Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan Startup bidang F&B

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Table of Contents

Banyak hal yang harus kamu persiapkan untuk membangun perusahaan start-up di bidang food and beverages (F&B). Persiapan tersebut bukan hanya modal atau ide produk yang akan dibuat. Kamu juga perlu merancang struktur organisasi perusahaan start-up agar setiap karyawan bisa memahami peran dan posisinya.

Mengapa struktur organisasi sangat dibutuhkan dalam perusahaan start-up atau rintisan? Apa saja jabatan atau peran yang harus ada dalam struktur organisasi? Temukan jawaban lengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya dalam Perusahaan

Ada baiknya kamu memahami apa itu struktur organisasi dan fungsinya terlebih dahulu. Struktur organisasi merupakan grafik yang menggambarkan hierarki atau peran beberapa orang yang terlibat dalam organisasi atau perusahaan. Grafik ini terdiri dari beberapa komponen seperti jabatan, pembagian kerja, dan cara mengoordinasi pembagian tugas dalam perusahaan. Setiap perusahaan membutuhkan struktur organisasi agar bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan pada masa depan.

Ciri utama struktur organisasi yang baik yaitu harus menunjukkan spesialisasi dalam setiap fungsi pekerjaannya. Artinya, kamu harus membuat struktur organisasi yang terdiri dari nama karyawan, jabatan, dan alur komunikasinya.

Lantas, apa saja fungsi struktur organisasi dalam perusahaan start-up? Berikut beberapa fungsi pentingnya:

  1. Memberikan kejelasan tanggung jawab yang diemban oleh karyawan dalam perusahaan.
  2. Menjelaskan koordinasi dan posisi dari setiap pelopor atau pendiri perusahaan.
  3. Menggambarkan alur komunikasi dan hubungan antara setiap jabatan atau posisi dalam perusahaan.
  4. Menguraikan daftar tugas atau pekerjaan yang diemban oleh karyawan secara jelas.

Struktur organisasi juga harus dicantumkan dalam business plan atau proposal bisnis ketika kamu hendak mengajukan pendanaan. Investor pasti memberikan pendanaan kepada perusahaan start-up dengan struktur organisasi yang jelas.

fitur

Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan Start-up

Ada tujuh peran pokok yang harus ada dalam perusahaan start-up bidang FnB. Inilah penjelasan mengenai peran dalam perusahaan start-up bidang FnB.

1. Chief Executive Officer (CEO)

Hampir setiap jenis perusahaan memiliki CEO, bukan hanya perusahaan start-up saja. CEO berperan penting dalam merancang visi dan misi perusahaan yang matang serta strategi yang harus dilakukan agar bisnisnya bisa berkembang. Selain itu, CEO juga harus menjaga hubungan baik dengan beberapa pihak eksternal, terutama investor.

CEO juga menentukan segmentasi atau target pasar, produk yang ingin dibuat, dan memutuskan Unique Selling Points (USP) dari produk makanan atau minuman yang dijual agar lebih menonjol daripada kompetitornya. Mereka pun harus bisa memprediksi tren pasar dari produk yang akan dibuat. Intinya, CEO memiliki peran yang cukup banyak di seluruh bidang perusahaan karena merupakan kepala dari perusahaan start-up bidang F&B.

Baca juga: Pentingnya Standar Operasional Prosedur F&B Service

2. Food and Beverage Director

Berikutnya, ada posisi food and beverage director yang memiliki peran penting dalam kegiatan bisnis. F&B director bertanggung jawab terhadap dua departemen dalam bisnis F&B, yaitu F&B product dan F&B service. F&B director juga berwenang dalam menentukan rincian anggaran kegiatan operasional bisnis secara keseluruhan, terutama departemen yang berada di bawahnya.

3. Food and Beverage Manager

Peran F&B manager sebenarnya mirip seperti HRD di perusahaan pada umumnya. F&B memastikan agar karyawan tetap bisa memberikan performa terbaik dalam melakukan tanggung jawabnya. Mereka juga memantau data kehadiran serta menilai kedisiplinan dan performa karyawan. Tugas ini sebenarnya lebih mudah dilakukan dengan bantuan software StaffAny.

4. Outlet Manager

Outlet manager atau manajer outlet bertanggung jawab dalam menetapkan kebijakan dan Standard Operational Procedure (SOP). Ada banyak SOP yang harus dibuat, mulai dari pelayanan konsumen, cara berpakaian, prosedur kerja, hingga langkah promosi untuk menarik konsumen. Outlet manager juga harus mengetahui beberapa regulasi dari pihak stakeholder, agar bisa membuat SOP yang tidak melanggar kebijakan nasional.

5. Supervisor Restoran (Head Waiter)

Apabila F&B manager bertugas dalam manajemen SDM, head waiter memiliki tanggung jawab untuk menilai kinerja karyawan secara langsung di lapangan. Head waiter juga melakukan pembagian tugas dan jadwal kerja agar lebih terstruktur serta memastikan agar setiap anggota tim bisa memahami tanggung jawabnya.

Baca juga: Apa itu F&B Bisnis yang Menjanjikan?

6. Line Cook

Berikutnya, ada posisi Line Cook atau cook helper yang bertanggung jawab dalam penyajian hidangan. Line cook harus memastikan bahwa makanan yang disajikan sudah memenuhi SOP yang telah berlaku di restoran atau perusahaan pada umumnya.

7. Pelayan dan Kasir

Setiap bisnis memiliki kebijakan yang berbeda mengenai dua posisi ini. Ada bisnis F&B yang memisahkan tanggung jawab karyawan di bidang pelayan dan kasir, ada pula yang menggabungkannya. Kasir bertanggung jawab dalam mengumpulkan transaksi yang terjadi dalam satu hari, sementara pelayan bertugas untuk melayani konsumen dan memastikan kebersihan alat makan.

Membuat struktur organisasi saja tidak cukup untuk memastikan bahwa setiap karyawan menjalankan tugas dengan baik. Kamu juga membutuhkan StaffAny yang memiliki fitur laporan real-time untuk memantau kinerja mereka. Untuk perusahaan baru, kamu bisa mencoba Startup Plan yang sudah memuat banyak fitur, seperti clock-in/clock-out, penjadwalan, laporan absensi, manajemen cuti, hingga laporan penggajian.

Kamu pun bisa mencoba EngageAny untuk meningkatkan loyalitas karyawan yang bekerja di perusahaan start-up. Produk ini bisa menjadi cara menarik karena kamu bisa memberikan poin sebagai bentuk rewards atas prestasi yang dilakukan oleh karyawan. Tertarik untuk mencoba semua layanan kami? Hubungi kami sekarang juga melalui WhatsApp dan ceritakan mengenai kebutuhan perusahaan start-up kamu kepada StaffAny.Semoga artikel ini bisa membantu kamu membuat struktur organisasi perusahaan start-up, ya!

struktur organisasi perusahaan startup, Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan Startup bidang F&B

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Human Capital Development adalah

Apa itu Human Capital Development?

Human capital development adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Tanpa adanya human capital development yang baik, perusahaan akan kesulitan untuk melakukan

Read More »

Leave a comment