4 Manfaat SOP Perusahaan

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Manfaat SOP merupakan salah satu hal yang wajib diketahui setiap perusahaan. Tanpa adanya SOP, perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan baik karena tidak adanya pegangan atau patokan ketika melakukan pekerjaan. Setiap elemen yang bekerja di dalam sebuah perusahaan harus memahami SOP yang ada.

Lantas, apa saja sih manfaat SOP bagi perusahaan? Bagaimana cara menyusunnya dengan baik? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu SOP?

apa itu sop

SOP, atau Standar Operasional Prosedur, adalah sebuah dokumen yang berisi sebuah sistem yang disusun untuk memudahkan, merapikan, dan menertibkan sistem kerja dari sebuah perusahaan atau organisasi lainnya. SOP ini dapat membantu semua elemen yang bekerja di dalam perusahaan tersebut sebagai pedoman mereka ketika bekerja.

SOP ini mempunyai kekuatan sebagai pedoman yang mengikat dan mengarahkan. Isi dari SOP biasanya mencakup hal-hal yang prosedural, atau memiliki langkah-langkah, seperti prosedur komunikasi antara elemen perusahaan hingga cara melakukan sebuah pekerjaan. Selain itu, SOP ini disusun sesuai dengan kebutuhan serta visi dan misi perusahaan.

Tujuan Adanya SOP

Jika dilihat dari sisi praktiknya, penyusunan sebuah SOP di dalam sebuah perusahaan memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Pedoman kerja perusahaan
  • Meningkatkan kinerja karyawan
  • Menjamin kualitas produk bagi konsumen
  • Meningkatkan keuntungan perusahaan
  • Patokan perkembangan perusahaan

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali tujuan yang berkesinambungan dari diciptakannya SOP di dalam sebuah perusahaan. Satu hal yang pasti, dengan adanya SOP, perusahaan dapat bekerja dengan lebih teratur dan lebih baik.

4 Manfaat SOP bagi Perusahaan

berbagai manfaat sop

Ada banyak manfaat SOP yang bisa didapatkan oleh sebuah perusahaan. Manfaat SOP ini jelas akan membantu perusahaan untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. Berikut ini adalah beberapa manfaat SOP bagi perusahaan:

  1. Pedoman Kerja

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manfaat SOP yang pertama dan paling penting adalah sebagai sebuah pedoman kerja. Perusahaan tentu tidak ingin para karyawannya kebingungan ketika disuruh melakukan sebuah pekerjaan. Dengan adanya SOP ini, karyawan akan dapat mengerti bagaimana cara melakukan pekerjaan yang telah diberikan.

Selain itu, SOP juga dapat membantu karyawan dalam melakukan pekerjaannya, atau membuat karyawan bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Tidak hanya itu saja, SOP juga dapat memperjelas pekerjaan seorang karyawan sehingga tidak terjadi tumpang tindih. Lebih lanjut lagi, SOP dapat menetapkan standar dari sebuah pekerjaan.

  1. Mempertahankan Ciri Khas Perusahaan

Manfaat SOP yang lainnya adalah dapat mempertahankan ciri khas dari sebuah perusahaan. SOP merupakan pedoman yang harus dipatuhi oleh seluruh karyawan. Dengan kata lain, SOP merupakan identitas dari sebuah perusahaan. Maka dari itu, ciri khas dari perusahaan akan selalu terjaga dengan adanya SOP ini.

Karyawan yang ada di perusahaan saat ini suatu saat pasti akan pergi, entah itu karena berhenti atau pensiun. Dengan adanya SOP, standar pekerjaan dan kualitas produk yang harus dihasilkan akan selalu terjaga. Jadi, perusahaan akan tetap memiliki ciri khasnya bahkan setelah puluhan hingga ratusan tahun kemudian.

  1. Memberikan Aturan yang Jelas

Ketika tidak ada aturan yang jelas, orang-orang yang ada di dalam sebuah perusahaan pasti tidak akan bekerja secara efektif. Oleh karenanya, SOP memiliki manfaat yang sangat penting yaitu untuk memberikan aturan yang jelas bagi seluruh elemen perusahaan. Jadi, perusahaan dapat berjalan dengan lebih lancar tanpa adanya hambatan yang tidak diperlukan.

  1. Mempermudah Penyelesaian Masalah

Manfaat SOP yang selanjutnya yaitu untuk mempermudah penyelesaian masalah yang terjadi. Sebagai contoh, jika ada sebuah kesalahan yang terjadi ketika seorang karyawan sedang melakukan pekerjaannya, maka proses identifikasi masalah akan mudah dilakukan. Dengan adanya SOP, semua bagian yang terlibat akan mudah dilacak karena pekerjaan mereka sudah tertulis.

7 Langkah Menyusun SOP

menyusun sop

Berikut ini, ada 7 langkah menyusun SOP dengan baik dan benar yang perlu kamu ketahui.

  1. Membentuk Tim Penyusun SOP

Langkah menyusun SOP yang pertama adalah membentuk tim penyusunnya. Tim ini harus terdiri dari SDM yang kompeten seperti pemangku kuasa, bagian manajemen, bagian HR, dan lain sebagainya. Bila diperlukan, kamu juga dapat menyewa jasa konsultan HR untuk membantu menyusun SOP perusahaan ini.

  1. Mempelajari Proses Bisnis Perusahaan

Salah satu tujuan dari penyusunan SOP adalah untuk memastikan bahwa setiap karyawan dapat bekerja sesuai aturan dan efisien. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari proses bisnis perusahaan terlebih dahulu. Pastikan setiap dokumen, SDM, dan elemen perusahaan lainnya dapat dijabarkan dengan jelas.

  1. Menyusun Alur Kerja

Setelah proses bisnis perusahaan dimengerti, selanjutnya tim dalam mulai membuat alur kerja hingga peraturan perusahaan. Alur kerja yang dibuat harus benar-benar sesuai dengan prosedurnya. Maka dari itu, pastikan kamu melakukan peninjauan ulang setelah menyusun alur kerja ini.

  1. Simulasi

Proses penyusunan SOP yang selanjutnya adalah simulasi. Sebelum diimplementasikan pada lingkungan kerja perusahaan, SOP harus mendapatkan otorisasi dari pihak pimpinan untuk dijadikan sebagai dokumen hukum terlebih dahulu. Selain itu, SOP juga harus disimulasikan sesuai dengan kondisi lingkungan kerja yang sebenarnya. Dengan melakukan simulasi, tim penyusun dapat segera mengetahui jika ada ketidaksesuaian dan melakukan peninjauan ulang sesegera mungkin.

  1. Evaluasi dan Perbaikan

Jika ditemukan masalah atau ketidaksesuaian pada saat simulasi, maka tim penyusun harus melakukan evaluasi dan peninjauan ulang. Setelah itu, tim penyusun harus membuat perbaikan pada SOP ini dan melakukan simulasi ulang. Proses ini akan terus dilakukan sampai tim penyusun dapat membuat SOP yang sesuai.

  1. Meminta Persetujuan

Setelah SOP yang sesuai dibuat, selanjutnya tim penyusun perlu meminta persetujuan dan otorisasi dari pihak pimpinan. Idealnya, SOP ini perlu disetujui oleh tiga tanda tangan, yakni pihak yang membuatnya, pihak yang mengoreksi, dan pimpinan tertinggi.

  1. Sosialisasi

Jika SOP sudah disetujui dan disahkan, kini SOP bisa langsung disosialisasikan ke seluruh elemen perusahaan. Pihak manajemen dapat membuat pertemuan khusus untuk melakukan hal ini. Pastikan bahwa semua informasi dapat disampaikan dengan jelas dan minta semua elemen perusahaan dapat bekerja sama dalam melaksanakan SOP ini.

Selain mengetahui penggunaan SOP, kamu juga harus bisa memanfaatkan teknologi untuk membantu mengembangkan perusahaan. Salah satu teknologi yang bisa digunakan adalah aplikasi HRIS (Human Resource Information System) seperti StaffAny.

StaffAny memiliki banyak fitur yang dapat mencegah terjadinya hambatan komunikasi dalam perusahaan seperti penjadwalan, absensi, timesheet, pengajuan cuti, dan lain-lain. Untuk mendapatkan informasi mengenai fitur StaffAny dengan lebih lengkap, kamu dapat klik di sini.

manfaat sop, 4 Manfaat SOP Perusahaan

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment