Memahami 7 Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Sering menemukan karyawan yang tidak fokus selama bekerja? Bisa jadi karena mereka memiliki komunikasi yang kurang baik dengan rekan kerja atau atasannya. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan cukup besar.

Masih banyak karyawan yang mengabaikan pentingnya komunikasi organisasi. Miskomunikasi yang sering terjadi di lingkungan kerja ternyata dapat memengaruhi performa karyawan selama bekerja. Karyawan sering menerima arahan yang tidak jelas atau terlibat konflik dengan atasan atau rekan kerjanya.

StaffAny akan mengulas tentang pentingnya komunikasi organisasi dalam perusahaan di artikel ini. Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Pengertian Komunikasi Organisasi

Goldhaber (1986) mendefinisikan komunikasi organisasi sebagai proses penciptaan dan pertukaran pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling bergantung satu sama lain demi menghadapi kondisi lingkungan yang tidak pasti. Sementara itu, Devito mengemukakan bahwa komunikasi organisasi merupakan upaya pengiriman dan penerimaan pesan dalam suatu organisasi.

Dari dua pengertian tersebut, kamu dapat menyimpulkan bahwa komunikasi organisasi merupakan proses pembuatan dan transmisi pesan atau informasi yang terjadi dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

Baca juga: Apa saja Hambatan Komunikasi Dalam Organisasi?

Pengaruh Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan

Sekilas dijelaskan bahwa komunikasi membawa pengaruh yang besar terhadap kinerja karyawan. Apa saja pengaruh dari komunikasi organisasi yang efektif?

1. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Komunikasi yang efektif dapat menghubungkan setiap karyawan sehingga mereka memahami setiap pesan yang disampaikan. Keterlibatan antar karyawan makin meningkat sehingga melahirkan kepuasan kerja. Karyawan yang puas tentu akan memberikan performa terbaik dalam pekerjaannya.

2. Mengurangi Konflik

Konflik atau masalah yang terjadi tentu akan memengaruhi performa karyawan selama bekerja. Komunikasi harus dilakukan untuk mengurangi konflik tersebut agar tidak berkembang menjadi lebih serius. Karyawan harus membicarakan masalah tersebut dan mencari solusinya melalui komunikasi yang efektif.

3. Hubungan dengan Konsumen Lebih Berkualitas

Komunikasi yang baik juga berpengaruh pada performa karyawan ketika berbicara dengan konsumen. Karyawan bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada konsumen melalui komunikasi dan penyampaian informasi yang efektif. Konsumen pun akan merasa puas dan memutuskan untuk bekerja sama lebih lanjut dengan perusahaanmu.

download

4. Melahirkan Budaya Kerja yang Sehat

Budaya kerja yang sehat tentu menjadi impian bagi banyak karyawan. Walaupun memiliki banyak perbedaan suku, agama, latar belakang, dan sebagainya, kamu dapat melahirkan budaya perusahaan yang sehat dengan berkomunikasi secara efektif. Tidak ada karyawan yang merasa diabaikan sehingga mereka mau memberikan kontribusi terbaiknya selama bekerja.

5. Karyawan Memahami Tugas yang Diberikan

Pengaruh ini perlu diwaspadai oleh atasan atau pimpinan perusahaan. Komunikasi yang efektif tentu akan membuat karyawan memahami peran dan tugas yang harus dikerjakan dalam perusahaan. Karyawan akan lebih fokus mengerjakan tugas tersebut dan tidak terdistraksi dengan tugas yang kurang diperlukan sehingga mereka bisa memberikan kinerja terbaiknya.

6. Meningkatkan Inovasi

Komunikasi yang efektif tentu akan memungkinkan karyawan saling bertukar pikiran dan ide. Alhasil, mereka akan mampu berpikir inovatif dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tidak hanya bekerja, karyawan yang berkontribusi memberikan inovasi terbaik tentu bermanfaat besar bagi perkembangan perusahaan.

7. Memperkuat Kerja Sama Tim

Kerja sama dan kolaborasi lahir karena karyawan berkomunikasi secara efektif. Kepercayaan karyawan meningkat melalui komunikasi sehingga memudahkan terbentuknya kerja sama tim yang baik.

Baca juga: 15 Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan

Tips Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Organisasi dalam Perusahaan

Manfaat di atas tentu bisa dirasakan kalau kamu menerapkan strategi komunikasi yang efektif di lingkungan kerja? Bagaimana caranya? Ikuti tips di bawah ini.

1. Bersikap Terbuka dan Jujur

Komunikasi yang efektif dimulai dengan bersikap terbuka dan jujur. Apabila terjadi masalah atau perubahan, kamu harus menyampaikannya dengan transparan kepada rekan kerja atau atasan. Mereka pasti akan membantumu mencari solusi agar masalahnya tidak berkembang menjadi konflik.

2. Berani Meminta dan Memberikan Feedback

Feedback atau umpan balik sangat diperlukan agar karyawan makin berkembang. Kamu harus berinisiatif meminta feedback kepada atasan mengenai performa kerja selama beberapa periode yang lalu. Sementara itu, atasan harus memberikan feedback dengan jujur agar karyawan bisa berkembang lebih baik. Feedback bisa menjadi awal yang bagus untuk melahirkan komunikasi efektif dalam perusahaan.

Baca juga: 5 Metode Penilaian Kinerja Secara Adil

3. Jadwalkan Pertemuan Rutin

Pertemuan atau rapat bisa menjadi sarana bagi karyawan untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya. Cobalah mengajak karyawan untuk berbagi ide, keluhan, dan masukan dalam sebuah pertemuan. Tidak hanya rapat, kamu juga bisa melakukan tips ini ketika mengadakan pelatihan atau training.

4. Jadilah Pendengar Aktif

Karyawan maupun atasan harus menjadi pendengar yang aktif jika ingin melahirkan komunikasi efektif. Setelah lawan bicara selesai, kamu bisa mengulangi atau menyampaikan beberapa poin yang telah mereka ucapkan. Tips lainnya yaitu menjaga kontak mata ketika lawan bicara sedang menyampaikan informasi.

5. Bersikap Responsif

Selain menjadi pendengar aktif, kamu juga harus bersikap responsif untuk menghormati lawan bicaramu. Caranya, kamu langsung membalas pesan tanpa harus membuat lawan bicara menunggu lebih lama. Sikap responsif juga ditunjukkan dengan melakukan perintah dari atasan dengan tepat dan cepat.

Komunikasi yang efektif tentu berperan besar dalam meningkatkan kinerja karyawan, bukan? Oleh karena itu, terapkan cara yang telah dijelaskan di atas agar kamu memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasanmu. Namun, komunikasi saja tidak cukup untuk menilai performa kerja karena kamu juga harus memperhatikan indikator kedisiplinan mereka.

Salah satu indikator penilaian kedisiplinan karyawan adalah ketepatan waktu datang ke kantor. Kamu tidak perlu lagi membuat absensi manual untuk mencatat kehadiran mereka. Ada StaffAny, aplikasi absen karyawan gratis yang bisa mencatat jam masuk dan jam keluar karyawan dengan efektif dan detail.

Karyawanmu pun akan diuntungkan dengan aplikasi ini karena mereka tidak perlu mengantri hanya untuk melakukan absen. Tunggu apalagi? Hubungi kami melalui WhatsApp dan dapatkan free trial aplikasi StaffAny sekarang juga. Mudahkan pekerjaan HRD di kantormu hanya dengan StaffAny.

Sudahkah kamu memahami pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan setelah membaca artikel ini? Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada rekan kerjamu, ya!

pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan, Memahami 7 Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Human Capital Development adalah

Apa itu Human Capital Development?

Human capital development adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Tanpa adanya human capital development yang baik, perusahaan akan kesulitan untuk melakukan

Read More »

Leave a comment