Pengertian Loyalitas Karyawan dan Pentingnya Bagi Perusahaan

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagaimana kamu menilai loyalitas karyawan? Apakah kamu masih mengukurnya berdasarkan masa kerja mereka? Faktanya, pengertian loyalitas lebih dari sekadar masa kerja karyawan di suatu perusahaan. Karyawan loyal memiliki karakteristik yang ditunjukkan melalui sikap dan perilaku mereka.

Apa sebenarnya loyalitas karyawan itu? Seperti apa karyawan yang loyal terhadap perusahaan? Daripada penasaran, baca saja artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Mengenal Loyalitas Karyawan

Loyalitas karyawan tidak terbatas pada masa kerja mereka di suatu perusahaan. Lebih dari itu, mereka fokus pada kesuksesan perusahaan tersebut. Mereka pun rela memberikan performa terbaik untuk mencapai tujuan perusahaan. Dedikasi dan kesetiaan mereka membuat perusahaan bisa berkembang dan mampu bertahan saat mengalami masa-masa sulit bahkan kemunduran.

Loyalitas dalam diri karyawan tentu tidak lahir tiba-tiba. Perusahaan harus memberikan perlakuan yang adil sehingga mereka merasa dihargai. Karyawan pun menjadi loyal dan mau berpartisipasi dalam mewujudkan nilai-nilai dan tujuan perusahaan. Mereka juga mau mendedikasikan dirinya untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama di sebuah perusahaan.

Pentingnya Loyalitas Karyawan Bagi Perusahaan

Setiap perusahaan pastilah membutuhkan karyawan yang loyal dan fakta itu memang tidak bisa disangkal. Karyawan macam ini dapat meningkatkan kinerja operasional perusahaan sekaligus mengurangi tingkat turnover. Menariknya lagi, perusahaan bisa menarik tenaga kerja baru, terutama yang masih fresh graduates atau berusia muda.

pentingnya loyalitas

Biar lebih jelas, baca poin-poin di bawah ini.

  1. Meningkatkan produktivitas: Karyawan yang loyal memiliki motivasi dan sikap positif selama bekerja. Sikap ini membuat mereka mampu mencapai target dalam bekerja meskipun sedang menghadapi banyak tekanan.
  2. Membangun Citra Perusahaan: Karyawan loyal tentu memiliki kepuasan yang tinggi. Tingkat kepuasan tersebut dapat meningkatkan image perusahaan. Publik akan menilai bahwa perusahaan tersebut memberikan perlakuan bagus terhadap karyawannya.
  3. Menarik Karyawan Baru: Citra perusahaan yang baik di mata publik tentu menarik perhatian minat pencari kerja. Posisi yang lowong dalam perusahaan bisa diisi dengan mudah dan cepat sehingga alur produksi tetap berjalan lancar.
  4. Mempercepat Pertumbuhan: Karyawan loyal dianggap sebagai agen perubahan dalam perusahaan. Perubahan yang baik tentu dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan dalam perusahaan.
  5. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan: Karyawan loyal sudah pasti menghargai pelanggan atau klien pengguna produk atau jasanya. Penghargaan tersebut ditunjukkan melalui dedikasi mereka dalam mengerjakan bagiannya. Kepuasan pelanggan pun bertambah dan perusahaan kamu pun makin dikenal publik.

5 Ciri Karyawan yang Loyal Terhadap Perusahaan

Karyawan yang loyal tidak semata-mata dinilai dari banyaknya waktu yang dihabiskan selama bekerja. Kualitas dan karakteristik pun bisa menjadi tolak ukur kesetiaan karyawan terhadap perusahaan. Apa saja karakteristik yang ditunjukkan oleh seorang karyawan loyal?

1. Nyaman dengan Pekerjaannya

Alasan utama karyawan mau setia kepada perusahaan adalah karena mereka sudah nyaman dengan pekerjaannya. Mereka bekerja sepenuh hati dan memberikan usaha terbaik dalam setiap pekerjaannya. Bagi mereka, perusahaan adalah rumah kedua karena sudah memberikan tempat ternyaman untuk berkarya.

2. Berintegritas Tinggi

Integritas artinya karyawan tetap mau bekerja walau tidak dilihat oleh orang lain. Sikap tersebut memang dimiliki oleh seorang karyawan yang loyal. Mereka tetap disiplin dan bertanggung jawab terhadap setiap pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya, padahal belum tentu mendapatkan apresiasi.

3. Diteladani oleh Karyawan Lain

Loyalitas karyawan tentu menjadi hal yang patut dicontoh oleh rekan kerja. Karyawan lain meneladani integritas, kemampuan interpersonal, inisiatif, dan kerja keras mereka. Keberhasilan yang diraih oleh karyawan loyal pun menjadi alasan rekan kerja lain menjadikannya sebagai teladan.

4. Tidak Mudah Sensitif

Karyawan yang  loyal tidak langsung sensitif dan mengeluh ketika mendapatkan teguran atau kritik saat berbuat kesalahan. Mereka menerima semua kritikan tersebut dengan lapang dada dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi.

5. Menghargai Perusahaan

Bagi karyawan loyal, perusahaan bukan sekadar tempat mencari nafkah. Mereka menghargai nilai-nilai, budaya, bahkan peraturan dalam perusahaan. Perusahaan akan selangkah lebih dekat dengan visinya karena karyawan loyal menerapkan semua nilai tersebut dalam hidup mereka.

Tips Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Sekilas dijelaskan bahwa loyalitas karyawan tidak lahir secara mendadak, apalagi muncul ketika karyawan mulai bekerja di perusahaan. Perusahaan memiliki andil besar dalam membangun loyalitas tersebut. Bagaimana caranya?

meningkatkan loyalitas

1. Dorong Potensi Mereka

Kenali potensi setiap karyawan, kemudian bantu mereka untuk mengembangkannya. Berikan mereka kesempatan untuk mengembangkan potensi tersebut melalui pekerjaan atau kegiatan perusahaan lainnya. Mereka akan berterima kasih dan mau memberikan performa terbaik dalam pekerjaan mereka.

2. Bangun Kepercayaan kepada Karyawan

Jangan buru-buru menyalahkan karyawan kalau terdapat suatu insiden atau kejadian fatal di kantor. Berikan mereka waktu untuk menjelaskan situasi dan alasan di balik peristiwa tersebut. Langkah ini dapat membangun kepercayaan karyawan sehingga mereka menjadi loyal terhadap perusahaan kamu.

3. Hargai Waktu Mereka

Hindari menghubungi karyawan di luar jam kerja kecuali kalau kamu ingin membicarakan hal yang tidak terkait pekerjaan. Hargai bahwa mereka adalah manusia yang mendambakan work-life balance dalam hidupnya. Karyawan mana yang tidak setia apabila perusahaan menghargai waktu mereka di luar jam kerja?

4. Berikan Fasilitas Sesuai Kebutuhan

Selain fasilitas seperti toilet atau coffee room, tanyakan mengenai tools atau alat yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Sediakan fasilitas tersebut supaya mereka mampu memberikan hasil kerja yang lebih berkualitas. Loyalitas karyawan meningkat karena mereka diberikan fasilitas yang memudahkan mereka saat bekerja.

5. Berikan Kesempatan Berdiskusi

Ajak mereka berdiskusi mengenai perusahaan, tepatnya regulasi dan peningkatan yang harus dilakukan. Dengarkan aspirasi mereka demi perkembangan perusahaan yang lebih baik. Sikap ini membuat karyawan merasa dihargai sehingga mereka mau loyal kepada perusahaan.

Singkatnya, pengertian loyalitas karyawan juga dilihat dari karakteristik yang dimilikinya. Berikan bonus jatah cuti sebagai bentuk apresiasi terhadap loyalitas mereka. Gunakan aplikasi cuti online supaya mereka tidak perlu repot saat mengajukan cuti. Kamu pun tidak perlu repot saat mengabulkan permintaan cuti dari banyak karyawan berkat aplikasi dari StaffAny ini. Hubungi StaffAny untuk mengetahui fitur menariknya dan dapatkan free trial untuk mencoba aplikasi ini.

pengertian loyalitas, Pengertian Loyalitas Karyawan dan Pentingnya Bagi Perusahaan

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment