13 Cara Meningkatkan Kinerja Diri Sendiri dalam Bekerja

Table of Contents

Siapa yang ingin mencapai kesuksesan dalam dunia karier? Tentu kamu ikut mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan ini. Namun, kamu perlu melakukan aksi nyata dengan cara meningkatkan kinerja diri sendiri selama bekerja. Peningkatan kinerja yang signifikan ternyata bisa membangun kepercayaan diri dan membuka kesempatan pengembangan karier yang lebih luas.

Banyak orang yang ingin meningkatkan kinerjanya, tetapi mereka tidak mengetahui caranya. Kamu tidak perlu bingung lagi karena StaffAny akan mengupas tuntas tips membangun kinerja diri sendiri yang mudah dilakukan. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Cara Meningkatkan Kinerja Diri Sendiri untuk Mencapai Kemajuan Karier

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja selama bekerja. Apa saja? Lakukan tips di bawah ini agar kamu bisa mencapai kemajuan karier.

1. Pilih Pekerjaan sesuai Minat dan Kemampuan

Langkah awal untuk meningkatkan kinerja diri sendiri yaitu memilih pekerjaan yang sesuai minatmu. Pekerjaan terasa lebih menyenangkan karena kamu menyukai pekerjaanmu. Kamu pun akan berusaha mencari cara terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut sehingga produktivitas ikut meningkat. Namun, perhatikan juga kemampuan dan kapasitas diri agar kamu tidak tertekan selama bekerja.

2. Batasi Diri dari Sumber Distraksi

Sumber distraksi datang dari mana pun, bisa dari smartphone, media sosial, atau suara berisik di sekitarmu. Hindari semua sumber distraksi yang bisa mengalihkan fokus dan konsentrasimu dari pekerjaan yang sedang diselesaikan. Langkah ini juga bermanfaat agar kamu bisa meminimalisir kesalahan serta menyelesaikan pekerjaan lebih efisien dan tepat waktu. Kebiasaan ini harus dilakukan secara disiplin agar kinerjamu meningkat dalam jangka panjang.

3. Susun Rencana Pekerjaan

Perencanaan sangat berguna agar kamu tidak melewatkan pekerjaan penting dan mendesak yang harus diselesaikan. Kamu pun bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tenggat waktu (deadline) yang ketat apabila memiliki perencanaan yang baik. Tetapkan juga skala prioritas pekerjaan agar kamu bisa mendahulukan pekerjaan yang mendesak dan mendelegasikan tugas yang kurang penting namun harus segera diselesaikan.

Baca juga: 9 Manfaat Pengembangan Karir yang Perlu Diketahui

4. Lakukan Pekerjaan Seoptimal Mungkin

Bekerja secara optimal berarti kamu fokus mengerjakan satu tugas atau tanggung jawab dalam satu waktu. Artinya, kamu harus menghindari multitasking karena membuat kualitas pekerjaan menjadi kurang maksimal. Selain itu, kamu juga harus menghindari sifat perfeksionis yang bisa menghambat pekerjaan selesai tepat waktu.

5. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Kamu pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan karier. Pertanyaannya, apakah tujuan yang dibuat sudah realistis dan mudah dicapai? Jika belum, maka kamu harus membagi tujuan tersebut ke dalam beberapa goals kecil. Tips ini sangat berguna agar kamu bisa memanfaatkan waktu dan energi yang digunakan seefisien mungkin dalam bekerja. Kamu pun mampu menjaga motivasi dan fokus jika memiliki tujuan yang realistis.

6. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Kesehatan berperan besar dalam peningkatan produktivitas dan kinerja diri sendiri. Ambil waktu beberapa menit untuk berolahraga di pagi hari agar tubuhmu tetap segar dalam bekerja. Kamu juga harus mengonsumsi air putih dan makanan sehat supaya pikiranmu tetap jernih. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan mental melalui kegiatan meditasi atau mengikuti sesi konseling jika memiliki masalah yang sulit diselesaikan.

7. Terapkan Manajemen Waktu

Lakukan manajemen waktu dengan membuat daftar tugas, mengambil waktu untuk mengerjakan tugas penting, dan membatasi waktu untuk aktivitas yang tidak produktif. Manajemen waktu berguna agar kamu bisa menggunakan waktu secara efektif. Langkah ini bisa dilakukan pula dengan menyelesaikan pekerjaan jauh sebelum tenggat waktu yang ditetapkan.

Baca juga: Catat! Apa Itu Produktivitas Kerja dan Cara Meningkatkannya

8. Berkomunikasi yang Jelas

Komunikasi yang jelas dan efektif bersama atasan atau rekan kerja juga berguna untuk meningkatkan kinerja diri sendiri. Kamu bisa mengonfirmasi tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan dengan kemampuan komunikasi interpersonal yang baik. Selain itu, kamu pun bisa mengatasi masalah yang terjadi selama bekerja. Hubunganmu dengan atasan atau rekan kerja pun meningkat jika kamu melakukan tips ini.

9. Ambil Waktu Istirahat

Sesibuk apa pun dirimu, jangan lupa untuk mengambil waktu istirahat secara teratur. Istirahat akan membantu menjaga konsentrasi dan memperbaharui energi agar kamu kembali bekerja. Stres pun berkurang sehingga kamu bisa melakukan pekerjaan secara optimal.

10. Rencanakan Waktu Rapat

Tidak jarang kamu mengikuti rapat yang memakan waktu lebih banyak dari perkiraan awal. Solusinya, kamu harus merencanakan waktu rapat agar tetap berjalan efektif dan sesuai waktu yang telah ditetapkan. Kamu bisa meminta seseorang menjadi time keeper untuk memperingati batasan waktu rapat. Hal terpenting dari rapat adalah semua poin sudah disampaikan sejelas mungkin dalam waktu singkat.

11. Minta Umpan Balik (Feedback)

Umpan balik berguna untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pekerjaan dengan baik. Kamu bisa mengembangkan diri melalui feedback yang diberikan, baik kritik positif maupun negatif. Atasan dan rekan kerja akan menilai bahwa kamu orang yang terbuka dan mau belajar agar kinerja terus meningkat. 

Baca juga: 5 Metode Penilaian Kinerja Yang Wajib Dimengerti 

12. Terus Belajar dan Mengembangkan Diri

Industri yang kian berkembang mengharuskanmu untuk terus belajar dan  mengembangkan diri. Banyak sekali media belajar yang bisa kamu dapatkan, mulai dari mengikuti pelatihan atau workshop, membaca buku, serta mencari sumber informasi terbaru. Ilmu yang kamu dapatkan tentu sangat berguna untuk peningkatan kinerjamu selama bekerja.

13. Jangan Malu Bertanya

Pernah mendengar peribahasa ‘malu bertanya sesat di jalan’? Peribahasa tersebut relevan pula untuk pengembangan kinerjamu. Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang kurang dipahami. Kamu bisa memastikan bahwa tugas dikerjakan secara tepat serta menghindari masalah yang mungkin terjadi selama bekerja.

Banyak sekali cara meningkatkan kinerja diri sendiri, bukan? Kamu mungkin merasa tidak nyaman ketika mencoba menerapkannya pada pertama kali. Latihlah dirimu agar disiplin dan terus mengikuti tips di atas agar kinerjamu bisa meningkat secara perlahan.

Agar langkah di atas lebih efektif, gunakanlah tools yang bisa membantu kamu dalam melacak kemajuan kinerjamu. Kamu bisa menggunakan EngageAny untuk mengukur setiap langkah pekerjaan yang telah dilakukan secara tepat dan akurat. Tools ini juga bisa direkomendasikan kepada staf kamu untuk membantu meningkatkan kinerja mereka. 

Sebagai pengusaha di bidang retail atau hospitality, kamu pun memerlukan software HRD untuk manajemen karyawanmu. Pilihlah StaffAny karena software ini sangat cocok untuk industri bisnismu. 

Kamu pun bisa melacak kinerja karyawan yang bekerja di outlet yang berbeda hanya dalam satu dashboard. StaffAny juga memiliki fitur penjadwalan yang bisa digunakan untuk mengatur jam kerja karyawan dengan sistem shift. Aplikasi yang ideal untuk bisnis F&B, bukan? Hubungi WhatsApp kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang aplikasinya sekarang juga. Gunakan StaffAny sebagai cara meningkatkan kinerja diri sendiri yang efektif dalam menjalankan bisnismu.

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment