Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa untuk Komunikasi Terbaik Bisnis FnB Kamu

Table of Contents

WhatsApp memang merupakan pilihan terbaik untuk terhubung dengan pelanggan dan mitra bisnis di dunia Food and Beverages (FnB). Buktinya, jumlah pengguna WhatsApp (WA) di Indonesia pada tahun 2023 sudah mencapai 112 juta orang berdasarkan data dari Databoks. Menariknya, WhatsApp juga menghadirkan versi yang ideal untuk bisnis FnB, yaitu WhatsApp Bisnis. Nah, apa sih yang menjadi perbedaan WA Bisnis dan WA biasa?

Tentunya kamu merasa dilema ketika memilih antara WhatsApp Bisnis atau WhatsApp biasa. Alasannya, masih banyak beberapa bisnis yang masih menggunakan WhatsApp biasa. Jangan khawatir, kami akan mengupas lebih dalam mengenai perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa sebagai bahan pertimbangan kamu. Yuk, simak penjelasannya sampai selesai!

Berkenalan dengan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa

Sebagai aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di dunia, WhatsApp telah menjadi platform komunikasi yang populer bagi pengguna pribadi maupun bisnis FnB. WhatsApp menawarkan dua jenis platform yang berbeda, yaitu WhatsApp biasa dan WhatsApp Bisnis.

WhatsApp biasa, atau sering disebut sebagai WhatsApp saja, adalah aplikasi pesan instan yang digunakan oleh pengguna pribadi atau umum untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan koleganya. Fiturnya mencakup pengiriman pesan teks, suara, dan gambar, berbicara di grup obrolan, berbagi lokasi, dan mengirimkan pesan suara dan panggilan video.

Sedangkan WhatsApp Bisnis memiliki sejumlah fitur yang dirancang khusus untuk bisnis. Kamu bisa membuat akun WhatsApp Bisnis yang resmi sehingga pengguna bisa mengetahui identitas restoran atau bisnis FnB yang kamu jalankan.

WhatsApp Bisnis juga menggunakan API Application Programming Interface untuk mengintegrasikan WhatsApp dengan aplikasi bisnis sehingga memudahkanmu dalam operasional bisnis.

Fitur lainnya adalah kamu bisa mengirimkan pesan otomatis dan pesan siaran kepada pengguna. Kamu juga bisa mengubah akun bisnis resmi WhatsApp menjadi katalog dan menambahkan tombol ‘Tambah ke Keranjang’ sehingga pelanggan lebih mudah ketika ingin melakukan transaksi. Lebih menariknya lagi, kamu bisa melakukan manajemen percakapan yang lebih baik dengan mengelompokkan kategori pesannya.

Baca juga: Perbedaan Marketing dan Sales yang Perlu Diketahui 

Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa

Lantas, apa yang menjadi perbedaan WA Bisnis dan WA biasa? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini!

1. Tampilan Logo

Perbedaan paling mencolok antara WhatsApp Business dan WhatsApp biasa terlihat pada tampilan logonya. WhatsApp Business menampilkan logo WhatsApp biasa dengan tambahan kata ‘Business’ yang tersemat di bawahnya.

2. Profil Akun Pribadi vs Akun WhatsApp Bisnis

Dengan menggunakan WhatsApp Business, kamu bisa menambahkan detail informasi bisnismu. Kamu bisa mencantumkan alamat, jam operasional, dan deskripsi bisnis FnB-mu. Sebaliknya, WhatsApp biasa dirancang khusus untuk profil akun pribadi.

3. Migrasi Akun WA Biasa ke WA Bisnis atau Sebaliknya

Kalau sebelumnya bisnis FnB-mu menggunakan WhatsApp biasa, kamu bisa beralih ke WhatsApp Business dengan mudah. Kamu cukup melakukan migrasi dengan mengimpor riwayat chat ke akun bisnis. Lain halnya kalau ingin migrasi dari WhatsApp Business ke WhatsApp biasa, hal itu tidak memungkinkan.

4. Adanya Fitur Balas Pesan Otomatis

Salah satu fitur unik dari WhatsApp Business adalah mengirim balasan pesan otomatis. Kamu bisa mengirim pesan otomatis kepada pelanggan saat tidak dapat membalas pesan secara langsung, seperti jam sibuk (peak hour) restoran atau di luar jam operasional bisnis. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di WhatsApp Biasa.

5. Adanya Fitur Broadcast (Pesan Siaran)

WhatsApp Business juga menawarkan fitur pesan broadcast sehingga kamu bisa mengirim pesan ke banyak pelanggan sekaligus. Fitur ini pasti berguna dalam mengelola komunikasi dengan pelanggan dengan skala yang lebih besar, seperti mengirimkan pesan promosi. WhatsApp biasa tidak memiliki fitur ini.

6. Adanya Tombol ‘Tambah ke Keranjang’

Fitur ‘Tambah ke Keranjang’ yang ada di WhatsApp Bisnis membantu pelanggan untuk melakukan pembelian dengan lebih mudah dan cepat. Mereka bisa langsung memilih produk atau layanan yang diinginkan dan menambahkannya ke dalam keranjang belanja mereka dengan sekali klik. Sayangnya, WhatsApp Biasa tidak menyediakan fitur ini.

7. Manajemen Percakapan Bisnis

WhatsApp Business memberikan solusi yang bermanfaat untuk manajemen percakapan bisnis. Kamu bisa mengelola interaksi dengan pelanggan dengan lebih efektif, seperti mengelompokkan pesan berdasarkan proses transaksinya. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di WhatsApp Biasa, yang membuatnya kurang cocok untuk pengguna yang ingin memaksimalkan produktivitas dan responsivitas dalam berbisnis.

8. Adanya Label Chat

Dengan adanya fitur ini, kamu dapat mengelompokkan percakapan berdasarkan kategori tertentu. Misalnya, kamu dapat mengelompokkan percakapan tentang penjualan, layanan pelanggan, atau permintaan informasi. Fitur ini tentunya tidak tersedia di WhatsApp biasa.

Baca juga: 12 Strategi Marketing Restoran Terbaik di Era Digital

Kelebihan dan Keterbatasan Masing-Masing Platform

Setiap platform mempunyai kelebihan dan keterbatasannya masing-masing. Kelebihan WhatsApp biasa adalah seluruh fiturnya gratis untuk digunakan. Selain itu, banyak pengguna yang mengakses WhatsApp biasa dibandingkan WhatsApp bisnis. Kalau kamu ingin bertukar pesan dengan mitra bisnis yang ada di luar negeri, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Di samping kelebihan di atas, WhatsApp biasa mempunyai keterbatasan jika kamu menggunakannya untuk bisnis FnB. Pertama, kamu tidak mendapatkan fitur khusus untuk bisnis.

Kamu juga tidak mendapatkan dukungan pelanggan resmi apabila ada pengaduan atau masalah. Pengguna juga akan kesulitan untuk membedakan jika kamu menggunakan akun WhatsApp bisnis atau hanya akun pribadi.

Bagaimana dengan WhatsApp Business? Kelebihan WhatsApp Business terletak pada dukungan pelanggan resmi sehingga kamu bisa mendapatkan solusi yang memuaskan jika ada masalah. Hanya saja ada keterbatasannya.

Untuk menggunakan fitur API dalam WhatsApp Bisnis, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan. Kamu juga harus memerlukan akun Facebook Business Manager untuk mengelola akun WhatsApp Business.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Coffee Shop, Pemula Wajib Paham!

Jadi, Platform Mana yang Cocok untuk Kebutuhan Bisnis Kamu?

Pertimbangan dalam memilih platform tergantung pada kebutuhan bisnis kamu. Jika kamu hanya memerlukan platform untuk berkomunikasi dengan pelanggan, maka WhatsApp biasa mungkin sudah cukup. Namun, jika ingin memaksimalkan penggunaan WhatsApp untuk bisnis, maka pilihlah WhatsApp Business.

Untuk pertimbangan lebih jelas, kamu bisa melihat contoh penggunaannya dalam konteks bisnis ini. WhatsApp biasa dapat digunakan untuk mengirim pesan promosi atau mengirim pesan kepada pelanggan yang sudah dikenal

. Sedangkan WhatsApp Business bisa digunakan untuk mengirim pesan otomatis dan pesan siaran, menambahkan tombol ‘Tambah ke Keranjang’, dan mengelola percakapan bisnis dengan lebih efektif.

Setelah mengetahui perbedaan WA biasa dan WA Bisnis, sudahkah kamu menentukan pilihan platform komunikasi yang ingin digunakan? Apa pun pilihannya, pastikan semuanya cocok untuk kebutuhan bisnismu, ya.

Baca juga: 9 Tips Market Penetration Strategy untuk Bisnismu 

Ciptakan Komunikasi yang Mulus bersama Karyawan dengan StaffAny

Dalam menjalankan bisnis FnB, bukan hanya manajemen hubungan pelanggan melalui WhatsApp yang harus ditingkatkan. Kamu juga harus menjaga manajemen karyawan supaya operasional bisnismu berjalan mulus. Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan software HRIS StaffAny untuk manajemen karyawan yang lebih baik.

StaffAny merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk manajemen karyawan FnB. Apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan StaffAny?

1. Pengajuan Cuti yang Simpel

Serahkan kendali pengelolaan cuti karyawan pada StaffAny, aplikasi yang memudahkan dan mempercepat proses dengan sedikit kesalahan. StaffAny menyederhanakan pengajuan cuti. Dengan sistem yang dirancang secara real-time, kamu bisa memantau ketersediaan karyawan pada setiap jadwal sehingga memberikan fleksibilitas tanpa gangguan dalam menyusun jadwal kerja.

StaffAny

2. Sistem Timesheet Pintar yang Ringkas

StaffAny memahami kompleksitas peran manajer bisnis FnB, terutama dalam menghadapi jadwal dan waktu kerja yang selalu berubah. Dengan smart timesheet, Anda bisa merasakan proses konsolidasi data timesheet harian karyawan yang lebih efektif. Dengan smart timesheet, kamu bisa menghitung lembur dan mengevaluasi kinerja karyawan berdasarkan jam kerja mereka.

3. Absensi Karyawan yang Praktis

StaffAny menyediakan berbagai pilihan metode absensi yang aman untuk bisnis kamu. Kamu bisa menggunakan metode Geofence dengan kode QR atau WiFi sehingga karyawan bisa langsung clock-in dan clock-out ketika mereka tiba di restoran. StaffAny juga menghindari karyawan clock-in sebelum shift kerja mereka dimulai dan clock-out sebelum jam kerja berakhir.

Banyak sekali fitur yang bermanfaat untuk bisnis FnB kamu, bukan? Ayo, hubungi kami melalui WhatsApp untuk mencoba gratis aplikasinya!

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment