9 Tugas Manager Operasional pada Bisnis Restoran

Table of Contents

Ketika bisnis restoran makin berkembang, kamu perlu mempertimbangkan untuk merekrut manajer operasional. Apalagi jika restoran kamu berekspansi dan membuka cabang di daerah lain, peran manajer operasional makin dibutuhkan dalam bisnismu. Sebelum mulai merekrut seseorang untuk menempati jabatan ini, kamu harus memahami tugas manager operasional.

Manajer operasional merupakan peran yang tidak bisa dilepaskan dalam proses bisnis yang berlangsung di restoran. Mereka berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan kelancaran operasional bisnis restoran kamu.

Seperti apa tugas yang diemban oleh manajer operasional? Apa saja skill yang dibutuhkan untuk menempati jabatan ini? Simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Manajer Operasional?

pengertian apa itu manajer operasional

Manajemen operasional (Operational Management) adalah suatu pendekatan dalam mengelola aktivitas sehari-hari suatu organisasi untuk mencapai efisiensi, efektivitas, dan tujuan strategis.

Fokus utama dari manajemen operasional adalah pada proses-proses internal dan operasional yang berkaitan dengan produksi dan distribusi unit atau penyediaan layanan. Ini mencakup perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian sumber daya dan proses untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Sementara pihak yang bertanggung jawab atas pengawasan langsung terhadap aktivitas operasional harian dalam restoran disebut Manajer operasional perusahaan.

Mereka memastikan bahwa semua komponen, mulai dari persediaan bahan baku hingga layanan pelanggan, berjalan dengan lancar dan sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan.

Manajer operasional membawahi divisi produksi dan distribusi unit operasional restoran yang merupakan pusat dari kegiatan bisnis, mulai dari persiapan hidangan, layanan pelanggan, sampai pengaturan alur kerja.

Baca juga: Standar Operasional Prosedur F&B Service Wajib Dipelajari!

Prinsip Utama Manajemen Operasional

Manajemen operasional sangat penting untuk semua jenis organisasi, khususnya industri F&b atau restoran.

1. Perencanaan Operasional

Ini mencakup perumusan tujuan, strategi, dan rencana untuk mencapai efisiensi operasional. Perencanaan operasional juga melibatkan alokasi sumber daya seperti tenaga kerja, bahan baku, dan peralatan.

2. Pengorganisasian

Proses ini melibatkan struktur organisasi, peran, dan tanggung jawab yang diperlukan untuk melaksanakan rencana operasional. Pengorganisasian juga berkaitan dengan penentuan hubungan antar bagian atau unit dalam organisasi.

3. Peningkatan Berkelanjutan

Manajemen operasional juga berfokus pada identifikasi peluang peningkatan dan penerapan perubahan yang berkelanjutan dalam proses-proses operasional. Konsep ini terkait dengan filosofi Continuous Improvement atau Kaizen.

4. Manajemen Rantai Pasokan

Salah satu aspek penting dari manajemen operasional adalah pengelolaan rantai pasokan, yang mencakup semua aktivitas terkait dengan perolehan bahan baku, produksi, distribusi, dan pengiriman produk atau layanan kepada pelanggan.

5. Kualitas Produk atau Layanan

Manajemen operasional berperan dalam memastikan kualitas produk atau layanan yang dihasilkan. Ini mencakup kontrol kualitas, pengujian produk, dan implementasi standar kualitas.

Dengan memastikan efisiensi dan efektivitas dalam proses operasional, suatu organisasi dapat mencapai tujuan strategisnya dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan atau pemangku kepentingan lainnya.

Baca juga: 7 Manfaat SOP Perusahaan yang Layak Anda Ketahui

Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Operasional

Yuk, kita masuk ke dalam dunia tugas dan tanggung jawab seorang manajer operasional. Tidak ada yang suka dengan rutinitas yang membosankan, dan begitu juga dengan manajer operasional.

Mereka selalu dihadapkan pada tantangan-tantangan menarik yang memastikan bahwa roda operasional restoran berjalan dengan mulus. Berikut adalah tugas dan tanggung jawab yang diemban manajer operasional restoran.

1. Menggagas Ide Inovatif untuk Operasional Restoran

Sebagai otak di balik layar, manajer operasional bertugas untuk merancang ide-ide inovatif yang akan meningkatkan operasional restoran. Dari daftar menu yang menggoda hingga promosi kreatif, mereka selalu mencari cara untuk membuat restoran kamu tetap segar dan menarik.

2. Meningkatkan Efektivitas Operasional Restoran

Efisiensi adalah kunci penting dalam kesuksesan operasional restoran. Manajer operasional harus memastikan bahwa setiap elemen di restoran berjalan dengan maksimal. Dari manajemen stok hingga penjadwalan karyawan, semuanya perlu dioptimalkan agar bisa mencapai tujuan bisnis yang ditargetkan.

3. Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Penting atau Kurang Mendesak

Mengelola anggaran dengan bijak adalah salah satu tugas utama manajer operasional. Mereka perlu melakukan pemantauan terhadap pengeluaran dan mencari cara untuk mengurangi biaya tanpa mengorbankan kualitas produk hidangan maupun pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.

4. Mengatur Biaya Operasional agar Efisien

Manajer operasional memiliki peran vital dalam mengelola anggaran. Kamu perlu memastikan bahwa pengeluaran untuk persediaan, tenaga kerja, dan fasilitas tetap berada dalam batas anggaran yang terkontrol.

5. Mengawasi dan Mengendalikan Proses Operasional Restoran

Dari dapur hingga meja makan, manajer operasional harus senantiasa mengawasi dan mengendalikan seluruh proses operasional dalam restoran. Mereka adalah pilar yang menjaga agar semua aktivitas operasional berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan sejak awal periode kerja.

Baca juga: Apa Itu Supervisor? Cek Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki

6. Menilai Kualitas Produk

Kualitas makanan adalah mahkota dalam bisnis restoran. Manajer operasional memiliki tanggung jawab untuk menilai dan memastikan bahwa setiap hidangan yang keluar dari dapur mencerminkan standar kualitas tertinggi.

7. Membuat Perencanaan dan Penyusunan Anggaran Operasional

Perencanaan juga merupakan kunci agar setiap kegiatan operasional restoran berjalan lancar. Manajer operasional harus memiliki kemampuan merencanakan dengan baik, termasuk penyusunan anggaran operasional yang realistis untuk mencapai tujuan restoran.

8. Menganalisis Proses Bisnis

Tanpa analisis yang tepat, perbaikan pada proses operasional tidak mungkin terjadi. Manajer operasional harus mampu menganalisis proses bisnis dengan cermat serta mengidentifikasi potensi perbaikan dan inovasi agar restoran kamu terus berkembang.

9. Membuat SOP Restoran

Standard Operational Procedure (SOP) adalah panduan yang menjaga agar setiap elemen di restoran dijalankan dengan konsistensi. Manajer operasional bertanggung jawab untuk membuat dan mengimplementasikan SOP yang efektif untuk diikuti oleh para staf yang bekerja di restoran kamu.

Baca juga: Apa Itu Project Manager? Inilah Skill dan Fungsinya 

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Manajer Operasional

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di atas, manajer operasional perlu menguasai sejumlah skill agar pekerjaannya berjalan dengan baik. Apa saja skill yang harus dibangun oleh manajer operasional? Mari kita lihat penjelasan di bawah ini!

1. Komunikasi Interpersonal

Kemampuan berkomunikasi dengan baik adalah kunci sukses dalam setiap tim. Manajer operasional harus bisa berinteraksi dengan karyawan, pelanggan, dan bahkan mitra bisnis dengan efektif.

Mereka perlu mengartikulasikan gagasan dengan jelas dan juga mendengarkan orang lain dengan saksama sebagai pendengar aktif.

Memahami apa yang diinginkan dan mengomunikasikan visi restoran dengan jelas adalah keahlian yang tidak tergantikan dalam menjalankan proses operasional restoran.

Baca juga: 4 Hambatan Komunikasi Dalam Organisasi & Solusinya

StaffAny

2. Kepemimpinan

Seorang pemimpin sejati adalah teladan bagi orang yang berada di bawahnya. Kemampuan untuk memimpin dan memotivasi tim adalah aspek penting dari peran manajer operasional.

Dengan memberikan arahan yang jelas dan inspirasi, manajer operasional mampu memimpin tim dan karyawanmu menuju kesuksesan.

Kemampuan untuk mengambil keputusan sulit di di tengah kondisi yang kurang pasti adalah kunci untuk menjadi pemimpin sejati.

3. Manajemen Sumber Daya dan Produksi

Manajemen sumber daya adalah kunci dalam menjaga keseimbangan antara permintaan dan persediaan makanan di dapur.

Manajer operasional harus memastikan bahwa bahan baku tersedia dengan cukup untuk memenuhi kebutuhan restoran tanpa terbuang sia-sia.

Mereka juga harus mampu mengelola sumber daya manusia, persediaan, dan fasilitas dengan efisien. Memahami cara mengalokasikan sumber daya dan mengoptimalkan produksi adalah skill penting yang harus dikuasai oleh manajer operasional.

Baca juga: Mengenal 8 Cara Pengembangan Kompetensi Karyawan

Bagaimana? Apakah kamu sudah memahami tugas manager operasional restoran serta skill yang dibutuhkan untuk memenuhi jabatan ini? Kalau sudah, barulah kamu bisa merekrut atau mengangkat staf untuk menempati posisi manajer operasional di restoran kamu. 

Tingkatkan Proses Operasional Bisnis Kamu dengan StaffAny

 aplikasi penilaian karyawan dari StaffAny

Pastikan manajer operasional di restoran kamu bisa bekerja dengan optimal dan mampu memenuhi target yang kamu berikan. Kamu bisa melacak pencapaian manajer operasional restoran kamu dengan menggunakan aplikasi penilaian karyawan dari StaffAny. 

Kami menyediakan EngageAny sebagai cara baru yang lebih keren untuk menilai performa kerja staf kamu, seperti memberikan challenge kecil yang harus mereka capai untuk mendapatkan rewards yang menarik.

Menariknya, kamu akan mendapatkan notifikasi apabila performa karyawan mulai menurun sehingga mereka bisa langsung diberikan motivasi agar kembali semangat bekerja. Hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk menarik dari StaffAny ini!

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment