Mengenal 7 Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memberikan pelatihan atau training kepada karyawannya. Alasannya, pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan sangatlah besar dan bisa berdampak pada kemajuan perusahaan pula. Kamu perlu memberikan program pelatihan secara rutin agar karyawan bisa menghasilkan performa terbaiknya dalam bekerja.

Apa saja dampak positif dari mengadakan program pelatihan terhadap kinerja karyawan? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan

Berikut penjelasan mengenai pengaruh dari pelatihan atau training secara rutin terhadap kinerja karyawan.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan

Kepercayaan diri karyawan akan meningkat setelah mengikuti pelatihan mengenai skill atau keterampilan tertentu. Alhasil, mereka akan menghasilkan performa yang lebih baik karena telah memiliki ilmu atau pengetahuan tentang keterampilan yang diperlukan selama bekerja. Dampak ini makin signifikan apabila karyawan kembali mempelajari materi yang diajarkan setelah pelatihan selesai.

2. Meningkatkan Produktivitas

Pelatihan bermanfaat pula untuk meningkatkan produktivitas karyawan selama bekerja. Peningkatan produktivitas ini tentu berpengaruh pada hasil atau output pekerjaannya. Karyawan juga memiliki manajemen waktu yang efektif sehingga mereka akan lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya. Kinerja karyawan pun meningkat karena produktivitasnya bertambah dan mereka bisa memberikan kontribusi yang cukup besar untuk timnya.

Baca juga: Mengenal Performance Management Agar Kinerja Karyawan Dapat Ditingkatkan

3. Memperluas Kesempatan Berkembang

Pelatihan bisa menjadi kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan kariernya di dunia profesional. Apabila karyawan berhasil menyelesaikan pelatihan, mereka akan merasa puas dan makin termotivasi untuk bekerja di perusahaan. Faktor inilah yang bisa meningkatkan kinerja karyawan. Tidak hanya itu, karyawan juga bisa menambahkan skill yang dipelajari dalam Curriculum Vitae (CV) mereka sehingga bisa mendapatkan peluang kerja yang lebih besar.

download

4. Berani Mencoba Hal Baru

Karyawan akan mendapatkan ilmu, pelajaran, dan pengalaman baru selepas mengikuti pelatihan di tempat mereka bekerja . Tidak hanya itu, mereka juga berani mencoba dan menerapkan hal baru tersebut dalam tugas atau pekerjaan yang dilakukan. Karyawan pun menemukan strategi baru dalam menyelesaikan masalah terkait pekerjaannya serta mendapatkan ide dan inovasi yang berguna untuk pengembangan perusahaan.

5. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Pada dasarnya, training bertujuan untuk mengasah pengetahuan dan keterampilan (skill) yang diperlukan oleh karyawan selama bekerja. Skill dan pengetahuan yang lebih mumpuni tentu akan meningkatkan kinerja karyawan sehingga menghasilkan output kerja yang lebih baik. Mereka juga mampu mencapai target pekerjaan yang lebih tinggi sehingga memiliki prestasi yang baik selama bekerja.

6. Mampu Membantu Rekan Kerja

Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki hendaknya dibagikan pula kepada orang lain. Begitu pula dalam lingkungan kerja, karyawan bisa membantu rekan kerja yang lain dalam pekerjaannya jika memiliki keterampilan yang mumpuni. Karyawan bisa saling membagikan ilmu atau pengalaman seputar skill bersama rekan kerjanya melalui kegiatan pelatihan.

7. Mempersiapkan Karyawan untuk Posisi Kepemimpinan

Terakhir, pelatihan juga menjadi sarana untuk mempersiapkan karyawan untuk menduduki posisi kepemimpinan. Karyawan akan dilatih menjadi pemimpin yang bertalenta dan mampu mengayomi bawahannya pada masa depan kelak. Selain itu, calon pemimpin juga harus berpikir kritis dan mampu mencari solusi untuk memecahkan masalah di lingkungan kerja.

Baca juga: 8 Tips Meningkatkan Engagement Karyawan Anda

Bentuk Pelatihan Karyawan

Manfaat pelatihan yang telah dijelaskan di atas pasti membuatmu tertarik mengadakan program pelatihan di perusahaan. Ada lima bentuk pilihan yang bisa diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan karyawanmu. Apa saja bentuknya?

1. Pelatihan Keterampilan (Skill)

Pelatihan ini berguna untuk mengasah hard skill ataupun soft skill yang diperlukan dalam pekerjaan. Setiap divisi perusahaan pasti membutuhkan jenis hard skill yang berbeda, tetapi soft skill yang diperlukan hampir sama. Contohnya, sekretaris perusahaan harus menguasai Microsoft Excel, sementara tim digital marketing harus mempelajari social media marketing. Namun, mereka membutuhkan soft skill yang sama, seperti komunikasi dan manajemen.

2. Pelatihan Tim

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih kemampuan karyawan ketika bekerja dalam tim. Karyawan akan memahami pentingnya komunikasi dan kerja sama tim yang baik untuk mencapai tujuan bersama. Hasilnya, kolaborasi antar karyawan pun meningkat sehingga mereka menghasilkan kinerja yang baik selama bekerja.

3. Pelatihan Teknologi

Seluruh kegiatan operasional perusahaan sudah membutuhkan teknologi pada saat ini. Oleh karena itu, karyawan harus mengikuti pelatihan teknologi agar mereka menguasai teknologi yang dibutuhkan dalam perusahaan. Perusahaan bisa mengejar perkembangan pasar yang pesat apabila karyawannya memahami penggunaan teknologi.

Baca juga: Kenali 10 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM

4. Pelatihan Bahasa

Globalisasi memungkinkan sebuah perusahaan untuk memasarkan produknya di luar negeri. Kamu dapat mengadakan pelatihan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, agar karyawan bisa meningkatkan kemampuannya di bidang tersebut. Perusahaan memiliki peluang yang besar di pasar global jika karyawannya memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni.

5. Pelatihan Kreativitas

Pelatihan kreativitas sangat diperlukan agar karyawan bisa menghasilkan berbagai ide dan gagasan yang rasional. Karyawan pun mampu menghasilkan solusi yang kreatif ketika menghadapi masalah dalam pekerjaannya. Seluruh ide, gagasan, dan solusi tersebut sangat bermanfaat untuk kemajuan perusahaan.

Lima bentuk pelatihan di atas bisa menjadi pilihan terbaik untuk diselenggarakan di perusahaan kamu. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan karyawan agar kamu bisa mengadakan pelatihan secara tepat sasaran. Kinerja karyawanmu akan meningkat secara perlahan karena telah mendapatkan manfaat dari pelatihan yang telah disebutkan di atas.

Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan ternyata sangat besar, bukan? Namun, kinerja karyawan saja tidak cukup menjadi indikator prestasi mereka. Kamu juga harus menilai kedisiplinan karyawan ketika mereka datang tepat waktu ke tempat mereka bekerja 

Masalahnya, bagaimana jika tempat mereka bekerja masih menerapkan sistem absensi manual? Agar memudahkan usaha kamu, segeralah  beralih ke  aplikasi absen karyawan gratis kami  untuk melacak ketepatan waktu mereka setiap saat. Karyawan pun bisa mengisi absensi tanpa perlu menulis secara manual atau melihat waktu karena fitur absensi yang StaffAny gunakan sudah berbasis WiFi, Geotag, dan Geofence. Jadi, tidak ada lagi pencurian waktu oleh karyawan  yang membuat waktu kerja menjadi kurang efektif.

Hubungi kami sekarang juga melalui WhatsApp dan cobalah free trial StaffAny agar kamu bisa merasakan manfaatnya. Tingkatkan efisiensi dalam mengisi kehadiran hanya bersama StaffAny.

pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan, Mengenal 7 Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Human Capital Development adalah

Apa itu Human Capital Development?

Human capital development adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Tanpa adanya human capital development yang baik, perusahaan akan kesulitan untuk melakukan

Read More »

Leave a comment