Membedah Macam-Macam Gaya Kepemimpinan

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada berbagai macam-macam gaya kepemimpinan yang bisa kamu terapkan ketika bekerja sebagai sebuah pemimpin di perusahaan. Karyawan yang dipimpin dengan baik dapat bekerja dengan maksimal dan optimal. Maka dari itu, kamu harus mempelajari gaya kepemimpinan yang baik dan cocok untuk karyawan Anda.

Lantas, apa saja sih macam-macam gaya kepemimpinan yang bisa dicoba? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Gaya Kepemimpinan?

pentingnya gaya kepemimpinan yang baik

Gaya kepemimpinan adalah pola perilaku dari seorang pemimpin, baik itu di perusahaan atau organisasi lainnya, ketika memimpin karyawan atau anggota di bawahnya. Artinya, cara pemimpin bertindak dalam memengaruhi karyawan atau anggota di bawahnya membentuk gaya kepemimpinan seorang pemimpin.

Seorang pemimpin yang baik tidak hanya memberi perintah, tetapi juga harus mampu membangun suasana yang kondusif ketika bekerja dan secara umum di perusahaan atau organisasi tersebut. Suasana kerja yang kondusif dapat tercipta jika seorang pemimpin menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat.

Seorang pemimpin harus mampu menerapkan gaya kepemimpinan yang dipilih dengan sebaik mungkin agar para karyawan atau anggota di bawahnya dapat merasa nyaman dan aman ketika bekerja. Saat semua karyawan bekerja dengan baik, maka tujuan perusahaan dapat dicapai secara lebih efektif dan efisien.

Fungsi Gaya Kepemimpinan

Fungsi gaya kepemimpinan adalah untuk membantu seorang pemimpin melakukan tugasnya dengan lebih efektif dan efisien. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, maka dari itu ada banyak gaya kepemimpinan yang dapat dipilih sesuai dengan kepribadian pemimpin tersebut. Dengan memilih gaya kepemimpinan yang cocok, kamu bisa menjadi pemimpin yang lebih efektif dan efisien.

Pentingnya Menerapkan Gaya Kepemimpinan yang Baik dalam Perusahaan

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, hal tersebut terbawa ketika mereka diharuskan untuk memimpin orang-orang di bawahnya. Jika seorang pemimpin perusahaan tidak menerapkan gaya kepemimpinan yang baik, maka perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan baik pula karena karyawan pasti akan merasa tidak nyaman bekerja di bawah pemimpin yang seperti itu.

Ketika pemimpin perusahaan dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang cocok dengan kepribadiannya dengan baik, maka karyawan yang berada di bawahnya juga dapat bekerja dengan lebih nyaman dan merasa lebih aman. Karyawan yang dipimpin dengan baik pasti akan memiliki kinerja yang optimal dan maksimal, jadi tujuan perusahaan akan lebih cepat tercapai.

8 Macam Gaya Kepemimpinan

Pemimpin perusahaan memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan perusahaan tersebut. Perusahaan akan terpengaruh secara langsung dari bagaimana seorang pemimpin mereka menjalankan peranannya. Maka dari itu, seorang pemimpin harus menerapkan gaya kepemimpinan yang baik.

jenis gaya kepemimpinan

Tipe kepemimpinan biasanya dipengaruhi oleh lingkungan, pengalaman, dan kepribadian dari orang tersebut. Maka dari itu, kamu harus memilih gaya kepemimpinan yang cocok dengan diri sendiri. Ada beberapa jenis gaya kepemimpinan yang bisa diterapkan, antara lain:

  1. Demokratis

Gaya kepemimpinan demokratis ini, seperti namanya, mengusung konsep demokrasi. Artinya, semua keputusan yang diambil oleh pemimpin harus selalu memperhitungkan pendapat dan masukan dari karyawan bawahannya. Pemimpin dengan gaya demokratis tidak mengambil keputusan secara sepihak.

Biasanya, pemimpin dengan gaya kepemimpinan demokratis selalu mengajak karyawan di bawahnya berdiskusi perihal semua hal yang berhubungan dengan perusahaan. Selain itu, pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini juga sering meminta masukan agar dapat membuat keputusan yang paling baik bagi semua pihak yang terlibat.

  1. Otoriter

Gaya kepemimpinan otoriter berpusat pada pimpinan sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Dalam gaya kepemimpinan ini, pemimpin membuat keputusan, aturan, dan prosedur berdasarkan pemikiran sendiri. Walaupun begitu, pemimpin dengan gaya kepemimpinan otoriter juga akan menanggung semua tanggung jawab sendiri.

Lingkungan kerja dengan pemimpin dengan gaya kepemimpinan otoriter biasanya tidak memberikan kebebasan kepada karyawan yang bekerja di dalamnya. Namun, pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini sangat berguna dalam situasi kritis ketika keputusan harus dibuat dan diambil dengan cepat.

  1. Strategis

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan strategis rutin melakukan riset, baik itu mengenai pasar maupun mengenai internal perusahaan. Keputusan yang diambil oleh pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini selalu didasari oleh data yang didapatkan dari riset tersebut. Selain itu, pemimpin ini juga selalu memperhitungkan setiap langkah yang diambil perusahaan sampai satu atau dua langkah ke depan

  1. Delegatif

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan delegatif akan mendelegasikan suatu pekerjaan atau tugas kepada karyawan yang ada di bawahnya. Hal ini bukan berarti mereka melepas tanggung jawab, melainkan karena mereka percaya kepada kemampuan dan kinerja dari karyawan tersebut. Gaya kepemimpinan yang satu ini memang hanya cocok bila karyawan di bawahnya memang memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni.

  1. Transformasional

Gaya kepemimpinan transformasional berfokus untuk melakukan perubahan yang lebih baik di dalam perusahaan. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini cenderung memiliki sifat yang sangat positif dan mudah didekati. Mereka dapat mendorong karyawan yang ada di bawahnya untuk bekerja dengan lebih giat agar bisa mencapai target perusahaan.

  1. Karismatik

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan karismatik biasanya adalah orang-orang dengan kepribadian yang kuat atau memiliki kepribadian alpha. Kepribadian yang kuat tersebut jelas harus didukung dengan kemampuan yang baik pula. Maka dari itu, pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini biasanya sangat amat dihormati oleh para karyawan di bawahnya.

  1. Transaksional

Gaya kepemimpinan transaksional ini merupakan salah satu yang paling ketat. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini berfokus pada apa yang sudah disetujui sebelumnya, seperti kontrak kerja dan hasil rapat perusahaan. Biasanya, pemimpin ini akan memberikan sanksi kepada karyawan yang melanggar aturan atau tidak mencapai target. Walaupun begitu, karyawan yang bekerja dengan baik dan mencapai target biasanya akan diberikan reward.

  1. Situasional

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan situasional akan bekerja menyesuaikan lingkungan kerja dan orang yang dihadapinya. Gaya kepemimpinan ini merupakan yang paling fleksibel dan adaptif, jadi perusahaan tidak akan mengalami kesulitan jika diharuskan menghadapi atau melakukan perubahan mendadak.

3 Ciri Gaya Kepemimpinan yang Baik

ciri gaya kepemimpinan yang baik

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri gaya kepemimpinan yang baik:

  1. Sesuai dengan Kepribadian

Ketika seseorang yang kaku dan tidak suka akan perubahan mencoba menerapkan gaya kepemimpinan situasional, perusahaan hanya akan mengalami kesulitan karena pemimpin tersebut tidak cocok menerapkan gaya kepemimpinan tersebut. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan berbanding lurus dengan kepribadian pimpinan tersebut.

  1. Bertanggung Jawab

Gaya kepemimpinan apa pun yang diterapkan oleh pimpinan perusahaan, harus dipertanggungjawabkan dengan baik. Setiap keputusan yang diambil oleh sebuah perusahaan adalah apa yang dipilih oleh pemimpinnya, maka dari itu kamu harus bertanggung jawab atas semuanya.

  1. Memiliki Tujuan yang Jelas

Ketika menerapkan sebuah gaya kepemimpinan, pastikan kamu memiliki tujuan yang jelas. Jangan sampai kamu asal menerapkan gaya kepemimpinan tanpa memikirkan apa yang akan terjadi pada karyawan yang dibawahi. Nantinya, hal tersebut hanya akan menyulitkan perusahaan karena karyawan kebingungan atas gaya kepemimpinan yang diterapkan.

Demikian adalah penjelasan mengenai macam-macam gaya kepemimpinan yang bisa kamu terapkan. Pastikan kamu menerapkan gaya kepemimpinan yang cocok dan baik agar karyawan dapat bekerja dengan lebih baik. Agar dapat mempermudah kinerja karyawan, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi absensi online.

Rekomendasi aplikasi absensi online yang dapat perusahaan kamu gunakan adalah StaffAny. Dengan menggunakan StaffAny, kamu dapat melacak waktu absensi karyawan dengan lebih mudah dan lebih akurat. Tertarik menggunakan StaffAny? Kamu dapat mendapatkan informasi lebih lanjut di sini.

macam macam gaya kepemimpinan, Membedah Macam-Macam Gaya Kepemimpinan

StaffAny merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang HR. Kami percaya proses digitalisasi HR untuk beragam kebutuhan industri ritel sangat berperan dalam proses percepatan bisnis dan menjaga kualitas produk.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on linkedin
Share on LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a comment