnya isikan data-data seperti rincian gaji dan tunjangan lain yang diterima. Masukkan komponen gaji karyawan sesuai kebijakan perusahaan.

Berikut ini adalah komponen-komponen yang harus tertera di dalam slip gaji seorang karyawan:

  1. Informasi perusahaan
  2. Data karyawan
  3. Rincian gaji:
    • Gaji pokok
    • Tunjangan (transportasi, komunikasi, makan, dan hal-hal lain yang bersyarat)
    • Gaji tambahan (lembur)
    • Bonus dan/atau Tunjangan Hari Raya
    • Bonus lainnya (tergantung kebijakan masing-masing perusahaan)
  4. Potongan gaji:
    • Iuran (asuransi atau BPJS)
    • Pajak penghasilan yang dibayarkan oleh perusahaan
    • Penalty
    • Potongan lainnya (tergantung kebijakan masing-masing perusahaan)
  5. Hal-hal penting lainnya (tergantung kebijakan masing-masing perusahaan)
  6. Tanggal diterbitkannya slip gaji tersebut

Pada dasarnya, komponen yang harus tercantum di dalam slip gaji seorang karyawan adalah rincian bayaran total yang didapatkan karyawan pada bulan tersebut. Ketentuan gaji seorang karyawan sendiri sudah ditentukan dalam UU No.13 tahun 2003 terkait Pengupahan.

Baca juga: Mengetahui Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan

1. Cara Membuat Slip Gaji Menggunakan Word

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat slip gaji menggunakan Microsoft Word:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word pada komputer kamu
  2. Buat desain format slip gaji karyawan yang berisi semua komponen penting dari slip gaji
    • Kamu dapat menggunakan tabel untuk membuat desain formatnya
  3. Masukkan data-data yang dibutuhkan secara manual

Selain harus memasukkan data secara manual, di dalam Microsoft Word kamu juga harus melakukan penambahan dan pengurangan secara manual karena tidak dapat menggunakan rumus otomatis.

2. Cara Membuat Slip Gaji Menggunakan Excel

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat slip gaji menggunakan Microsoft Excel:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel pada komputer kamu
  2. Buat database dari semua jumlah karyawan yang akan digaji pada Sheet 1.
  3. Buat desain format slip gaji untuk masing-masing karyawan pada Sheet 2.
  4. Isi rincian yang ada menggunakan rumus otomatis.
    • Kamu dapat menemukan rumus-rumus tersebut di Google.
  5. Jangan lupa juga untuk menambahkan Pajak Penghasilan (PPh).

Setelah kamu membuat slip gaji di Microsoft Excel, kamu juga dapat mengintegrasikannya ke dalam Microsoft Word lho. Jadi sebaiknya kamu membuat di Excel terlebih dahulu saja.

3. Pembuatan Slip Gaji Aplikasi Gratis

Tanpa disadari, membuat format slip gaji karyawan secara manual dengan Microsoft Word dan Excel akan memakan banyak waktu dan resources perusahaan.

Bayangkan apabila kamu harus mengulangnya untuk setiap karyawan setiap bulannya. Belum lagi jika kamu hendak memberikan THR, bonus, atau pendapatan tidak rutin lainnya. Pasti akan memakan lebih banyak waktu bukan?

Oleh karena itu, kamu sangat disarankan menggunakan aplikasi pembuat slip gaji! Jangan salah, kamu tidak perlu menambahkan budget besar di daftar pengeluaran perusahaan untuk menggunakannya.

StaffAny menawarkan Payslip Generator Gratis yang bisa mengurangi beban pekerjaanmu!

Hanya dengan memasukkan nama perusahaan dan data karyawan yang diperlukan, kamu sudah bisa menerima format slip gaji yang mudah untuk digunakan!

Nah, apabila kamu masih mengalami kesulitan dalam menyimpan daftar absen karyawan dan menghitung gaji mereka yang sesuai, Smart Timesheet StaffAny siap membantu Anda. Sistem Timesheet ini juga langsung terintegrasi dengan sistem payroll atau penggajian sehingga tanggung jawab Anda untuk menghitung slip gaji pun menjadi jauh lebih mudah!

Contoh Format Slip Gaji

format slip gaji

Sebagai contoh, Agus adalah seorang staf marketing dari PT Maju Jalan dengan gaji pokok nett Rp4,5 juta. Agus mendapat beberapa tunjangan dari perusahaan, antara lain: transportasi, makan, internet, dan beberapa tunjangan kecil lainnya. Tidak hanya itu saja, Agus juga mendapatkan beberapa asuransi seperti BPJS, tetapi iuran tersebut sudah dibayarkan oleh perusahaannya.

Pada bulan Januari 2022, Agus mendapatkan bonus sebesar Rp1 juta karena target kerjanya tercapai. Selain itu, Agus juga tidak pernah terlambat dan selalu menaati peraturan, maka dari itu Agus tidak mendapatkan penalty sama sekali.

Berdasarkan data di atas, berikut ini adalah contoh format slip gaji yang dapat kamu gunakan sebagai referensi:

Contoh Slip Gaji
PT Maju Jalan
Gedung Menuju Puncak, Jalan Impian Cahaya No.12, Jakarta
Periode: Januari 2022
Nama Karyawan: Agus Baragus
Jabatan: Staf Marketing
Status: Karyawan Tetap
PTKP: K/0
Penerimaan
Gaji Pokok: 4.500.000
Tunjangan Transportasi: 250.000
Tunjangan Makan: 500.000
Tunjangan Internet: 250.000
Tunjangan Lainnya: 100.000
Bonus / THR: 1.000.000
Lembur: 0
Penerimaan Lainnya: 400.000
Total Penghasilan Bruto: 7.000.000
Pengurangan
Iuran BPJS Kesehatan: 0
Iuran BPJS Ketenagakerjaan: 0
Iuran Asuransi Lainnya: 0
Pajak: 0
Penalty: 0
Potongan Lainnya: 0
Total Pengurangan Bruto: 0
: 7.000.000
TOTAL DITERIMA KARYAWAN
Jakarta, 25 Januari 2022
PenerimaPT Maju Jalan
Agus BaragusStaf HR

Demikian penjelasan cara membuat slip gaji beserta contoh slip gaji yang dapat kamu gunakan sebagai referensi.

Baca juga: Apa Itu PKWT dalam Dunia Kerja?

Sebagai seorang pengusaha atau yang bekerja di bidang HR, pasti kamu merasa kesulitan jika harus mengurusi absensi karyawan secara manual. Belum lagi kamu juga harus mengurus slip gaji kan. Untuk membantu kamu meringankan beban pekerjaan, ada aplikasi HRD dari StaffAny yang dapat memberikan fitur absensi otomatis.

Selain absensi atau penjadwalan otomatis, StaffAny juga memiliki fitur unggulan lainnya yang dapat meringankan pekerjaan kamu lho. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini sekarang juga. Semoga informasi mengenai cara membuat slip gaji yang kami sampaikan dapat membantu kamu, ya!

cara membuat slip gaji, 3 Cara Membuat Slip Gaji dengan Rapi

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment