5 Software Restoran Terbaik untuk Menunjang Bisnis Kamu

Table of Contents

Menjalankan bisnis restoran bukanlah perkara mudah. Kamu dihadapkan pada berbagai pekerjaan agar bisnis restoran berjalan dengan lancar, mulai dari mengelola stok bahan makanan hingga manajemen staf di restoran. Namun, kamu tidak perlu merasa kewalahan karena menganggap bahwa semua pekerjaan tersebut diselesaikan secara manual. Alasannya, kamu bisa menggunakan berbagai software restoran untuk menunjang operasional bisnismu.

Memangnya, apa saja rekomendasi software yang bisa digunakan untuk manajemen restoran agar lebih efisien? Baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang software restoran yang dapat membantumu dalam mencapai tujuan bisnis kamu.

Rekomendasi Aplikasi dan Software Restoran Andalan Bisnis Kamu

software restoran terbaik

Mari kita lihat deretan rekomendasi aplikasi dan software restoran yang bisa kamu gunakan dalam bisnismu!

1. Zahir Accounting

Keuangan merupakan elemen yang krusial dalam bisnis kamu. Agar manajemen keuangannya berjalan lancar, kamu dapat memilih Zahir Accounting yang dirancang khusus untuk bisnis restoran. Aplikasi ini membantu kamu dalam mengelola data dan laporan keuangan dengan lebih mudah. Selain itu, Zahir Accounting juga berguna untuk memantau seluruh transaksi yang terjadi di restoran kamu.

2. Omega Resto

Kedua, ada Omega Resto yang merupakan aplikasi restoran populer di Indonesia. Aplikasi ini memiliki fitur menu digital sehingga dapat menghindari kesalahan dalam pesanan makanan. Dengan dukungan cloud computing, Omega Resto bisa bekerja lebih cepat sehingga kamu bisa melayani lebih banyak pelanggan dalam satu waktu. Fitur cloud computing juga berguna bagi kamu yang mempunyai banyak cabang restoran di berbagai wilayah yang berbeda.

Baca juga: 19 Peralatan Restoran yang Wajib Ada dan Fungsinya

3. HashMicro

HashMicro merupakan software kasir yang berguna untuk mencatat seluruh penjualan yang terjadi di restoran kamu. Selain itu, kamu dapat menggunakan software ini karena sudah terhubung dengan seluruh alur transaksi. Lewat fitur yang ditawarkan HashMicro, kamu dapat memantau seluruh transaksi yang terjadi di restoranmu dengan lebih mudah.

4. Indo Resto

Berikutnya, ada Indo Resto yang unggul karena memiliki spesifikasi ukuran yang lebih ringan. Kendati demikian, Indo Resto memiliki sejumlah fitur dan kelengkapan yang mampu menunjang bisnis restoran kamu. Software ini mempunyai fitur cashflow sehingga kamu bisa mengatur keuangan restoran dengan lebih efisien.

5. Moka

Moka adalah perangkat lunak kasir dan manajemen restoran yang populer di Indonesia. Software ini menyediakan fitur-fitur seperti manajemen menu, pemesanan meja, manajemen stok, dan pelaporan penjualan.

Baca juga: Cek 4 Cara Menentukan Harga Jual Makanan yang Benar

6. Accurate POS

Accurate POS merupakan perangkat lunak kasir yang terintegrasi dengan manajemen inventaris. Selain itu, Accurate POS juga dapat membantu dalam manajemen keuangan dan pelaporan bisnis.

7. iSeller

iSeller adalah platform manajemen bisnis yang mencakup toko ritel, restoran, dan kafe. iSeller menyediakan fitur sistem POS (point of sales), manajemen inventaris, dan analisis penjualan.

8. Mycashier

Mycashier adalah aplikasi kasir berbasis cloud yang cocok untuk restoran dan bisnis kuliner. Perangkat lunak ini menyediakan beragam fitur seperti manajemen stok, pemesanan meja, dan laporan penjualan.

9. StaffAny

Nah, berikutnya ada StaffAny yang bisa diandalkan untuk manajemen karyawan di restoran kamu. StaffAny adalah software HRD mempunyai segudang fitur manajemen karyawan yang lengkap, mulai dari absensi karyawan, timesheetuntuk memantau jam kerja staf, penjadwalan karyawan, dan masih banyak lagi.

Uniknya, StaffAny juga merilis aplikasi EngageAny yang berguna untuk memberikan rewards kepada karyawan di restoranmu biar mereka lebih semangat bekerja. Menarik, bukan?

Baca juga: 7 Food Startup Indonesia Terbaik 2023

Tips Agar Restoran Ramai Pembeli

Software restoran merupakan salah satu tips agar manajemen bisnis restoran kamu berjalan efektif. Namun, kamu juga perlu melakukan beberapa tips untuk meningkatkan jumlah pelanggan di restoranmu. Apa saja? Yuk, kita lihat tipsnya di bawah ini!

1. Menciptakan Suasana yang Menarik

Tips ini berguna supaya pelanggan merasa nyaman berlama-lama di restoranmu. Untuk menciptakan suasana yang menarik, kamu bisa memilih dekorasi dan furnitur yang sesuai dengan tema restoran.

Pilihlah warna yang cerah dan menyenangkan, serta lakukan penataan dekorasi yang rapi. Kamu juga bisa menambahkan aksen-aksen unik seperti poster, lukisan, atau karya seni lainnya. 

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan musik yang sesuai dengan tema restoran atau mengadakan live music. Musik yang lembut dan menenangkan akan membuat pelanggan merasa nyaman ketika menyantap makanan di restoran kamu.

StaffAny

2. Menawarkan Menu yang Unik

Kamu bisa menawarkan menu yang berbeda dari yang biasa ditemukan di restoran lainnya, seperti makanan lokal yang unik atau bahkan menu spesial yang dibuat oleh chef. Pelanggan pasti tertarik untuk mencoba makanan di restoran kamu.

Kamu juga bisa menawarkan menu yang dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan, seperti menu vegetarian, makanan rendah lemak, atau makanan yang dibuat tanpa bahan tertentu. Dengan tips ini, pelanggan pasti lebih tertarik untuk kembali lagi ke restoran kamu.

3. Memberikan Pelayanan yang Baik

Pelanggan mana pun pasti ingin mendapatkan pelayanan yang baik dari staf restoran yang mereka kunjungi. Mereka merasa dihargai jika kamu memberikan pelayanan yang baik dan ramah. Selain itu, pelanggan akan merasa nyaman dan puas dengan layanan yang diberikan.

Tentu saja mereka tertarik menjadi pelanggan tetap dan terus kembali ke restoranmu karena kenyamanan yang diberikan oleh stafmu.

Baca juga: Mengenal Apa Itu F&B Product beserta Tanggung Jawabnya

4. Mempromosikan Restoran

Ketika mempromosikan restoran, kamu bisa menggunakan dua pilihan, yaitu media sosial dan iklan. Mempromosikan restoran melalui media sosial dapat menjangkau orang yang berada di luar lingkup pelanggan kamu.

Sementara itu, iklan dapat meningkatkan kesadaran merek restoran kamu dan meningkatkan jumlah pelanggan yang datang. Intinya, gunakan strategi promosi yang tepat supaya jumlah pelanggan di restoran kamu meningkat serta pendapatan restoranmu bertambah.

5. Menawarkan Promosi

Promosi seperti diskon atau voucher dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru. Contohnya, dengan memberikan diskon 10% pada makanan tertentu, pelanggan akan tertarik untuk mencoba makanan di restoran kamu. Atau, dengan memberikan voucher gratis setelah melakukan transaksi di atas nominal tertentu, pelanggan akan tertarik untuk datang kembali ke restoran kamu.

6. Menjaga Kualitas Makanan

Terakhir dan tidak kalah penting adalah menjaga kualitas makanan. Langkah ini diperlukan agar mereka merasa puas ketika mengunjungi restoranmu. Pastikan agar makanan yang disajikan selalu memiliki kualitas yang tinggi dan menggunakan bahan makanan yang masih segar. Tugas ini tidak lepas dari tanggung jawab staf yang bekerja di restoran kamu. 

Baca juga: Cek Cara Menghitung Food Cost pada Bisnis Restoran

Agar staf di restoran bisa lebih fokus dalam bekerja, tentunya kamu harus menghadirkan manajemen karyawan yang efisien. Gunakan saja software HRD StaffAny dengan fitur yang lengkap sehingga kamu bisa menjalankan manajemen karyawan dengan efektif.

Kamu bisa membuat penjadwalan karyawan dengan lebih praktis dan tidak ada tumpang tindih sehingga mereka tidak perlu mengalami miskomunikasi mengenai jadwal kerja. Hubungi kami melalui WhatsApp untuk mencoba fitur menarik dalam software restoran unggulan ini!

Like this article?

Share on Facebook
Share on LinkedIn
WhatsApp

Related article

Leave a comment